Prediksi Soal Sejarah UTBK SBMPTN 2020

Shabrina Alfari Feb 20, 2020 • 13 min read


soal sejarah utbk sbmptn 2020

Artikel ini memberikan latihan prediksi soal Sejarah untuk UTBK SBMPTN 2020

--

Kira-kira apa sih hal paling penting yang harus dilakukan saat waktu UTBK 2020 sudah semakin dekat? Tentu kamu harus memperbanyak latihan soal berkali-kali lipat dari biasanya. Melalui latihan soal kamu pun jadi bisa mengukur kemampuan dan mengetahui materi mana yang belum dikuasai. So, ayo kita mulai latihan dengan prediksi soal Sejarah UTBK SBMPTN 2020 berikut ini.

soal sejarah utbk sbmptn 2020

Topik: Masa Orde Baru hingga Reformasi

Subtopik: Kehidupan Masa Orde Baru

1. Konsep dwifungsi ABRI memiliki kemiripan dengan konsep “Jalan Tengah” yang dicetuskan oleh A.H. Nasution

SEBAB

Pada masa Orde Baru, Presiden Soeharto kembali mencetuskan dan melaksanakan konsep Dwifungsi ABRI yang didasarkan kepada pemikiran bahwa pemerintah perlu memberikan peran ganda kepada ABRI untuk menciptakan stabilitas politik

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan menunjukkan hubungan sebab akibat
  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
  3. Pernyataan benar, alasan salah
  4. Pernyataan salah, alasan benar
  5. Pernyataan salah, alasan salah

Jawaban: B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

Pembahasan:

Pernyataan benar

Konsep “Jalan Tengah” dicetuskan oleh A.H Nasution. Konsep ini tidak menghendaki tentara atau militer berkuasa penuh terhadap kegiatan politik sipil. Tentara atau militer boleh mengemukakan pendapat terhadap rencana stabilisasi politik dan ekonomi sebagai perorangan dan bukan organisasi militer. Sementara konsep Dwifungsi ABRI, menjadikan ABRI secara organisasi berkuasa atas sipil dan juga menduduki jabatan-jabatan strategis di lingkungan pemerintahan seperti gubernur.

Alasan benar

Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, konsep Dwifungsi ABRI kembali dicetuskan dan dilaksanakan dengan memberikan peran ganda. Maksudnya peran dalam bidang pertahanan keamanan dan peran dalam bidang sosial-politik-ekonomi. Anggota ABRI juga mendapat jatah kursi baik di MPR maupun DPR. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa ABRI merupakan dinamisator dan stabilisator. Artinya, sebagai dinamisator militer berperan sangat aktif sejak perang kemerdekaan, dan sebagai stabilisator yaitu upaya mencegah perpecahan bangsa setelah peristiwa G30S/PKI tahun 1965

soal sejarah utbk sbmptn 2020

Topik: Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

Subtopik: Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Penjajah

2. Perjanjian Giyanti membuat kekuasaan penerus Kerajaan Mataram melemah karena....

  1. Semua wilayah bekas Kerajaan Mataram langsung dikuasai VOC 
  2. Semua kehidupan politik kerajaan mataram diatur oleh Belanda
  3. Memperuncing konflik antara kerajaan di Jawa khususnya jawa barat dengan jawa tengah
  4. Meningkatnya konflik antara Surakarta dan Yogyakarta
  5. Hilangnya kepercayaan terhadap raja Jawa di mata masyarakat

Jawaban: A.  Semua wilayah bekas Kerajaan Mataram langsung dikuasai VOC

Pembahasan:

Perjanjian Giyanti adalah perjanjian yang ditandatangani pada 13 Februari 1755 di Desa Giyanti. Isi dari perjanjian tersebut membagi Kerajaan Mataram menjadi dua yaitu wilayah barat (Yogyakarta) diberikan kepada Pangeran Mangkubumi yang berkuasa dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I, sedangkan wilayah timur (Surakarta) tetap diperintah oleh Pakubuwana III. Perjanjian tersebut membuat kekuasaan para penerus kerajaan Mataram melemah karena wilayah Mataram yang terpecah belah membuat VOC dengan mudah mengintervensi kerajaan karena telah berhasil menguasainya. 

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Pendudukan Jepang di Indonesia

Subtopik: Kebijakan Masa Jepang

3. “Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda dan bahasa Inggris serta memajukan bahasa Jepang dan pelarangan penggunaan buku-buku dari Barat”. Makna yang terkandung atas kebijakan Jepang tersebut adalah….

  1. Jepang ingin melestarikan penggunaan bahasa Jepang di Indonesia
  2. Buku-buku dari Barat tidak sesuai dengan budaya Jepang
  3. Penggunaan bahasa Jepang diharapkan akan menimbulkan simpati bangsa Indonesia
  4. Jepang bertujuan menyapu bersih pengaruh Belanda dan Sekutu di Indonesia
  5. Semua hal terkait Belanda dan Sekutu dianggap tidak menguntungkan Jepang

Jawaban: D. Jepang bertujuan menyapu bersih pengaruh Belanda dan Sekutu di Indonesia

Pembahasan:

Guna menyapu bersih pengaruh Belanda dan Sekutu, pihak Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda dan bahasa Inggris serta memajukan bahasa Jepang dan pelarangan penggunaan buku-buku dari Barat. Kalender Jepang mulai diterapkan, patung-patung yang berbau Barat dirobohkan. Usaha lain yang dikampanyekan oleh Jepang untuk memberikan meyakinkan rakyat Indonesia adalah bahwa mereka dan bangsa Jepang merupakan saudara seperjuangan dalam perang yang luhur untuk membentuk tatanan baru di Asia.

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Subtopik: Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

4. Salah satu penyebab konflik antara kelompok Islam dengan kelompok Timur pada saat pembahasan Piagam Jakarta adalah....

  1. Perbedaan pandangan tentang jumlah poin yang ada pada Piagam Jakarta
  2. Piagam Jakarta dianggap sebagai rekaan semata yang dibuat pemerintah Jepang
  3. Adanya kalimat kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
  4. Penolakan terkait tokoh yang menandatangani Piagam Jakarta
  5. Tidak dimasukkannya Papua sebagai bagian dari NKRI

Jawaban: C. Adanya kalimat kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya

Pembahasan:

Pada 22 Juni 1945, Panitia Sembilan berhasil merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal dengan Piagam Jakarta. Rumusan Piagam Jakarta semula mengandung permasalahan terkait isi dari sila pertama. Dalam Piagam Jakarta, sila pertama berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Kalimat “...dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” mendapat tentangan dari perwakilan masyarakat Indonesia Timur yang diwakili oleh Johannes Latuharhary. Ia menyampaikan kepada Moh. Hatta bahwa masyarakat Indonesia Timur mengancam akan mengundurkan diri dari negara RI, dan membentuk negara sendiri jika sila pertama tersebut tidak diubah. 

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Konflik di Berbagai Belahan Dunia

Subtopik: Konflik Amerika Latin (Teluk Babi)

5. Salah satu konflik paling menakutkan pada masa Perang Dingin adalah ketika Amerika Serikat berkonflik dengan negara Kuba yang baru saja berhasil melakukan revolusi dan membuat kekuataan sosialis menjadi penguasa di negara tersebut lewat bantuan Uni Soviet. Hal tersebut mendorong Amerika Serikat melakukan aksi militer dengan menginvasi Teluk Babi agar....

  1. Melindungi Jendral Fulgencio Batista
  2. Mencegah meluasnya komunisme
  3. Melindungi pasukan Amerika di Kuba
  4. Menggulingkan pemerintahan Fidel Castro

Pilihan jawaban: 

  1. Pernyataan (1), (2), (3) benar
  2. Pernyataan (1) dan (3) benar
  3. Pernyataan (2) dan (4) benar
  4. Pernyataan (4) benar
  5. Semuanya benar

Jawaban: C. Pernyataan (2) dan (4) benar

Pembahasan:

Dari keempat pilihan jawaban diatas, pilihan 2 dan 4 adalah yang benar. Invasi Teluk Babi merupakan invasi yang terjadi tanggal 17 April 1961 dan dilakukan kelompok paramiliter Brigade 2506 yang dilatih dan didanai dinas intelijen Amerika Serikat (CIA). Kelompok paramiliter tersebut dibentuk dengan tujuan untuk menggulingkan Fidel Castro serta mencegah meluasnya paham komunisme di wilayah Amerika Tengah. Invasi Teluk Babi tersebut gagal setelah melewati pertempuran dalam kurun waktu tiga hari. Selama tiga hari pertempuran 107 orang tewas dari pihak paramiliter Brigade 2506 milik CIA serta 1.189 diantaranya menjadi tawanan. Sedangkan di pihak Kuba, 161 personel militer tewas.

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Indonesia Zaman Hindu-Buddha

Subtopik: Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha

6. Sriwijaya sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara pada abad 8 - 10 M mendorong kehadiran orang-orang dari berbagai bangsa untuk datang. Salah satu musafir Tiongkok yang pernah singgah di Kerajaan Sriwijaya adalah I-Tsing, yang menuliskan keadaan Kerajaan Sriwijaya, bahwa….

  1. Masyarakat Sriwijaya menganut agama Hindu yang taat
  2. Kerajaan Sriwijaya maju dalam bidang agraris terutama beras
  3. Kerajaan Sriwijaya mempunyai hubungan dagang dengan Mataram Islam
  4. Kekuatan maritim Kerajaan Sriwijaya merupakan yang terbesar pada abad ke-8
  5. Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha di Asia Tenggara

Jawaban: E. Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha di Asia Tenggara

Pembahasan:

Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai pusat agama Buddha di Asia Tenggara yang menganut aliran Hinayana dan Mahayana. Hal tersebut didasarkan oleh catatan I-Tsing yang merupakan seorang musafir dari Tiongkok. I-Tsing sempat singgah di Sriwijaya pada tahun 671, selama enam bulan singgah, I-Tsing mempelajari tata bahasa Sanskerta. Pada tahun 685 untuk kedua kalinya I-Tsing datang kembali ke Sriwijaya dan selama empat tahun di Sriwijaya, I-Tsing menerjemahkan kitab-kitab suci Buddha dari bahasa Sanskerta ke dalam bahasa Tiongkok.

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Indonesia Masa Awal Kemerdekaan Sampai Terpimpin

Subtopik: Kehidupan Masa Demokrasi Liberal

7. Pada 26 April 1951 secara resmi Kabinet Soekiman diumumkan. Salah satu program kerjanya yaitu mempercepat persiapan pemilu dan menjalankan politik luar negeri bebas aktif serta memasukan Irian barat kedalam wilayah RI secepatnya. Kabinet ini hanya bertahan selama sepuluh bulan. Kabinet Sukiman jatuh dikarenakan kasus penandatanganan MSA (Mutual Security Act). Hubungan antara penandatanganan MSA dengan kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia adalah….

  1. Penandatanganan MSA merupakan wujud dari penerapan politik bebas aktif
  2. Dengan penandatanganan tersebut Indonesia dianggap condong ke blok timur
  3. Politik bebas aktif Indonesia tidak dapat sejalan dengan bantuan ekonomi MSA
  4. Penandatanganan MSA dipandang telah melanggar politik bebas aktif Indonesia
  5. Sukiman dianggap kurang tegas dalam menerapkan politik bebas aktif dengan penandatanganan MSA

Jawaban: D. Penandatanganan MSA dipandang telah melanggar politik bebas aktif Indonesia

Pembahasan:

Jatuhnya Kabinet Sukiman disebabkan oleh adanya kegagalan dalam pertukaran nota keuangan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Achmad Soebardjo dengan duta besar AS Merle Cochran. Kesepakatan bantuan ekonomi dan militer dari AS kepada Indonesia didasarkan pada ikatan Mutual Security Act (MSA). Di dalam MSA terdapat pembatasan terhadap kebebasan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif. Indonesia diwajibkan lebih memperhatikan Amerika, sehingga tindakan Sukiman tersebut dipandang telah melanggar politik luar negeri yang bebas aktif dan dianggap lebih condong ke blok barat dalam perang dingin. Selain itu timbulnya krisis moral seperti korupsi, ketimpangan sosial dan hubungan antara sipil militer yang tidak baik semakin mempercepat jatuhnya kabinet ini. Ditambah dengan perjuangan pembebasan Irian Barat yang juga menemui kegagalan.

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Indonesia Masa Awal Kemerdekaan Sampai Terpimpin

Subtopik: Kehidupan Masa Demokrasi Terpimpin

8.Peristiwa G30S/PKI tahun 1965 mengakibatkan terjadinya gejolak sosial-politik di masyarakat. Puncak dari peristiwa tersebut ketika terjadinya demonstrasi terhadap pemerintahan Soekarno yang menuntut diberlakukannya TRITURA. Salah satu tuntutan dalam TRITURA yang berkaitan dengan bidang ekonomi adalah….

  1. Turunkan harga kebutuhan pokok
  2. Menghentikan berbagai proyek pembangunan berskala besar
  3. Nasionalisasi perusahaan asing milik Belanda
  4. Pembagian lahan yang merata kepada para petani
  5. Tolak Undang-Undang Penanaman Modal di Indonesia

 Jawaban: A. Turunkan harga kebutuhan pokok

Pembahasan: 

Setelah peristiwa G30S terjadi, keadaan ekonomi dan politik Indonesia mengalami ketidakstabilan. Salah satu dampak dibidang ekonomi adalah harga barang–barang menjadi naik terutama Bahan bakar minyak (BBM). Peristiwa tersebut mendorong mahasiswa untuk melakukan aksi demontrasi pada 12 Januari 1966. Saat itu mahasiswa berdemonstrasi dan menyampaikan tuntutannya kepada pemerintah, yang tuntutan tersebut kemudian dikenal dengan nama TRITURA. Adapun Isi Tritura antara lain:

  1. Bubarkan PKI beserta ormas-ormasnya
  2. Bersihkan kabinet Dwikora
  3. Turunkan harga kebutuhan pokok

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Indonesia Zaman Praaksara

Subtopik: Hasil dan Nilai Budaya Masyarakat

9. Budaya Megalitik di Indonesia sangat berkembang khususnya dalam bentuk menhir dan punden berundak. Keberadaan dua benda tersebut menunjukkan bahwa....

  1. Masyarakat di Nusantara belum mengenal cara bercocok tanam
  2. Masyarakat di Nusantara sudah memiliki tradisi pemujaan terhadap arwah nenek moyang
  3. Kedua peninggalan tersebut merupakan alat bercocok tanam
  4. Peralihan dari pola hidup food gathering ke food producing
  5. Kebudayaan masyarakat semakin maju dengan pola hidup sedenter

Jawaban: B. Masyarakat di Nusantara sudah memiliki tradisi pemujaan terhadap arwah nenek moyang

Pembahasan:

Kebudayaan menhir dan punden berundak merupakan peninggalan pada masa Megalitikum. Menhir adalah tugu atau batu tegak, yang ditempatkan disuatu tempat sebagai sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang dan sebagai tempat memperingati kepala suku yang telah meninggal. Sedangkan punden berundak merupakan tempat upacara yang bertingkat-tingkat dimana biasanya upacara-upacara pemujaan diadakan oleh masyarakat pada masa megalitikum. Dua peninggalan tersebut menunjukkan bahwa manusia pada masa Megalitikum sudah mengenal sistem kepercayaan dan mulai memiliki tradisi pemujaan terhadap arwah nenek moyang.

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Topik: Pemikiran dan Peristiwa Penting di Eropa

Subtopik: Renaissance (Seni)

10. Perkembangan Renaissance di Italia salah satunya dipelopori oleh Michelangelo yang menciptakan karya seni terbesarnya, yaitu....

  1. Frankenstein
  2. Sorrow of Young Werther
  3. Statue of David
  4. Monalisa
  5. Desco da Partos

Kunci Jawaban: C. Statue of David

Pembahasan:

Secara harfiah Remaisans berarti “kelahiran kembali”. Renaissance adalah sebuah periode ketika di Eropa terjadi gerakan menghidupkan kembali peradaban barat, yaitu kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno. Kota Florence di Italia menjadi kota pelopor Renaissance karena kedudukannya sebagai kota dagang terbesar dan terkaya pada abad ke-13. Renaissance di Italia melahirkan tokoh-tokoh seniman seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, Donatello yang menghasilkan karya seni di bidangnya masing-masing. Michelangelo berfokus pada karya seni bidang patung dengan karya terbesarnya adalah Statue of David. Karya yang terbuat dari blok marmer besar tersebut menggambarkan seorang pria berdiri tegak dengan cara berdiri contrapposto klasik. Contrapposto, adalah nama teknik dalam dunia seni patung. Teknik ini menghadirkan ilusi, seolah-olah satu kaki patung menyanggah beban di atasnya, kaki yg lain tampak santai, dan tampak sangat natural.

Separator_Latihan_Soal_sejarah

Mudah 'kan pembahasannya? Mau berlatih lebih banyak lagi soal UTBK SBMPTN 2020? Cek terus artikel terbaru di ruangbaca atau kamu bisa juga berlatih soal-soal di ruangbelajar.

New Call-to-action

Beri Komentar