Sosiologi Kelas 12 | Selain Tempat Penjualan Oleh-Oleh, Ada 2 Perubahan Lainnya Akibat Globalisasi

perubahan globalisasi - header

Artikel Sosiologi kelas XII kali ini akan membahas tentang contoh perubahan akibat globalisasi dalam komunitas lokal.

---

Puaskah kamu dengan liburan semester kali ini Squad? Jangan sampai kamu merasa kurang lama lho. Di kelas 12 ini kamu harus bersiap menghadapi ujian nasional dan tentunya fokus dengan SBMPTN lho ya. Liburan akhir tahun yang sudah kamu lewati harusnya sih bisa mengembalikan semangat kamu belajar. Terlebih di tahun yang baru harus ada resolusi yang baru dong ya?

Nah, pas liburan kemarin siapa yang mampir ke pusat oleh-oleh? Kamu beli banyak nggak oleh-olehnya? Kalau kamu beli oleh-olehnya cukup banyak, secara nggak langsung kamu membantu perekonomian daerah tersebut loh.

Hmm...kita nggak akan bahas dampak kamu beli oleh-oleh banyak atau enggak. Soalnya bahasan itu masuk ke mapel ekonomi. Dalam artikel kali ini kita akan bahas globalisasi yang terjadi dalam sebuah komunitas lokal. Contohnya bisa dilihat kalau kamu mampir beli oleh-oleh Squad.

perubahan globalisasi - liburan

Kalau kamu beli oleh-oleh khas suatu daerah tersebut di pasar modern, berarti daerah tersebut sudah ada glokalisasi.

Hmm...apa itu glokalisasi?

Gampangnya gabungan antara global dan lokal, disingkat jadi glokal. Ada imbuhan -isasi di belakangnya menjadikan makna yang artinya perpaduan antara budaya global dan budaya lokal.

Glokalisasi dapat kamu ingat nih Squad sebagai sebuah upaya menciptakan lokalitas budaya, jadi nilai-nilai global nggak menghilangkan budaya lokal. Contohnya itu tadi, pasar modern yang bisa kita lihat berupa swalayan, supermarket, minimarket, atau bahkan ruko-ruko modern yang menjajakan oleh-oleh tradisional suatu daerah. Coba, kamu tanya orang tua kamu deh, pada waktu mereka muda, beli oleh-olehnya di supermarket atau pasar tradisional?

perubahan globalisasi - glokalisasi

Adanya glokalisasi lambat laun membuat perubahan juga pada komunitas lokal yang ada di sekitar kita Squad. Ada beberapa lembaga yang mengalami perubahan tersebut seperti perubahan pada lembaga keluarga, lembaga ekonomi, dan lembaga pendidikan. Kita bahas satu per satu yuk.

 

1. Perubahan Lembaga Keluarga

Siapa yang pernah baca novel Siti Nurbaya? Yap, novel klasik yang menceritakan bahwa Siti Nurbaya dijodohkan dengan Datuk Maringgih. Zaman dulu atau bahkan sampai sekarang ada beberapa keluarga yang masih mempertahankan tradisi perjodohan. Kita ambil contoh di adat Jawa ya Squad. Ada anggapan bahwa orang Jawa tidak boleh menikah dengan orang Sunda.

perubahan globalisasi - meme

Seiring perkembangan waktu, perjodohan dan mitos-mitos yang ada di keluarga mulai menghilang. Buktinya, sekarang banyak lho orang Indonesia yang menikah dengan orang luar negeri. Itu salah satu contoh mulai berubahnya lembaga keluarga karena pengaruh glokalisasi.

 

2. Perubahan Lembaga Ekonomi

Nah, perubahan ini nih yang bisa kamu rasakan pas kemarin liburan. Pas kamu beli oleh-oleh kenapa nggak mau cari di pasar tradisional aja? Alasannya pasti beragam deh. Mulai dari pasarnya yang kotor, malas melakukan tawar-menawar dengan penjualnya, sama nggak ada cashback atau diskon.

Baca Juga: Mengisi Liburan Sekolah dengan Ikut Memberdayakan Komunitas Lokal

Coba bandingin kalau kemarin kamu beli oleh-olehnya di pasar modern. Di kasirnya pasti ada mesin buat bayar dengan kartu dari bank kan? Nggak perlu repot-repot bawa banyak uang tunai dong. Inilah bentuk perubahan lembaga ekonomi karena pengaruh globalisasi. Meskipun barang-barang yang ditawarkan tetap berupa makanan tradisional (khas), cendera mata, dan lain sebagainya, ada unsur modern yang masuk didalamnya. Ya contohnya, pembayaran dengan kartu kredit/debit, adanya diskon, dan nggak perlu negosiasi lagi.

perubahan globalisasi - tahukah kamu

 

3. Perubahan Lembaga Pendidikan

Selain dalam keluarga dan lembaga perekonomian, glokalisasi juga menyentuh lembaga pendidikan. Teman kamu ada nggak yang belajar tapi nggak perlu ke sekolah? Yaps, namanya homeschooling (sekolah rumah). Selain sekolah rumah, perkembangan di sektor pendidikan juga ditunjukkan dengan adanya aplikasi belajar online. Nah, yang kamu pakai sekarang ini, Ruangguru, sebagai salah satu contohnya. Adanya video belajar di produk ruangbelajar menuntut siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja.

perubahan globalisasi - infografis

Sekarang, kamu sudah tahu kan perubahan apa saja yang terjadi akibat globalisasi? Yuk siap-siap lagi buat kembali menghadapi semester baru. jangan terlalu terlena dengan liburan akhir tahun kamu ya Squad. Buka lagi buku pelajarannya dan tonton video belajarnya di ruangbelajar ya.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts