Latihan Soal & Pembahasan UTBK 2022: Sejarah

Latihan Soal UTBK Sejarah

Sudah siap hadapi UTBK tahun 2022 nanti? Yuk, tingkatkan persiapanmu dengan latihan soal UTBK 2022 Sejarah beserta pembahasannya di bawah ini. Selamat mengerjakan!

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Perkembangan Pemikiran Modern

Subtopik : Peristiwa Penting Dunia

1. Perang Tujuh Tahun atau Seven Years War yang melibatkan Inggris dan Prancis pada tahun 1756-1763 berakhir setelah Inggris berhasil menguasai salah satu daerah yang diperebutkan, yaitu …. 

  1. Louisiana 
  2. North Carolina 
  3. Georgia 
  4. Massachusetts 
  5. Quebec 

 

Jawaban : E

Pembahasan :

Perang Tujuh Tahun (Seven Years War) antara Inggris dan Prancis disebabkan oleh persaingan antara kedua negara tersebut untuk memperebutkan wilayah koloni di benua Amerika. Prancis berusaha menduduki wilayah sebelah barat koloni Inggris dalam rangka menghubungkan antara Kanada dan Louisiana. Hal tersebut tentunya menyebabkan pertempuran di antara kedua negara tersebut. Pertempuran ini terjadi pada tahun 1756-1763 dan berakhir setelah Inggris berhasil menguasai wilayah Quebec dari Prancis. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

Subtopik : Kolonialisme-Imperialisme di Indonesia

2. Pemerintah kolonial Belanda, mengumumkan pembuatan parlemen di Hindia Belanda melalui …. 

  1. Staatsblad No. 114 tahun 1916 
  2. Staatsblad No. 129 tahun 1917  
  3. Staatsblad No. 291 tahun1909  
  4. Indische Staatsregeling Pasal 131 
  5. Indische Staatsregeling Pasal 35 sampai Pasal 50 

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Pembentukan Volksraad pada awalnya hadir atas desakan kaum bumiputra yang menuntut adanya perwakilan dalam lembaga parlemen pada masa Pergerakan Nasional. Dewan ini dibentuk untuk urusan Bumiputra dan hak-haknya secara resmi dijamin oleh hukum Belanda. Pada awalnya Volksraad bernama “Dewan Kolonial”, namun diubah menjadi “Dewan Rakyat” atau Volksraad yang dikeluarkan melalui keputusan Indische Staatsregeling, wet op de Staatsinrichting van Nederlandsh-Indie (Indische Staatsrgeling) Pasal 53 sampai Pasal 80 bagian kedua tanggal 16 Desember 1916, serta diumumkan dalam Staatsblad No. 114 tahun 1916. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Organisasi Dunia

Subtopik : Organisasi Regional dan Global

3. Berikut ini merupakan tokoh yang terlibat dan menandatangani Deklarasi Bangkok adalah …. 

  1. Adam Malik 
  2. Najib Razak 
  3. Rodrigo Duterte 
  4. Yingluck Shinawatra 
  5. Lee Kuan Yew 

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Deklarasi Bangkok merupakan suatu deklarasi yang ditandatangani oleh lima perwakilan negara-negara Asia Tenggara yang mempunyai kepentingan bersama dalam menjaga stabilitas politik regional dan pembangunan sosial ekonomi kawasan. Adapun tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut. 

  1. Adam Malik (Indonesia)
  2. Tun Abdul Razak (Malaysia)
  3. Narciso Ramos (Filipina)
  4. S. Rajaratnam (Singapura)
  5. Thanat Koman (Thailand)

Sedangkan Najib Razak merupakan seorang politikus Malaysia, anggota parlemen Dewan Rakyat dan pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia dari tahun 2009-2018, selanjutnya Rodrigo Duterte adalah presiden Filipina yang menjabat dari tahun 2006-sekarang. Yingluck Shinawatra adalah perdana menteri perempuan pertama di Thailand. Dia terpilih melalui pemilu pada tahun 2011 dan menjabat sebagai perdana menteri Thailand sampai tahun 2014, sedangkan Lee Kuan Yew adalah perdana menteri Singapura yang menjabat dari tahun 1959-1990 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam perpolitikan Singapura. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Indonesia Masa Awal Kemerdekaan dan Revolusi Indonesia

