Postulat Einstein dalam Teori Relativitas Khusus | Fisika Kelas 12

teori albert einstein

Squad, kamu sudah tidak asing lagi 'kan mendengar nama Einstein? YupEyang Einstein berjasa banget dalam dunia fisika lho. Salah satu penemuannya yaitu mengenai teori relativitas khusus dan ada 2 postulat Einsten yang menjadi dasar teori ini. Apa saja ya? Simak pembahasan berikut, kuy

Teori relativitas Einstein

Teori relativitas Einstein merujuk pada kerangka acuan inersial yaitu kerangka acuan yang bergerak relatif pada kecepatan konstan (tetap) terhadap kerangka acuan lainnya. Dari hasil kajiannya, Einstein mengemukakan dua postulat, yaitu:

  1. Hukum-hukum fisika memiliki bentuk yang sama pada semua kerangka acuan inersial.
  2. Cahaya yang merambat di ruang hampa dengan kecepatan = 3 x 108 m/s adalah sama untuk semua pengamat dan tidak bergantung pada gerak sumber cahaya maupun kecepatan pengamat.

albert einstein

 Sumber: fisika.org

Postulat pertama didasarkan pada tidak adanya kerangka acuan umum yang diam mutlak, sehingga tidak dapat ditentukan mana yang dalam keadaan diam dan mana yang dalam keadaan bergerak. Misalnya, seseorang berinisial A berada di dalam pesawat dan seseorang berinisial B berada di permukaan bumi. Dari sudut pandang A, pesawat diam pada suatu tempat dan permukaan bumi-lah yang bergerak. Sedangkan dari sudut pandang B, permukaan bumi tempat dia berpijak yang tetap diam dan pesawat dengan berisi si A didalamnya yang bergerak.

Postulat kedua menyatakan bahwa kecepatan cahaya c konstan, tidak bergantung pengamat yang mengukur dari kerangka acuan inersia. Segala pengukuran harus dibandingkan dengan kecepatan cahaya dan tidak ada kecepatan yang lebih besar dari kecepatan cahaya.

penjelasan postulat albert einstein

 

postulat einsteinOke Squad, sekarang kamu sudah paham kan dua postulat Einstein dalam teori relativitas khusus? Kamu masih kepo tentang materi ini? Yuk, belajar di ruangles! Bersama ruangles, kamu bisa belajar bersama guru privat terbaik di bidang studi yang kamu inginkan lho. Bisa tanya-tanya materi lain yang nggak diajarkan di sekolah. Kamu bisa panggil guru privat ke rumahmu. Kuy, pesan sekarang supaya #BelajarJadiHebat

ruangles

Beri Komentar