Geografi Kelas 9 | Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia dan Afrika

IPS_9

Kalian ingat nggak ketika kelas 7 dan 8 pernah belajar tentang potensi sumber daya alam? Di kelas 9 juga ada lho pembahasan tentang potensi sumber daya alam. Lalu di mana letak perbedaannya? Nah kalau di kelas 7 itu, yang dibahas adalah sumber daya alam di Indonesia, kemudian di kelas 8 membahas tentang ASEAN, sedangkan di kelas 9 kalian akan belajar tentang sumber daya alam di Asia dan Benua lainnya.

Siapa sih yang nggak kenal dengan potensi sumber daya alam Indonesia? Hampir semua negara mengakui Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang sangat berlimpah. Karena itulah banyak negara yang ingin menguasai Indonesia. Bangsa-bangsa asing sangat tertarik dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, mulai dari rempah-rempah, minyak bumi, dan kekayaan alam hayatinya. Tidak semua negara memiliki sumber daya alam seperti yang dimiliki oleh Indonesia, masing-masing benua pun memiliki potensi dan kekayaan yang berbeda-beda.

Oke, pada artikel ini akan dijelaskan seberapa besar kah kekayaan sumber daya alam di masing-masing benua, lalu apa saja sih potensi yang dimiliki masing-masing benua tersebut. Yuk disimak dan dipahami dengan baik-baik.

1. Benua Asia

Benua Asia mempunyai banyak lembah sungai besar yang subur dan terletak pada pertemuan jalur sirkum pasifik dan mediteranian. Sebagai akibatnya, Benua Asia mempunyai potensi alam yang menonjol di bidang pertanian dan pertambangan.

potensi sumber daya alam benua asiaPotensi Sumber Daya Alam Benua Asia (Sumber: pimg.chirpstory.com)

- Pertanian

Daerah pertanian potensial di Benua Asia, terdapat di daerah sekitar lembah sungai besar. Kalian bisa lihat, di Asia tenggara banyak negara-negara yang menghasilkan padi, terutama Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Sedangkan Asia bagian Selatan yang memiliki hasil padi adalah India, Bangladesh, dan Pakistan. Selain itu India juga memiliki sumber daya alam seperti sorgum, gandum, dan kapas. Kemudian di Asia Tengah terkenal dengan hasil utamanya yaitu gandum, kapas, dan buah-buahan. Sedangkan Asia Barat adalah penghasil utama beras dan kopi.

- Pertambangan

Hasil-hasil pertambangan yang menonjol di Benua Asia adalah minyak bumi. Negara-negara penghasil minyak bumi terdapat di Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Untuk timah putih terdapat di Negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kemudian batubara terdapat di Siberia, Jepang, dan Indonesia. Selain itu beberapa daerah penting seperti Semenanjung Korea pun mengandung mineral seperti biji besi, batubara, emas, perak, timah hitam, seng, wolfram, dan grafit.

2. Benua Afrika

Benua Afrika mempunyai potensi yang menonjol juga lho pada bidang pertanian dan pertambangan. Berikut ini adalah persebarannya:

potensi sumber daya alam benua Afrika(Sumber: project-syndicate.org & timveni.com)

- Pertanian

Pertanian di Benua Afrika terdapat pada lembah sungai besar seperti lembah sungai Oranye yang terdapat di Afrika Selatan. Lembah Sungai Zambesi terdapat di Zambia dan Mozambik. Lembah sungai Niger terdapat di Nigeria. Lembah sungai kongo terdapat di Zaire.

Hasil-hasil pertanian di lembah sungai tersebut antara lain: buah-buahan, jagung, kacang, ubi jalar dan padi. Kapas, jagung dan kopi terdapat di Ethiopia dan Sudan.

- Pertambangan

Sebagian Besar daerah Benua Afrika berupa dataran tinggi yang keras dan luas. Namun, daerah ini mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang tambangnya antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah yang terdapat di Zaire. Kemudian di Negara Sudan terdapat mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas. Emas, tembaga, mangan, dan platina terdapat di Ethiopia. Minyak bumi, batubara, timah, biji besi, batu pualam, dan batu kapur terdapat di Nigeria.

Baik di benua Asia maupun Afrika sama-sama memiliki sumber daya alam berupa pertanian dan pertambangan. Lain halnya dengan kekayaan sumber daya alam di benua Australia, Amerika, dan Eropa. Pada ke-tiga benua tersebut ada yang sumber daya alamnya berupa pertanian dan pertambangan, ada juga yang tidak memiliki ke-duanya, namun ada juga yang memiliki ke-duanya dan kekayaan alam lainnya.

Jika kalian ingin belajar dengan metode yang asik dan efektif, kalian bisa download aplikasi ruangguru dan pilih produk ruangbelajar. Dengan begitu kalian bisa belajar dengan lebih efektif dan tidak membosankan.

ruangbelajar

Beri Komentar