Subtopik : Masa Awal Kemerdekaan

4. Berakhirnya Kabinet Amir Sjarifuddin II tidak lepas dari intervensi asing berupa … 

  1. ancaman dari Amerika tidak akan mendukung Indonesia jika menolak tawaran Belanda. 
  2. ancaman Australia akan mencabut deklarasi dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia. 
  3. ancaman Belgia akan menyerang Indonesia. 
  4. ancaman Jepang akan bersekutu dengan Amerika untuk menyerang Indonesia. 
  5. ancaman Inggris untuk melancarkan serangan kepada Indonesia. 

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Selain dihadiri oleh perwakilan Indonesia dan Belanda, Perjanjian Renville juga diikuti oleh tiga negara (Amerika, Australia, Belgia) yang tergabung dalam Komisi Tiga Negara (KTN). Ketiga negara tersebut berperan sebagai perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas menjadi mediator dalam perundingan antara Indonesia-Belanda. Dalam jalannya perundingan, pihak Belanda berusaha agar garis pertahanan yang telah berhasil direbut pada Agresi Militer I dipertahankan. Sedangkan, RI meminta agar tentara Belanda menarik diri ke kedudukan semula sesuai Perundingan Linggarjati.

Kemudian, Belanda mengusulkan untuk membentuk Republik Indonesia Serikat dengan ketentuan bahwa RI adalah salah satu negara bagian di dalamnya, bersamaan dengan Negara Sumatra, Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan dan lain-lain. Padahal, salah satu isi perundingan Linggarjati adalah bahwa RIS adalah pemerintahan sementara (interim goverment) yang dibawahi oleh RI dan Belanda.

Saat perundingan berjalan, Belanda seakan mengancam secara halus apabila konsesi-konsesi yang ditawarkan tidak diindahkan, maka senjata yang selanjutnya bicara. Amerika Serikat pun mengancam tidak akan mendukung Indonesia apabila menolak penawaran Belanda. Amir sebagai ketua delegasi saat itu berada dalam posisi terjepit, antara melawan Belanda dan Sekutunya atau mengikuti mereka.

Pada akhirnya pada 17-19 Januari 1948, Perundingan Renville selesai dan kesepakatan disetujui. Dampaknya adalah wilayah Indonesia semakin sempit, hanya terdiri dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sumatra. Akibat dari Perjanjian Renville ini, Amir Sjarifuddin kehilangan dukungan di parlemen yang membuat kabinet pemerintahannya melemah dan pada akhirnya ia membubarkan kabinet pada 23 Januari 1948.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Indonesia Masa Orde Baru dan Reformasi

Subtopik : Masa Reformasi

5. Salah satu tuntutan dalam Gerakan Reformasi 1998 adalah mendesak pemerintah agar melakukan penguatan terhadap konstitusi negara. Hal ini kemudian diwujudkan dengan …. 

  1. pencabutan kebijakan dwifungsi ABRI 
  2. mengadili Suharto beserta kroni-kroninya 
  3. pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi 
  4. pembatasan masa jabatan presiden 
  5. pemberlakuan kembali Undang-Undang Dasar 1945 

Jawaban : D

Pembahasan :

Gerakan Reformasi 1998 merupakan gerakan pro-demokrasi yang terjadi pada akhir abad ke-20. Gerakan Reformasi terjadi atas tuntutan masyarakat kepada pemerintah Orde Baru. Salah satu tuntutan yang disuarakan adalah desakan untuk mengadili Presiden Suharto dan kroni-kroninya, cabut dwifungsi ABRI, pelaksanaan otonomi daerah, penegakan supremasi hukum, dan penguatan terhadap konstitusi negara. Pasca Reformasi 1998 terjadi, pemerintah didesak untuk mewujudkan beberapa tuntutan tersebut, salah satunya penguatan terhadap konstitusi negara. Penguatan konstitusi negara dilakukan dengan menyelenggarakan amandemen terhadap Undang-Undang Dasar 1945. Terdapat beberapa pasal dalam UUD 1945 yang kemudian diamandemen, di antaranya adalah pasal tentang kekuasaan presiden (termasuk pembatasan masa jabatan presiden), struktur ketatanegaraan, desentralisasi, jaminan konstitusional hak asasi manusia, sistem pemilihan umum, dan lain sebagainya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Masa Orde Baru hingga Reformasi

Subtopik: Kehidupan Masa Orde Baru

6. Konsep dwifungsi ABRI memiliki kemiripan dengan konsep “Jalan Tengah” yang dicetuskan oleh A.H. Nasution

SEBAB

Pada masa Orde Baru, Presiden Soeharto kembali mencetuskan dan melaksanakan konsep Dwifungsi ABRI yang didasarkan kepada pemikiran bahwa pemerintah perlu memberikan peran ganda kepada ABRI untuk menciptakan stabilitas politik

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan menunjukkan hubungan sebab akibat
  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
  3. Pernyataan benar, alasan salah
  4. Pernyataan salah, alasan benar
  5. Pernyataan salah, alasan salah

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Pernyataan benar

Konsep “Jalan Tengah” dicetuskan oleh A.H Nasution. Konsep ini tidak menghendaki tentara atau militer berkuasa penuh terhadap kegiatan politik sipil. Tentara atau militer boleh mengemukakan pendapat terhadap rencana stabilisasi politik dan ekonomi sebagai perorangan dan bukan organisasi militer. Sementara konsep Dwifungsi ABRI, menjadikan ABRI secara organisasi berkuasa atas sipil dan juga menduduki jabatan-jabatan strategis di lingkungan pemerintahan seperti gubernur.

Alasan benar

Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, konsep Dwifungsi ABRI kembali dicetuskan dan dilaksanakan dengan memberikan peran ganda. Maksudnya peran dalam bidang pertahanan keamanan dan peran dalam bidang sosial-politik-ekonomi. Anggota ABRI juga mendapat jatah kursi baik di MPR maupun DPR. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa ABRI merupakan dinamisator dan stabilisator. Artinya, sebagai dinamisator militer berperan sangat aktif sejak perang kemerdekaan, dan sebagai stabilisator yaitu upaya mencegah perpecahan bangsa setelah peristiwa G30S/PKI tahun 1965

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

Subtopik: Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Penjajah

7. Perjanjian Giyanti membuat kekuasaan penerus Kerajaan Mataram melemah karena….

  1. Semua wilayah bekas Kerajaan Mataram langsung dikuasai VOC 
  2. Semua kehidupan politik kerajaan mataram diatur oleh Belanda
  3. Memperuncing konflik antara kerajaan di Jawa khususnya jawa barat dengan jawa tengah
  4. Meningkatnya konflik antara Surakarta dan Yogyakarta
  5. Hilangnya kepercayaan terhadap raja Jawa di mata masyarakat

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Perjanjian Giyanti adalah perjanjian yang ditandatangani pada 13 Februari 1755 di Desa Giyanti. Isi dari perjanjian tersebut membagi Kerajaan Mataram menjadi dua yaitu wilayah barat (Yogyakarta) diberikan kepada Pangeran Mangkubumi yang berkuasa dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I, sedangkan wilayah timur (Surakarta) tetap diperintah oleh Pakubuwana III. Perjanjian tersebut membuat kekuasaan para penerus kerajaan Mataram melemah karena wilayah Mataram yang terpecah belah membuat VOC dengan mudah mengintervensi kerajaan karena telah berhasil menguasainya. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Pendudukan Jepang di Indonesia

Subtopik: Kebijakan Masa Jepang

8. “Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda dan bahasa Inggris serta memajukan bahasa Jepang dan pelarangan penggunaan buku-buku dari Barat”. Makna yang terkandung atas kebijakan Jepang tersebut adalah….

  1. Jepang ingin melestarikan penggunaan bahasa Jepang di Indonesia
  2. Buku-buku dari Barat tidak sesuai dengan budaya Jepang
  3. Penggunaan bahasa Jepang diharapkan akan menimbulkan simpati bangsa Indonesia
  4. Jepang bertujuan menyapu bersih pengaruh Belanda dan Sekutu di Indonesia
  5. Semua hal terkait Belanda dan Sekutu dianggap tidak menguntungkan Jepang

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Guna menyapu bersih pengaruh Belanda dan Sekutu, pihak Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda dan bahasa Inggris serta memajukan bahasa Jepang dan pelarangan penggunaan buku-buku dari Barat. Kalender Jepang mulai diterapkan, patung-patung yang berbau Barat dirobohkan. Usaha lain yang dikampanyekan oleh Jepang untuk memberikan meyakinkan rakyat Indonesia adalah bahwa mereka dan bangsa Jepang merupakan saudara seperjuangan dalam perang yang luhur untuk membentuk tatanan baru di Asia.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Subtopik: Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

9. Salah satu penyebab konflik antara kelompok Islam dengan kelompok Timur pada saat pembahasan Piagam Jakarta adalah….

  1. Perbedaan pandangan tentang jumlah poin yang ada pada Piagam Jakarta
  2. Piagam Jakarta dianggap sebagai rekaan semata yang dibuat pemerintah Jepang
  3. Adanya kalimat kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
  4. Penolakan terkait tokoh yang menandatangani Piagam Jakarta
  5. Tidak dimasukkannya Papua sebagai bagian dari NKRI

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Pada 22 Juni 1945, Panitia Sembilan berhasil merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal dengan Piagam Jakarta. Rumusan Piagam Jakarta semula mengandung permasalahan terkait isi dari sila pertama. Dalam Piagam Jakarta, sila pertama berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Kalimat “…dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” mendapat tentangan dari perwakilan masyarakat Indonesia Timur yang diwakili oleh Johannes Latuharhary. Ia menyampaikan kepada Moh. Hatta bahwa masyarakat Indonesia Timur mengancam akan mengundurkan diri dari negara RI, dan membentuk negara sendiri jika sila pertama tersebut tidak diubah. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Konflik di Berbagai Belahan Dunia

Subtopik: Konflik Amerika Latin (Teluk Babi)

10. Salah satu konflik paling menakutkan pada masa Perang Dingin adalah ketika Amerika Serikat berkonflik dengan negara Kuba yang baru saja berhasil melakukan revolusi dan membuat kekuataan sosialis menjadi penguasa di negara tersebut lewat bantuan Uni Soviet. Hal tersebut mendorong Amerika Serikat melakukan aksi militer dengan menginvasi Teluk Babi agar….

  1. Melindungi Jendral Fulgencio Batista
  2. Mencegah meluasnya komunisme
  3. Melindungi pasukan Amerika di Kuba
  4. Menggulingkan pemerintahan Fidel Castro

Pilihan jawaban: 

  1. Pernyataan (1), (2), (3) benar
  2. Pernyataan (1) dan (3) benar
  3. Pernyataan (2) dan (4) benar
  4. Pernyataan (4) benar
  5. Semuanya benar

Jawaban: C

Pembahasan:

Dari keempat pilihan jawaban diatas, pilihan 2 dan 4 adalah yang benar. Invasi Teluk Babi merupakan invasi yang terjadi tanggal 17 April 1961 dan dilakukan kelompok paramiliter Brigade 2506 yang dilatih dan didanai dinas intelijen Amerika Serikat (CIA). Kelompok paramiliter tersebut dibentuk dengan tujuan untuk menggulingkan Fidel Castro serta mencegah meluasnya paham komunisme di wilayah Amerika Tengah. Invasi Teluk Babi tersebut gagal setelah melewati pertempuran dalam kurun waktu tiga hari. Selama tiga hari pertempuran 107 orang tewas dari pihak paramiliter Brigade 2506 milik CIA serta 1.189 diantaranya menjadi tawanan. Sedangkan di pihak Kuba, 161 personel militer tewas.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Indonesia Zaman Hindu-Buddha

Subtopik: Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha

11. Sriwijaya sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara pada abad 8 – 10 M mendorong kehadiran orang-orang dari berbagai bangsa untuk datang. Salah satu musafir Tiongkok yang pernah singgah di Kerajaan Sriwijaya adalah I-Tsing, yang menuliskan keadaan Kerajaan Sriwijaya, bahwa….

  1. Masyarakat Sriwijaya menganut agama Hindu yang taat
  2. Kerajaan Sriwijaya maju dalam bidang agraris terutama beras
  3. Kerajaan Sriwijaya mempunyai hubungan dagang dengan Mataram Islam
  4. Kekuatan maritim Kerajaan Sriwijaya merupakan yang terbesar pada abad ke-8
  5. Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha di Asia Tenggara

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai pusat agama Buddha di Asia Tenggara yang menganut aliran Hinayana dan Mahayana. Hal tersebut didasarkan oleh catatan I-Tsing yang merupakan seorang musafir dari Tiongkok. I-Tsing sempat singgah di Sriwijaya pada tahun 671, selama enam bulan singgah, I-Tsing mempelajari tata bahasa Sanskerta. Pada tahun 685 untuk kedua kalinya I-Tsing datang kembali ke Sriwijaya dan selama empat tahun di Sriwijaya, I-Tsing menerjemahkan kitab-kitab suci Buddha dari bahasa Sanskerta ke dalam bahasa Tiongkok.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Indonesia Masa Awal Kemerdekaan Sampai Terpimpin

Subtopik: Kehidupan Masa Demokrasi Liberal

12. Pada 26 April 1951 secara resmi Kabinet Soekiman diumumkan. Salah satu program kerjanya yaitu mempercepat persiapan pemilu dan menjalankan politik luar negeri bebas aktif serta memasukan Irian barat kedalam wilayah RI secepatnya. Kabinet ini hanya bertahan selama sepuluh bulan. Kabinet Sukiman jatuh dikarenakan kasus penandatanganan MSA (Mutual Security Act). Hubungan antara penandatanganan MSA dengan kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia adalah….

  1. Penandatanganan MSA merupakan wujud dari penerapan politik bebas aktif
  2. Dengan penandatanganan tersebut Indonesia dianggap condong ke blok timur
  3. Politik bebas aktif Indonesia tidak dapat sejalan dengan bantuan ekonomi MSA
  4. Penandatanganan MSA dipandang telah melanggar politik bebas aktif Indonesia
  5. Sukiman dianggap kurang tegas dalam menerapkan politik bebas aktif dengan penandatanganan MSA

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Jatuhnya Kabinet Sukiman disebabkan oleh adanya kegagalan dalam pertukaran nota keuangan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Achmad Soebardjo dengan duta besar AS Merle Cochran. Kesepakatan bantuan ekonomi dan militer dari AS kepada Indonesia didasarkan pada ikatan Mutual Security Act (MSA). Di dalam MSA terdapat pembatasan terhadap kebebasan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.

Indonesia diwajibkan lebih memperhatikan Amerika, sehingga tindakan Sukiman tersebut dipandang telah melanggar politik luar negeri yang bebas aktif dan dianggap lebih condong ke blok barat dalam perang dingin. Selain itu timbulnya krisis moral seperti korupsi, ketimpangan sosial dan hubungan antara sipil militer yang tidak baik semakin mempercepat jatuhnya kabinet ini. Ditambah dengan perjuangan pembebasan Irian Barat yang juga menemui kegagalan.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Indonesia Masa Awal Kemerdekaan Sampai Terpimpin

Subtopik: Kehidupan Masa Demokrasi Terpimpin

13.Peristiwa G30S/PKI tahun 1965 mengakibatkan terjadinya gejolak sosial-politik di masyarakat. Puncak dari peristiwa tersebut ketika terjadinya demonstrasi terhadap pemerintahan Soekarno yang menuntut diberlakukannya TRITURA. Salah satu tuntutan dalam TRITURA yang berkaitan dengan bidang ekonomi adalah….

  1. Turunkan harga kebutuhan pokok
  2. Menghentikan berbagai proyek pembangunan berskala besar
  3. Nasionalisasi perusahaan asing milik Belanda
  4. Pembagian lahan yang merata kepada para petani
  5. Tolak Undang-Undang Penanaman Modal di Indonesia

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Setelah peristiwa G30S terjadi, keadaan ekonomi dan politik Indonesia mengalami ketidakstabilan. Salah satu dampak dibidang ekonomi adalah harga barang–barang menjadi naik terutama Bahan bakar minyak (BBM). Peristiwa tersebut mendorong mahasiswa untuk melakukan aksi demontrasi pada 12 Januari 1966. Saat itu mahasiswa berdemonstrasi dan menyampaikan tuntutannya kepada pemerintah, yang tuntutan tersebut kemudian dikenal dengan nama TRITURA. Adapun Isi Tritura antara lain:

  1. Bubarkan PKI beserta ormas-ormasnya
  2. Bersihkan kabinet Dwikora
  3. Turunkan harga kebutuhan pokok

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Indonesia Zaman Praaksara

Subtopik: Hasil dan Nilai Budaya Masyarakat

14. Budaya Megalitik di Indonesia sangat berkembang khususnya dalam bentuk menhir dan punden berundak. Keberadaan dua benda tersebut menunjukkan bahwa….

  1. Masyarakat di Nusantara belum mengenal cara bercocok tanam
  2. Masyarakat di Nusantara sudah memiliki tradisi pemujaan terhadap arwah nenek moyang
  3. Kedua peninggalan tersebut merupakan alat bercocok tanam
  4. Peralihan dari pola hidup food gathering ke food producing
  5. Kebudayaan masyarakat semakin maju dengan pola hidup sedenter

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kebudayaan menhir dan punden berundak merupakan peninggalan pada masa Megalitikum. Menhir adalah tugu atau batu tegak, yang ditempatkan disuatu tempat sebagai sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang dan sebagai tempat memperingati kepala suku yang telah meninggal. Sedangkan punden berundak merupakan tempat upacara yang bertingkat-tingkat dimana biasanya upacara-upacara pemujaan diadakan oleh masyarakat pada masa megalitikum. Dua peninggalan tersebut menunjukkan bahwa manusia pada masa Megalitikum sudah mengenal sistem kepercayaan dan mulai memiliki tradisi pemujaan terhadap arwah nenek moyang.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik: Pemikiran dan Peristiwa Penting di Eropa

Subtopik: Renaissance (Seni)

15. Perkembangan Renaissance di Italia salah satunya dipelopori oleh Michelangelo yang menciptakan karya seni terbesarnya, yaitu….

  1. Frankenstein
  2. Sorrow of Young Werther
  3. Statue of David
  4. Monalisa
  5. Desco da Partos

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Secara harfiah Remaisans berarti “kelahiran kembali”. Renaissance adalah sebuah periode ketika di Eropa terjadi gerakan menghidupkan kembali peradaban barat, yaitu kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno. Kota Florence di Italia menjadi kota pelopor Renaissance karena kedudukannya sebagai kota dagang terbesar dan terkaya pada abad ke-13. Renaissance di Italia melahirkan tokoh-tokoh seniman seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, Donatello yang menghasilkan karya seni di bidangnya masing-masing.

Michelangelo berfokus pada karya seni bidang patung dengan karya terbesarnya adalah Statue of David. Karya yang terbuat dari blok marmer besar tersebut menggambarkan seorang pria berdiri tegak dengan cara berdiri contrapposto klasik. Contrapposto, adalah nama teknik dalam dunia seni patung. Teknik ini menghadirkan ilusi, seolah-olah satu kaki patung menyanggah beban di atasnya, kaki yg lain tampak santai, dan tampak sangat natural.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Nah, itulah beberapa kumpulan latihan soal UTBK Sejarah yang bisa kamu jadikan bahan belajarmu untuk persiapan UTBK SBMPTN 2022 mendatang. Mau dapat persiapan ekstra untuk UTBK? Kamu bisa bergabung di dalam #PelatnasUTBK! Dapatkan program harian yang dirancang khusus oleh tim Ruangguru untuk membantu persiapanmu. Tidak hanya materi pelajaran, #PelatnasUTBK juga akan memberikan pelatihan kesiapan mental, sehingga fisik dan mentalmu lebih siap dan optimal. Daftar dengan klik di bawah ini ya.

[IDN] Blog Grup Pelatnas UTBK Ruangguru

Yuk, berlatih lebih banyak soal lagi dengan ikut tryout UTBK di ruangujiPsst, soal-soal dan sistem penilaiannya sama seperti UTBK aslinya, lho! Yakin nggak mau cobain?

[IDN] Blog Grup Pelatnas UTBK Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D