Pilihan Belajar di Rumah yang Tepat untuk Anak Selama Pandemi

Fahri Abdillah Jul 8, 2020 • 5 min read


Pilihan Tepat Belajar di Rumah

Artikel ini berisi informasi tentang pilihan sumber belajar yang tepat untuk anak selama belajar online di rumah

--

Pandemi Covid 19 belum juga mereda. Hampir seluruh pemerintah dunia masih terkonsentrasi mencari formulasi kebijakan yang tepat dalam menangani virus yang banyak memakan korban jiwa ini. Ruang-ruang publik terus dihindari dalam rangka memutus dan memperkecil angka penularan, tanpa terkecuali pusat-pusat penyelenggaraan pendidikan.

Indonesia menjadi salah satu negara yang sampai saat ini masih belum membuka sekolah formal untuk kegiatan belajar mengajar. Semua anak pun harus belajar dari rumah. Momen ini tentunya berpengaruh pada kondisi orang tua.

Beberapa orang tua ada yang mengatakan, bahwa mereka mulai kebingungan bagaimana membagi tugas kerjaan rumah, kerjaan kantor, dan mendampingi anak belajar seharian. Namun, ada pula yang senang karena jadi punya waktu yang sangat banyak dengan anak, bisa mendampingi belajar, dan bisa menjadi teman diskusi dikala anak diberikan tugas oleh guru.

Dari dua kondisi tadi, pastinya semua orang tua ingin anaknya bisa belajar dengan senang, menggunakan waktu sehari-hari dengan efektif, dan tetap bisa menyerap materi pelajaran yang sedang dipelajarinya.

Nah, untuk membuat kondisi belajar anak menjadi efektif dan tetap menyenangkan, orang tua pun harus bisa memilih dan merekomendasikan sumber belajar yang bisa membantu kebutuhan anak saat belajar di rumah. Berikut beberapa rekomendasi sumber belajar yang bisa dijadikan pilihan yang tepat selama belajar di masa pandemi.

1. Video Belajar

Kenapa video belajar? Begini, kita semua tahu kalau belajar adalah sebuah kegiatan yang memang sudah menjadi kewajiban seorang pelajar, bahkan yang sudah bukan pelajar pun, belajar masih menjadi kegiatan yang tetap harus dilakukan. Tujuan belajar itu sendiri adalah untuk menambah pengetahuan kita terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di dunia ini. Bagi seorang pelajar, belajar adalah tugas untuk memiliki pengetahuan dasar tentang apa yang biasa ditemui sehari-hari.

Nah dari sekian banyak materi belajar yang harus dikonsumsi pelajar setiap harinya di rumah, orang tua pun bisa merekomendasikan video belajar sebagai media dan sumber belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Pilihlah video belajar yang terdapat animasinya, karena dapat memudahkan anak memahami maksud dari materi yang disampaikan tutor. Pastikan video belajar diisi oleh tutor yang dalam penyampaian materinya enak didengar, kalimatnya mudah dicerna, dan gaya penyampaian materinya tidak membosankan.

sumber belajar online

 

Aplikasi belajar adalah sumber belajar sangat disarankan untuk dimiliki oleh setiap pelajar, mengapa? Karena, dengan menggunakan aplikasi belajar, orang tua tidak perlu pusing-pusing selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan anak, tidak perlu juga terus-terusan berada di samping anak selama ia belajar. Namun, dalam memilih aplikasi belajar, orang tua juga harus memperhatikan apa yang dibutuhkan anak.

Baca juga: Bagaimana Cara Ibu Bisa Mengontrol Emosi Terhadap Anak

2. Aplikasi dengan Konsep Belajar Terstruktur

Salah satu yang paling dibutuhkan adalah konsep belajar yang terstruktur. Aplikasi belajar yang memiliki konsep belajar secara terstruktur, akan sangat memudahkan anak dalam memahami materi. Karena, ia akan belajar mulai dari konsep pengetahuan dasar, konsep pengetahuan menengah, sampai konten belajar aplikatif.

Salah satu yang memiliki struktur konsep belajar yang tertata rapih adalah ruangbelajar di aplikasi Ruangguru. Nah, di ruangbelajar, siswa akan mendapat pengalaman belajar dengan metode petualangan. Maksudnya adalah, siswa akan mengikuti materi belajar secara bertahap, tidak loncat-loncat, dan dapat dengan mudah memahami poin poin penting dari materi yang dipelajarinya.

sumber belajar online

 

3. Bank Soal

Apa itu bank soal? Buat Anda yang belum tau, bank soal adalah kumpulan latihan soal yang bisa digunakan oleh para siswa selama belajar di rumah, untuk tetap melatih sejauh mana peningkatan pemahaman materi belajarnya.

Latihan soal sangat penting dilakukan oleh pelajar secara konsisten setiap habis menyerap materi belajar yang disampaikan guru, atau tutor belajar lainnya. Salah satu yang menyediakan bank soal adalah ruangbelajar di aplikasi Ruangguru.

Dalam metode petualangan belajarnya, setiap kali siswa menyelesaikan 1 video belajar animasi, siswa akan diminta untuk menyelesaikan kuis yang berkaitan dengan materi video. Fungsinya untuk menguji daya paham siswa setelah menonton video belajar. Nah ini sangat penting untuk anak-anak Anda ketika belajar di rumah.

sumber belajar

 

Selain itu, fitur bank soal juga tersedia ketika seluruh video belajar dan kuis berhasil diselesaikan. Nah di bagian ini, orang tua bisa mengambil peran, misalnya dengan membacakan soal yang ada di bank soal, kemudian anak diminta menjawab, jawaban anak bisa dilihat apakah sudah sesuai dengan kunci jawaban dan pembahasannya atau belum tepat. Pada momen ini bisa digunakan untuk berdiskusi antara orang tua dan anak. Sangat efektif untuk melatih pemahaman.

4. Buku

Dalam kondisi apapun, buku tetap menjadi teman belajar yang sangat penting. Buku yang dimaksud tentunya bukan hanya buku paket pelajaran, tapi bisa juga buku-buku lainnya yang membahas tentang ilmu pengetahuan. Seperti biografi tokoh penemu, majalah national geographic, atau bahkan buku ilmu pengetahuan dengan format novel.

Kalau dalam kondisi pandemi seperti ini, mungkin bisa juga dengan membaca ebook, Anda bisa mengunjungi aplikasi-aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan banyak buku, bisa Anda sewa secara gratis untuk membantu belajar anak Anda di rumah. Misalnya aplikasi iPusnas. Aplikasi milik pemerintah yang menyediakan banyak sekali buku, Anda hanya perlu mendaftar, kemudian bisa meminjamnya.

logo ipusnas

Keempat contoh di atas adalah referensi media media belajar yang tepat digunakan untuk anak selama menjalani sekolah online atau belajar online. Disamping tetap diberikan tugas oleh guru, mencari alternatif belajar lainnya juga sangat diperlukan. Karena, semakin banyak referensi belajar, maka pengetahuan akan semakin bertambah.

Selain itu, keempat poin di atas, juga sangat efektif digunakan oleh anak. Seperti yang sudah dijelaskan. Intinya, dengan keempat referensi tadi, Anda tidak perlu lagi khawatir waktu Anda tersita untuk mendampingin anak belajar. Pendampingan tetap perlu, tapi setidaknya ada medium lain yang bisa digunakan untuk membantu Anda.

Nah kebetulan banget, di aplikasi Ruangguru, Anda bisa mendapatkan itu semua, mulai dari video belajar beranimasi, konsep pelajaran yang terstruktur, bank soal, sampai rangkuman infografik bisa Anda dapatkan sekaligus dengan hanya berlangganan ruangbelajar. Jadi, berikanlah anak Anda alternatif belajar online terbaik selama di rumah.

New Call-to-action

Beri Komentar