PKN STAN dan Serba-Serbi Perkuliahannya

Andrea Lidwina Feb 20, 2019 • 2 min read


serba-serbi pkn stan

Artikel ini membahas tentang pendaftaran, jurusan, dan serba-serbi perkuliahan di PKN STAN

--

Squad, pernah dengar tentang sekolah ikatan dinas? Perguruan tinggi negeri yang termasuk jenis sekolah ini berarti ada di bawah naungan instansi pemerintah dan para lulusannya sudah memiliki jaminan kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nah, salah satu perguruan tinggi negeri tersebut adalah Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Semua program diploma yang diselenggarakan oleh PKN STAN dibina dan diawasi oleh Kementerian Keuangan. Meskipun begitu, mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi negeri ini bisa ditempatkan di kementerian-kementerian lain, baik di tingkat daerah maupun pusat.

serba-serbi pkn stan

Kampus PKN STAN (Sumber: beritasatu.com)

Apabila Squad mendaftar di PKN STAN, ada empat jurusan yang bisa dipilih, yaitu Kepabeanan dan Cukai (jurusan ini memberikan syarat khusus yang wajib dipenuhi, seperti tinggi badan mahasiswa), Pajak, Akuntansi, dan Manajemen Keuangan. Hampir setiap jurusan memiliki program D1 (waktu kuliah satu tahun) dan D3 (waktu kuliah tiga tahun) lho, Squad. Sementara program D4 hanya bisa dipilih oleh mahasiswa PKN STAN yang telah menyelesaikan program D3 dan masa kerja.

Setelah mendaftar, Squad harus melalui beberapa tahapan tes. Untuk Tes Tertulis, ada Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Kak Azmil Fikri, mahasiswa PKN STAN 2016, punya tips and trick buat kamu nih yang nantinya akan menghadapi tes-tes tersebut. “Pertama, perbanyak latihan soal. Rata-rata soal setiap tahun itu modelnya mirip, jadi (dengan banyak mengerjakan latihan soal) polanya akan kelihatan. Kedua, jangan lupa menyusun strategi saat mengerjakan soal. Kita nggak boleh asal mengerjakan karena jumlah soalnya sangat banyak, tetapi waktu yang diberikan terbatas. Kerjakan soal-soal yang kamu bisa terlebih dahulu.”

Di PKN STAN, kamu tak perlu membayar biaya kuliah per semester, alias gratis. Akan tetapi, setiap semester IP kamu minimal harus mencapai 2,75. Jika kurang dari angka tersebut, maka kamu tidak bisa melanjutkan pendidikan di PKN STAN. Jangan khawatir dulu Squad, kata Kak Azmil, para mahasiswa di perguruan tinggi negeri ini punya prinsip ‘masuk bareng, lulus bareng.’ Oleh karena itu, kalau Squad punya kesulitan, kamu bisa meminta bantuan belajar dari teman-teman di sana.

serba-serbi pkn stan

Satu angkatan PKN STAN terdiri dari ribuan mahasiswa (Sumber: pknstan.ac.id)

Selain itu, PKN STAN juga menjunjung tinggi integritas dalam kegiatan perkuliahannya. Sebab, setiap mahasiswa perguruan tinggi negeri ini akan menjadi punggawa keuangan negara di kemudian hari. “Jadi, kalau ada yang ketahuan menyontek (saat ujian) bisa langsung dikeluarkan,” kata Kak Azmil.

Gimana, Squad? Kamu sudah yakin buat masuk PKN STAN? Kalau masih belum, Kak Azmil menyebutkan beberapa kelebihannya nih. “Pendidikan gratis, nggak ada biaya sama sekali, kecuali biaya pendaftaran. Buku dan alat tulis pun dikasih. Lalu, setelah lulus sudah ada jaminan kerja. Terakhir, lingkungannya bagus, mulai dari orang-orangnya, dosen, sampai sistem perkuliahannya.” PKN STAN juga punya berbagai kegiatan nonakademis yang bisa kamu ikuti lho. Dengan demikian, Squad bisa berkembang dengan maksimal di perguruan tinggi negeri ini.

Untuk membantu Squad mempersiapkan diri masuk PKN STAN, kamu bisa download ruangbelajar! Di aplikasi ini, kamu bisa belajar dengan menyenangkan melalui video animasi, infografis, rangkuman, dan latihan soal. Yuk, daftar sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar