Pesan Kasih untuk Guru: "Untukmu Guru Terbaikku"

Ruangguru

Dec 19, 2018 • 3 min read

tips mengajar


Di pojok gang itu,

Ada sebuah rumah tua yang menjadi saksi bisu pernah tinggalnya seorang guru terbaik dalam hidupku, namanya Bu Tutik. Rumah itu tidak pernah sepi. Tiap hari, selalu saja ada murid yang berkunjung kesana untuk belajar. Bu Tutik pernah menjadi guru sekolah, tapi sejak 10 tahun lalu ia terkena penyakit yang membuat sekujur tubuhnya kaku.

Perlahan tapi pasti, penyakit itu menggerogoti tubuhnya hingga ia tergeletak tak berdaya di atas dipan kayu berukuran 2x2 meter. Meskipun tubuhnya melemah, namun tidak dengan semangatnya. Bu Tutik tetap mengajar, meski tidak lagi di sekolah.

Ia mengajar di rumah tuanya, dari atas dipan kayu itu, bermodalkan suara dan buku kecil yang ia gunakan untuk menjelaskan pelajaran. Murid-muridnya duduk mengelilinginya. Bila lelah, sesekali Bu Tutik meminta tolong muridnya mengambilkan minum dengan tersenyum. Garis matanya lelah, namun senyumnya tetap teduh.

Murid-muridnya pun tetap ingin diajar oleh Bu Tutik, seolah menyiratkan bahwa posisinya tidak akan pernah tergantikan, termasuk aku.

Seperti biasa, sore itu aku berencana ke rumah Bu Tutik untuk belajar. Ketika melewati salah satu jalan protokol, aku melihat pengumuman di papan iklan besar bertuliskan “Indonesia Teacher Awards 2018”. Langsung saja aku ambil handphone dan meng-google kalimat itu. Kalimat pertama yang keluar adalah

pesan kasih untuk guru

Tentu saja pikiranku langsung tertuju pada Bu Tutik. Usai belajar, tanganku sudah gatal ingin membuka website Indonesia Teacher Awards 2018. Tanpa pikir panjang, aku langsung mengisi form nominasi guru.

Satu bulan setelahnya, kesehatan Bu Tutik semakin memburuk. Beliau sudah tidak bisa berkomunikasi selancar dulu. Kami, murid-murid beliau tetap rutin mengunjunginya, namun bukan untuk belajar, melainkan untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Hari demi hari berlalu, beliau tidak lagi bisa bicara. Tubuh beliau semakin kurus. Hari itu, tanggal 4 Oktober 2018, sebuah pesan masuk ke handphone ku. Pesan itu membawa kabar paling bahagia dalam hidupku.

pesan kasih untuk guru

Bukan main senangnya hingga air mata bahagia mengalir di pipiku.

Beberapa detik kemudian, handphone ku kembali berbunyi. Namun kali ini berbeda. Pesan yang masuk membawa kabar paling menyedihkan dalam hidupku.

pesan kasih untuk guru

Aku tak bisa berkata apa-apa lagi. Air mata bahagia langsung berganti dengan air mata duka. Perasaanku seperti roller coaster, setelah diangkat ke atas kemudian langsung dibanting ke bawah. Sejak saat itu, tak pernah satu haripun aku lewati tanpa doa yang ku panjatkan untuk Bu Tutik, selalu.

Hari ini adalah malam penganugerahan Indonesia Teacher Awards 2018. Aku duduk di barisan kedua dari depan untuk mewakili Bu Tutik. Saat-saat yang menegangkan pun tiba, pemenang nominasi Indonesia Teacher Awards 2018 dibacakan.

pesan kasih untuk guru

Riuh tepuk tangan memenuhi seluruh sudut ruangan itu. Lagi-lagi perasaanku seperti roller coaster. Rasa bahagia bercampur sedih berkumpul di dadaku.

Tentu aku merasa sangat bahagia karena guru terbaikku memenangkan penghargaan ini. Namun, di sisi lain hati ini terasa amat sedih karena beliau tidak dapat hadir disini menerima penghargaan langsung.

Di panggung megah ini, aku berdiri mewakili Bu Tutik. Dengan menahan air mata bahagia dan sedih, aku berusaha menyampaikan sepatah kata,

“Terima kasih atas kesempatannya. Beberapa hari lalu, guru terbaik kami Bu Tutik, yang seharusnya berdiri disini, telah meninggalkan kita semua. Jasa dan jeri payahnya tidak akan pernah kami lupakan. Penghargaan ini akan menjadi saksi bahwa jasanya tak lekang oleh waktu. Untuk mengenang beliau, aku mengumpulkan kesan teman-teman dari pelosok negeri ini tentang guru-guru terbaik bagi mereka.”

pesan kasih untuk guru

pesan kasih untuk guru

pesan kasih untuk guru

pesan kasih untuk guru

Penghargaan ini kupersembahkan untuk seluruh guru terbaik, yaitu guru yang tetap berjuang dalam keterbatasannya, seperti Bu Tutik guru terbaikku!

pesan kasih untuk guru

*****

Yuk, baca cerpen Pesan Kasih untuk Guru lainnya dengan klik link Pesan Kasih Untuk Guru

Beri Komentar

Recent Posts