6 Perubahan UTBK 2020 yang Nggak Boleh Kamu Lewati

Shabrina Alfari Nov 15, 2019 • 4 min read


perubahan UTBK 2020

Artikel ini membahas enam perubahan UTBK 2020 yang penting untuk diketahui oleh para calon peserta

--

Ganti Menteri, ganti sistem ujian masuk PTN nggak ya? Tenang saja, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menerapkan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi masuk perguruan tinggi pada 2020 mendatang. Seperti yang dilansir dari tribunnews.com, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud, Ismunandar mengatakan sistem UTBK tetap dipertahankan setelah Mendikbud Nadiem Makarim melihat hasil evaluasi pelaksanaan UTBK sebelumnya. Sistem UTBK sendiri mengacu pada seleksi yang berbasis efisiensi, transparan, dan akuntabel.

Baca juga: Jadwal SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020

Namun, tetap ada beberapa perubahan dalam sistem UTBK di tahun ini. Perubahan ini dilakukan setelah evaluasi pelaksanaan pada tahun lalu. Apa saja ya perubahannya? Biar kamu nggak ketinggalan info, langsung simak berikut ini.

1. Ada kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum)

Pada tahun 2019 lalu, peserta boleh mengikuti UTBK maksimal dua kali dengan ketentuan UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali, atau kelompok Saintek dua kali, atau kelompok Soshum dua kali. Ada sedikit perbedaan di tahun 2020 yang menyertakan kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Dengan demikian, ada tiga kelompok ujian yang bisa kamu pilih yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran.

perubahan UTBK 2020Kelompok ujian Campuran Saintek dan Soshum (Sumber: hawthornwestps.vic.edu.au)

2. Peserta hanya boleh mengikuti ujian 1 kali

Salah satu ketentuan UTBK 2019 adalah tes dapat dilakukan lebih dari satu kali, yaitu peserta bisa mengikuti maksimal dua kali. Setelah itu, hasil tes akan diberikan secara individu 10 hari setelah pelaksanaan tes.

Perubahan penting yang perlu kamu ingat mengenai UTBK tahun 2020 adalah peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikuti (Saintek, Soshum, atau Campuran). Pengumuman hasil UTBK pun dilaksanakan secara serentak pada 12 Mei 2020.

3. Materi ujian untuk kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran

Untuk materi kelompok ujian Saintek dan Soshum tidak terjadi perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Namun untuk kamu yang akan memilih kelompok ujian Campuran, maka kamu harus memerhatikan detail materi ujian di bawah ini.

  • Peserta yang akan memilih prodi Saintek: TPS dan TKA Saintek
  • Peserta yang akan memilih prodi Soshum: TPS dan TKA Soshum
  • Peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum): TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum

4. Ujian dilaksanakan 7 hari dengan 14 sesi

Di UTBK 2020, waktu pelaksanaannya berlangsung selama satu minggu dengan 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN. Yuk, disimak waktu pelaksanaan UTBK 2020 berikut ini.

perubahan UTBK 2020Waktu pelaksanaan UTBK 2020 (Sumber: LTMPT)

5. Kebijakan Single Sign On (SSO)

Mungkin sistem atau ketentuan yang satu ini masih cukup asing di telinga kamu ya. Tak hanya perbedaan ketentuan tes, hal yang penting untuk diketahui oleh peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 adalah diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO). Artinya, kamu harus memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi di laman portal.ltmpt.ac.id.

Kewajiban membuat akun di portal LTMPT ini merupakan ketentuan baru. Berbeda dengan tahun lalu, pendaftaran UTBK langsung dilakukan melalui laman pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

6. Biaya untuk mengikuti UTBK 2020

Bagi peserta kelompok ujian Saintek dan Soshum, peserta harus membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah). Sedangkan untuk peserta kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum), peserta harus membayar biaya sebesar Rp300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Calon peserta Bidikmisi/KIP-K yang dinyatakan lolos persyaratan tidak diharuskan membayar biaya UTBK.

Sudah jelas kan? Ingat ya hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dan hasilnya akan diberikan pada peserta secara individu. Hasil UTBK 2020 juga dapat digunakan PTN dalam pelaksanaan penerimaan melalui jalur Seleksi Mandiri 2020.

Hasil UTBK kamu penting lho untuk menentukan masa depan kuliah kamu di PTN. Jangan sia-siakan waktumu dan mulai lebih giat lakukan persiapan UTBK melalui latihan soal dan video beranimasi di ruangbelajar.

New Call-to-action

Beri Komentar