Procedural Text Berbentuk Food and Beverage Recipe

Bahasa Inggris kelas 9 materi tentang procedural text

Laura: What are you getting, Martha?

Martha: I need to get a cabbage, some fish and some fruit.

Squad, tahukah kamu percakapan di atas itu tentang apa? Yap, percakapan tadi biasanya terjadi di pasar swalayan atau pasar tradisional karena berhubungan dengan makanan yang ingin dibeli. Kok makanan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang Procedural Text yang berkaitan dengan makanan dan minuman atau Food and Beverage Recipe.

Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai contoh teks prosedur pada label obat. Sekarang kita akan membahas apa saja yang ada di dalam sebuah teks prosedural yang berisi langkah-langkah bagaimana cara membuat Vegetable Salad with Peanut Sauce alias Gado-gado.

Struktur Procedure Text Food and Beverage Recipe

Secara umum, dalam procedure text terdapat struktur yang perlu ada agar dapat menjadi sebuah teks yang tersusun dan tertata dengan rapih sehingga menghasilkan hasil makanan yang baik. Apa saja?

  1. Goal (tujuan)
  2. Materials (bahan-bahan), di sini juga dapat berupa Ingredients dan Utensil
  3. Steps (langkah-langkah)

Langkah-langkah memasakLangkah-langkah memasak (Sumber: leafly.com)

Pembahasan Food and Beverage Recipe

1. Goal

goals

Judul dalam sebuah procedural text merupakan tujuan seorang penulis dalam membuat teks tersebut. The Goal is how to make a homemade vegetable salad with peanut sauce at home.

2. Materials

ingredients

Bagian ini disebut sebagai ingredients atau bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat apa saja isi gado-gado dan saus kacangnya. Seperti yang bisa kamu lihat, di sini kita bisa menggunakan frasa untuk menjelaskan kondisi dari kata benda yang menjadi bahan tersebut. Misalnya cut into cubes, roughly chopped, dan thinly sliced.

Sekarang mari kita lanjut ke alat-alat apa saja yang digunakan, seperti yang terlihat di bawah ini.

utensils

Ternyata, materials yang ada dalam sebuah food recipe tidak hanya berupa ingredients atau bahan dasar makanannya saja, Squad. Melainkan terdapat pula utensils atau perlengkapan memasak yang digunakan.

3. Steps

Bagian terakhir adalah steps atau langkah-langkah pembuatan dari awal hingga akhir membuat gado-gado.

steps

Squad, apakah kamu memerhatikan dalam langkah-langkah tadi terdapat penggunaan suatu kata imperative? Imperative sentence merupakan tipe kalimat yang digunakan untuk membuat perintah (command), permintaan (request), atau petunjuk (direction). Nah, kali ini kata imperative yang digunakan dalam procedural text di atas seperti kata place (tempatkan), grind (haluskan), add (tambahkan), boil (rebuskan), dan lain-lain.

Latihan Soal

Exercise 1

lemonade

These are the steps to make lemonade, except …..

  1. Add some seeds
  2. Add water and stir well
  3. Add some sugar if needed
  4. Slice a lemon into two pieces and squeeze the juice into a cup

Jawaban: A

Pembahasan: Untuk membuat lemonade kita perlu melakukan beberapa tahapan seperti memotong lemon menjadi 2 bagian, menambahkan air dan mengaduknya hingga tercampur rata serta menambahkan gula bila perlu. Namun, kita tidak bisa “add some seeds” atau menambahkan biji lemon melainkan harus membuangnya atau “take out the seeds”.

Squad, tidak sulit ‘kan untuk mengenali procedure text berupa food recipe tadi? Cobalah kamu cari procedure text lainnya dalam membuat makanan atau minuman, dan pelajari bagian-bagiannya ya! Banyak berlatih akan membuatmu semakin menguasai dan semakin mudah dalam mengidentifikasi sebuah teks. Yuk, perbanyak latihanmu melalui ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar