FAQ: Status Skill Academy di Program Kartu Prakerja

Ruangguru Agu 18, 2020 • 5 min read


PR_-_FAQ_Prakerja_Part_2-01

--

WhatsApp Image 2020-08-11 at 16.02.44

 

1. Mengapa Skill Academy tidak lagi melanjutkan statusnya sebagai Mitra Resmi Platform Digital Kartu Prakerja?

Kami berharap, pilihan kami untuk beralih fokus hanya sebagai lembaga pelatihan akan lebih meningkatkan kualitas layanan kami bagi seluruh pengguna, termasuk bagi peserta Program Kartu Prakerja. Untuk merealisasikan visi ini, langkah strategis yang perlu diambil adalah untuk  fokus mengalokasikan sumber daya yang dimiliki untuk menjaga dan meningkatkan standar kualitas pendidikan dan pelatihan yang ditawarkan, serta melahirkan inovasi-inovasi baru yang berorientasi pada konsumen.

 

2. Memang ada yang salah dengan penunjukan Skill Academy by Ruangguru sebagai Mitra Resmi Platform Digital Kartu Prakerja pada gelombang 1, 2, dan 3?

Pemilihan penyedia layanan pelatihan untuk Kartu Prakerja sudah melalui proses yang benar sesuai dengan konteks mekanisme program dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemerintah dan/atau lembaga negara lainnya telah memberikan pernyataan bahwa proses pemilihan mitra platform digital bukan merupakan lingkup pengaturan pengadaan barang/jasa pemerintah, hal yang mana telah dipertegas dalam pasal 31A Peraturan Presiden Nomor 76/2020.

Referensi lebih lanjut:

 

3. Apa implikasinya bagi para lembaga pelatihan yang selama ini bermitra dengan Skill Academy dalam program Prakerja?

Mitra lembaga pelatihan dapat tetap menawarkan kelas-kelas pelatihannya di laman Skill Academy. Pembedanya ke depan adalah metode pembayaran, dimana mereka hanya dapat melakukan pembayaran dengan metode lainnya (seperti kartu kredit atau bank transfer), tidak lagi dengan Kartu Prakerja. 

Mitra akan tetap menerima pembayaran dari seluruh transaksi yang terjadi selama Program Kartu Prakerja gelombang 1, 2 dan 3, setelah kami melakukan rekonsiliasi transaksi dan menerima pembayaran dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dan setelah dipotong sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku. 

Skill Academy juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy sejak dimulainya Program Kartu Prakerja hingga saat ini, agar dapat turut mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia. 

 

4. Apakah Skill Academy akan tetap menyediakan pelatihan bagi para peserta Prakerja?

Skill Academy akan tetap menyediakan pelatihan bagi semua. Setiap individu dapat mengambil kelas pelatihan di Skill Academy dengan menggunakan berbagai metode pembayaran, seperti: kartu kredit, bank transfer, e-wallet (Go-Pay, OVO), minimarket, dan Kartu Prakerja.

Bagi para peserta Prakerja yang ingin menggunakan saldo kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan di Skill Academy dapat melakukan transaksi dengan mitra resmi platform digital Kartu Prakerja yang telah ditunjuk oleh pemerintah dan yang telah bekerja sama dengan Skill Academy, seperti: Tokopedia. 

5. Apa bedanya peran Skill Academy dalam kapasitasnya sebagai mitra resmi platform digital jika dibandingkan dengan hanya menjadi lembaga pelatihan saja?

Ketika menjadi Mitra Resmi Platform Digital, Skill Academy bekerja sama secara langsung dengan pemerintah berdasarkan perjanjian kerja sama untuk menyelenggarakan program Kartu Prakerja, yaitu diantaranya untuk menjalankan fungsi penyediaan marketplace bagi peserta Prakerja, kerja sama dengan berbagai lembaga pelatihan, penerimaan pembayaran atas biaya pelatihan peserta Prakerja untuk kemudian disalurkan kepada lembaga pelatihan, serta sebagai saluran komunikasi dan interaksi antara lembaga pelatihan dengan pemerintah.

Dengan hanya menjadi lembaga pelatihan, Skill Academy akan melakukan interaksi dan kemitraan secara B2B (business to business) dengan platform digital lainnya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan demikian, Skill Academy dapat fokus memberikan layanan pendidikan dan pelatihan terbaik bagi setiap penggunanya. 

 

6. Bagaimana dengan para peserta Prakerja yang pada gelombang 1, 2, dan 3 mengambil pelatihan di Skill Academy?

Setiap pengguna Skill Academy dapat tetap mengakses kelas pelatihan yang sudah mereka beli, termasuk para peserta Kartu Prakerja pada gelombang 1, 2 dan 3. Bukan hanya itu saja, mereka juga tetap berhak menerima layanan konsumen yang disediakan di dalam Skill Academy secara menyeluruh, seperti layanan bimbingan karir gratis.

Skill Academy juga akan tetap membantu proses update penyelesaian kelas, pemberian sertifikat untuk setiap pelanggan dari program Kartu Prakerja di gelombang 1, 2, dan 3. 

 

7. Apa rencana Skill Academy selanjutnya?

Selanjutnya kami akan fokus dan terus berupaya untuk menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan terbaik di Indonesia. Orientasi pada pengguna dan inovasi menjadi salah satu dari kunci keberhasilan yang akan terus kami usung. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, sejak beberapa bulan yang lalu, Skill Academy telah meluncurkan program Bimbingan Karir Gratis untuk setiap pengguna yang telah membeli minimal 1 kelas (termasuk peserta Prakerja). Bimbingan karir tersebut meliputi:

  • Komunitas pendamping
  • Webinar bersama pakar secara reguler 
  • Mentoring dan konseling
  • Akses informasi lowongan kerja

Sampai saat ini, Bimbingan Karir telah dimanfaatkan oleh lebih dari 43.000 peserta. Banyak di antaranya yang sudah berhasil mendapatkan pekerjaan atau memperoleh penghasilan tambahan.  Untuk mengetahui lebih jauh tentang Skill Academy sebagai penyedia pelatihan program Prakerja, silakan mengklik gambar di bawah, ya. Selamat belajar agar #SiapdariSekarang untuk meningkatkan kemampuan Anda.

New call-to-action

Beri Komentar