Ruangguru Blog

    Pomodoro: Cara Belajar Efektif Tanpa Terdistraksi

    By Ruangguru writer · May 24, 2017

    Apa kabar, smart buddies? Masih sibuk menghadapi berbagai ujian? Ingin fokus belajar, tapi ada saja yang memecah konsentrasi kamu? Tak mau ketinggalan perkembangan berita di lini waktu (timeline), harus membalas pesan dari teman, bahkan ingin cepat-cepat melihat kanal video kesayangan. Di satu sisi ingin dapat menemukan fokus belajar, sementara di sisi lain tanganmu gatal ingin memainkan ponsel. Adakah teknik yang bisa dilakukan untuk membuat belajar lebih efektif?

    cara belajar efektif - Kitchen timer berbentuk tomat Kitchen timer berbentuk tomat. (Sumber: attheco.com)

    Inilah Pomodoro, teknik pengaturan waktu yang diperkenalkan oleh Fransisco Cirillo pada akhir 1980-an. Sebenarnya nama Pomodoro sendiri berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti tomat. Ini berawal ketika Cirillo masih mahasiswa, ia menggunakan kitchen timer berbentuk buah tomat sebagai pengatur waktunya dalam belajar.

    cara efektif belajar - Tumpukan pekerjaan yang harus kamu tuntaskan Tumpukan pekerjaan yang harus kamu tuntaskan. (Sumber: startupremarkable.com)

    Pada dasarnya, kamu harus fokus dalam selang waktu tertentu, sebagai contoh 25 menit. Setelah waktu habis, kamu diharuskan beristirahat, sekitar 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak 4 babak. Setelah 4 babak tersebut diselesaikan, smart buddies dapat mengambil rehat lebih lama, misalnya 15 hingga 30 menit. Selang waktu yang digunakan ini dapat disesuaikan dengan ritme kamu masing-masing tentunya. Asal jangan sampai waktu istirahat kamu lebih panjang dari pada waktu fokus ya.

    Kamu  tipe orang yang tidak betah berkonsentrasi lama untuk belajar? Coba praktikkan teknik ini. Di istirahat 5 menit itu, kamu dapat berjalan-jalan sebentar melemaskan otot.

    Smart buddies juga dapat menggunakan teknik ini untuk meningkatkan produktivitas lho. Ini semacam pembatasan waktu pada ujian. Kamu dapat menantang diri untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai target waktu tertentu. Setelahnya, beri rewards pada diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang disenangi.

    Bagaimana cara menerapkan teknik Pomodoro ini?

    1. Jauhkan diri dari segala macam distraksi. Matikan notifikasi e-mail, tutup browser yang tidak diperlukan, dan senyapkan HP.

    2. Siapkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Dapat berupa modul yang harus kamu selesaikan atau bahkan lembar tulisan yang mesti dituntaskan.

    3. Tentukan waktu. Kamu dapat menggunakan kitchen set, bantuan alarm hp, bahkan jam pasir.

    cara belajar efektif - Jam pasir dapat menjadi alarm kamu Jam pasir dapat menjadi alarm kamu. (Sumber: kompasiana.com)

    4. Fokus beraktivitas.

    5. Setelah waktu habis, lakukan kegiatan menyenangkan. Seperti melakukan peregangan ringan atau mengambil air minum.

    6. Ulangi teknik di atas hingga 4 kali siklus kerja-istirahat atau belajar-istirahat, lalu ambil rehat selama 15-30 menit.

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, smart buddies dapat menyesuaikan waktu fokus sesuai ritme kamu sendiri. Jangan menyerah bagi kamu yang belum tahu pasti mengenai ritme bekerja diri sendiri. Fransisco Cirillo biasa menggunakan waktu 25 menit. Sebagai awalan, kamu dapat mencoba seperti cara Cirillo. Selanjutnya terapkan trial and error untuk menemukan waktu yang sesuai. Perlahan, kamu pasti menemukan cara paling cocok dalam pengaturan waktu.

    Bagaimana, smart buddies? Siap mencoba teknik Pomodoro ini? Ruangguru tunggu cerita pengalaman kamu mengenai cara belajar efektif ya. Selamat belajar! (NM/TN)

    Share this:

    Tags: Intrapersonal, Belajar Cerdas, study tips

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru