Present Perfect Tense dan Fungsinya | Bahasa Inggris Kelas 9

Bahasa Inggris kelas 9 materi tentang perfect tense

Melihat anaknya yang terengah-engah dengan lutut terluka sepulang anak, membuat sang ibu bingung dan khawatir. “What happen to you, Teddy?” tanya sang ibu. “I have injured myself because of a wild dog”, jawab sang anak.

Squad, dalam percakapan mengenai kejadian yang dialami Teddy tadi, terdapat tenses yang digunakan. Kira-kira tenses apa ya? Nah, tenses yang digunakan adalah Present Perfect Tense. Hal ini dapat kamu lihat dari pernyataan “I have injured myself”. Tenses ini mempunyai beberapa fungsi atau manfaat. Apa saja? Yuk, kita lihat.

Fungsi Present Perfect Tense

1. Menyatakan suatu kegiatan, tindakan yang baru saja terjadi sehingga hasilnya atau akibat dari tindakan tersebut masih dapat dilihat hingga saat dibicarakan.

Contoh: “I have opened the door” (Saya telah membuka pintu itu.)

  1. Menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang telah selesai pada saat yang tidak tertentu di waktu lampau, tetapi waktu terjadi peristiwa tersebut tidak dipentingkan. Yang paling penting adalah hasil dari perbuatannya sekarang.

Contoh: “She has locked the door and now I can’t open it.” (Dia telah mengunci pintu itu dan sekarang aku tidak bisa membukanya.)

  1. Menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang telah terjadi tetapi waktu terjadinya peristiwa itu belum habis. Pada saat bicara waktunya atau harinya masih termasuk dalam bulan yang dimaksud, jadi belum selesai.

Contoh: “She has written two novels this month.” (Dia telah menulis dua novel bulan ini.)

  1. Menyatakan suatu perbuatan ulangan pada waktu yang tidak tertentu sebelum sekarang. Pada umunya bentuk kalimat ini sering diikuti oleh kata: before (sebelum), already (sudah), ever (pernah), never (tidak pernah), again (lagi).

Contoh: “You have never been here.” (Kamu tidak pernah ke sini)

Baca juga: Future Continuous Tense dan Fungsinya

  1. Menyatakan suatu kegiatan, tindakan atau peristiwa yang sudah terjadi pada waktu lampau dan masih terjadi pada saat sekarang dan yang akan datang. Biasanya, ditandai dengan keterangan waktu since.

Contoh: “Grandmother has been here since yesterday.” (Nenek  telah berada di sini sejak kemarin.)

  1. Menunjukan perbuatan yang telah selesai pada waktu singkat. Pada umumnya sering digunakan kata-kata: at last (akhirnya), finally (akhirnya), just (baru saja).

Contoh: “You have just met me.” (Kamu baru saja bertemu saya.)

  1. Menunjukan perbuatan yang telah dilakukan selama beberapa kali (terjadi perulangan) dan biasanya ditandai dengan kata keterangan once, twice, three times, four times, dan seterusnya.

Contoh: “They have joined the national competition three times.” (Mereka telah mengikuti pertandingan nasional sebanyak tiga kali.)

  1. Menunjukan perbuatan yang telah selesai dalam durasi tertentu. Pada umumnya sering digunakan preposisi for.

Contoh: “She has lived her for ten years.” (Ia telah tinggal di sini selama sepuluh tahun.)

present perfect tense

Struktur Present Perfect Tense

A. Kalimat Verbal

1. kalimat positif

Subject + Aux. verb (have/has) + Verb3

Riri has repeatedly sung this love song since yesterday

2. kalimat negatif

Subject + Aux. verb (have/has) + not + Verb3

They have not told me about this story before

3. kalimat interogatif

Aux. verb (have/has) + subject + Verb3 + ?

Have you called him twice?”

Jawaban:    “Yes, I have” atau “No, I haven’t”

B. Kalimat Nominal

1. kalimat positif

Subject + Aux. verb (have/has) + been

You have been a singer since 2014

2. kalimat negatif

Subject + Aux. verb (have/has) + not + been

I haven’t been here since yesterday

3. kalimat interogatif

Aux. verb (have/has) + subject + been + ?

Has he been away from home before?”

Jawaban:    “Yes, he has” atau “No, he hasn’t”

Exercise 1

I have ____ a letter for two hours

  1. wrote
  2. write
  3. written
  4. writing

Jawaban: C

Pembahasan:

Pilihan jawaban (C) paling tepat karena setelah kata “have/has” selalu diikuti kata kerja ketiga (Verb3) dalam present perfect tense. Untuk pilihan jawaban (A) biasanya digunakan dalam pas tense, (B) digunakan dalam present tense, sedangkan (D) biasa digunakan untuk continuous tense.

Bagaimana Squad? Semoga kamu semakin paham ya. Agar semakin paham, jangan malas untuk berlatih soal. Rajin berlatih akan membuat kamu semakin mudah jika menemukan contoh kalimat atau soal-soal mengenai Present Perfect Tense. Yuk, latih kemampuanmu dengan soal-soal di ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar