Ingin Lebih Akrab dengan Anak? Terapkan 5 Cara Positive Parenting Ini

Tiffany Aisyah Septiana

Oct 18, 2019 • 5 min read

Parenting


Ingin Lebih Akrab dengan Anak? Terapkan 5 Cara Positive Parenting Ini

Artikel ini memberi 5 cara menerapkan positive parenting agar Smart Parents bisa lebih akrab dengan anak

--

Smart Parents, apa rasanya berbicara dengan orang yang menggunakan nada tidak sopan? Bukankah menyakitkan? Terkadang, kita malah tidak fokus dengan apa yang orang itu katakan karena sudah kepalang emosi dengan cara bicaranya. Nah, ini juga bisa terjadi pada komunikasi antara orang tua dan anak. Dengan berbicara menggunakan nada kasar atau kalimat yang tidak menyenangkan akan membuat anak malah emosi dan tidak mendengarkan nasehat kita loh. Untuk menghindari itu, orang tua bisa menerapkan positive parenting sebagai pola asuh anak. 

Baca juga: Kapan Usia Tepat Anak Menggunakan Media Sosial?

Positive parenting merupakan salah satu teknik parenting di mana orang tua bisa mendengar kemauan dan suara anak. Positive parenting ini mengedepankan rasa kasih sayang terhadap anak dan menyampingkan kekerasan. Dalam pola asuh ini orang tua bisa memosisikan diri sebagai sahabat bagi anak. Dengan begitu, anak tak lagi sungkan untuk menyampaikan isi hatinya. Intinya, di dalam pola asuh ini membutuhkan komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Positive parenting dapat menjadikan anak pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Berikut 5 cara menerapkan positive parenting yang bisa dilakukan oleh orang tua:

1. Memberikan contoh

5 cara menerapkan positive parenting- Memberi contoh

Memberikan contoh pada anak (Sumber: rd.com)

Orang tua merupakan role model anak. Anak akan mencontoh segala yang dilihatnya dari tingkah laku orang tua. Misalnya, jika orang tua mencontohkan untuk memberi salam ketika masuk ke rumah maka anak akan menirunya. Ketika orang tua mengeluh saat di rumah, bisa jadi anak akan mencontoh seperti itu. Oleh karena itu, seringlah berperilaku positif ketika sedang bersama anak.

2. Mengenali perkembangan anak

5 cara menerapkan positive parenting- Mengenali perkembangan anak

Mengenali perkembangan anak (Sumber: parenting for brain.com)

Orang tua bisa menyesuaikan aturan dalam mendisiplinkan anak dengan cara melihat perkembangan dari segi kemampuan kognitif, keterampilan fisik serta perkembangan emosinya. Misalnya, orang tua bisa melatih kemampuan kognitif anak dengan memberikan kepercayaan pada anak untuk membuat keputusannya sendiri. Hal ini bisa dilatih dengan mempercayakan anak untuk memilih barang apa yang disuka, teman bermainnya, atau hal lain yang sesuai dengan keputusannya sendiri.

3. Meluangkan waktu berkualitas dan rutin

5 cara menerapkan positive parenting- Memberi waktu berkualitas dan rutin

Meluangkan waktu berkualitas dan rutin (Sumber: cdn.gottman.com)

Sesibuk apapun orang tua, jangan lupa untuk meluangkan waktu bermain dan belajar bersama anak minimal 1- 3 jam dalam sehari. Hal ini dapat membuat orang tua mengetahui dunia anak. Waktu yang diberikan bisa diisi dengan memberikan perhatian penuh melalui kegiatan menyenangkan. Contohnya, dengan menemani anak mengerjakan PR, menonton film bersama, dan kegiatan lainnya. Kegiatan yang dimaksud ialah kegiatan yang membuat anak berkomunikasi langsung dengan orang tua tanpa gangguan seperti gadget atau semacamnya.

4. Fokus pada tingkah laku positif dan memberi penghargaan

5 cara menerapkan positive parenting- Fokus pada tingkah laku positif dan memberi penghargaan

Fokus pada tingkah laku dan memberi penghargaan untuk anak

(Sumber: herviewformhome.com)

Hal ini menjadi kunci utama dalam pola asuh positive parenting karena mengedepankan perlakuan yang positif bagi sang anak. Misalnya, jika anak tidak mau belajar maka orang tua menggunakan perumpamaan yang tidak terkesan seperti memerintah atau mengancam. Penggunaan kata “yuk belajar bareng” terkesan lebih positif dibanding “kalau nggak belajar nanti kamu tidak pintar”. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan penghargaan berupa barang yang disukai atau memberikan waktu lebih untuk anak bermain bersama teman-temannya.

5. Memberikan ruang kepada anak untuk tumbuh

5 cara menerapkan positive parenting- Memberikan ruang kepada anak untuk tumbuh

Memberikan ruang kepada anak untuk tumbuh (Sumber: i.pinimg.com)

Ada kalanya sebagai orang tua kita harus membiarkan anak larut dalam kesalahan yang dibuatnya agar nantinya mereka menjadikan hal itu sebagai pelajaran. Tindakan demikian jauh lebih baik dibanding memarahi anak ketika mereka melakukan kesalahan. Hal ini adalah salah satu upaya orang tua memberikan ruang bagi anak sehingga nantinya berdampak pada kemampuan intelektual, perkembangan emosional, spiritual, dan sosial.

Nah Smart Parents, membuat kesepakatan bersama anak dengan menerapkan positive parenting akan membuat mereka memberi feedback positif pada orang tua. Tak lupa juga positive parenting membutuhkan komunikasi yang efektif agar bisa menyampaikan pesan yang dimaksud dari orang tua untuk anak. Selain komunikasi yang harus efektif, orang tua juga harus memberikan teknik pembelajaran yang cocok untuk anak dan bisa memberikan suasana menyenangkan di dalamnya. Melalui ruangbelajar for desktop, proses belajar anak akan jauh lebih menyenangkan dengan video animasi dan pembahasan soal yang menarik. Yuk tonton sekarang!

ruangbelajar for desktop

 

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Recent Posts