Ekonomi Keluarga Terbatas? Saatnya Bunda Siasati Uang Bimbel Anak

Rabia Edra

May 9, 2019 • 3 min read

parenting


bimbel anak

Pelajaran tambahan di luar sekolah kini tampak menjadi hal wajib bagi pelajar khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Dengan begitu, saat siswa memasuki tahun ajaran baru orang tua jadi memiliki dua kali tanggungan sekaligus, membayar SPP sekolah dan juga membayar les untuk anak—yang bisa jadi akan jauh lebih mahal dari biaya sekolah. Lalu bagaimana cara menyiasati biayanya, khususnya bagi keluarga yang mengalami keterbatasan ekonomi? Tentu orang tua tak mau mengorbankan nilai rapor anak, bukan? Nah, kali ini tim Ruangguru sudah merangkum hasil bincang-bincang dengan Bu Lusia, ibunda dari Ratri—siswa SMA Tarakanita 1 Jakarta. Simak yuk, Smart Parents!

bimbel anakBeliau mengungkapkan bahwa pertama kali yang harus dipastikan olehnya adalah niat dan keinginan dari sang anak. Apakah ia tertarik untuk memiliki pelajaran tambahan atau sekadar formalitas dan ikut-ikutan dengan teman lainnya? Tentunya biaya akan sayang terbuang begitu saja, kalau anak mendapatkan pelajaran tambahan karena paksaan lingkungan. “Anak saya kebetulan punya pilihannya sendiri yang benar-benar ia sukai, dan saya sebagai ibu tinggal memastikan bahwa ia benar-benar akan belajar dan mendukung pilihannya,” ucap Bu Lusia. Walau sebenarnya beliau juga memastikan hal itu jangan terlalu merogoh koceknya.

Bagi Ibu dua anak ini, pelajaran tambahan bukan sekadar menjadi faktor untuk membuat nilai-nilai di sekolah menjadi stabil atau meningkat. Namun juga bisa sebagai kegiatan pengisi waktu senggang yang positif. Hal ini menjadi alasan yang wajar, mengingat banyak waktu anaknya yang terbuang percuma sehari-hari. Misalnya saat di perjalanan menuju ke sekolah atau lokasi lainnya dan juga di kelas. Maka ibu dan anak ini sepakat memilih ruangbelajar sebagai solusinya yang bisa digunakan kapan pun dan di mana pun melalui handphone dan aman di kantong.

“Saya melihat Ratri bersungguh-sungguh belajar dengan Ruangguru, saat menuju sekolah bahkan ia latihan soal di motor dan juga memanfaatkan waktu sebelum ulangan atau seusai pulang sekolah dengan menyimak video belajar,” tutur Bu Lusia. Jika merasa soal-soal yang disediakan guru kurang, anak perempuannya ini juga akan mencari-cari referensi dari Bank Soal di aplikasi Ruangguru. Beruntungnya lagi saat ulangan umum, terdapat beberapa jenis soal yang sama seperti yang dipelajari di ruangbelajar.

Sebelum menggunakan ruangbelajar, Bu Lusia mengaku tak memiliki biaya untuk memberi fasilitas belajar tambahan selain yang sudah ada di sekolah. Paling yang dilakukannya hanya meminta anaknya mencari kakak kelas yang pintar di lingkungan tempat tinggalnya. Kemudian, bersama-sama membahas soal-soal di sekolah setiap sore hari. Kegiatan tersebut tentu saja tidak perlu mengeluarkan biaya. Karena yang mengajar memang secara sukarela untuk membantu Ratri saat kesulitan, khususnya di pelajaran Matematika.

bimbel anak

Namun walau belajar sendiri di ruangbelajar atau bersama teman-teman, ibunda senantiasa memantau perkembangan belajar anaknya. Walaupun ia tahu, Ratri sudah mandiri dan bisa memahami materi tanpa dipandu orang tua. Cukup dengan menyimak animasi penjelasan saja. Berbeda dengan sang adik yang juga sama-sama menggunakan fasilitas ruangbelajar, namun harus tetap ditemani dan memilih belajar menggunakan desktop.

Kini, setelah hampir satu tahun setia belajar bersama Ruangguru, Bu Lusia kembali memutuskan untuk meneruskan berlangganan belajar. Alasannya, karena selain Ratri konsisten menggunakannya, nilai rata-ratanya di sekolah juga terus meningkat dibandingkan ketika kelas X dan tetap masuk dalam peringkat 10 besar. Apalagi kerapatan nilai antar teman di kelasnya semakin ketat.

Begitu juga dengan masalah biayanya yang sangat membantu keluarga Bu Lusia yang mengalami keterbatasan ekonomi. “Jujur, saya nggak sanggup membiayai keinginan anak untuk les tambahan karena bimbel di luar itu mahal sekali,” ujar Bu Lusia. Jadi, saya sengaja memperpanjang langganan belajar hingga tahun depan, karena harapannya bisa sekalian untuk persiapan Ujian Nasional kelas XII dan SBMPTN. Semoga dengan ini, Ratri bisa menempuh ke jurusan di universitas yang dia inginkan,” tutupnya.

Smart Parents, bagaimana dengan bimbel anak Anda? Jika sudah menggunakan Ruangguru, pastikan ia memanfaatkannya dan jangan lupa, sebentar lagi periode berlangganan belajar akan habis. Pastikan sudah meneruskan paketnya untuk tahun ajaran baru dengan menggunakan kode LANJUTBELAJAR untuk mendapatkan kesempatan diskon sebesar 60% dan gratis 1 bulan digitalbootcamp LITE (khusus untuk siswa kelas 6-11).

paket belajar ruangguru

Beri Komentar

Recent Posts