5 Profesi Paling Dicari di Indonesia Versi Nadiem Makariem dan Pilihan Jurusannya

Shabrina Alfari Feb 13, 2020 • 5 min read


profesi paling dicari versi nadiem makarim

Artikel ini memberikan informasi lima profesi yang paling dicari di Indonesia saat ini menurut Nadiem Makariem berserta pilihan jurusannya

--

Sebelum memilih jurusan, tentu kamu harus mempertimbangkan peluang kerja dari jurusan tersebut. Nah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebutkan lima pekerjaan yang dianggap paling hot dan dicari di Indonesia saat ini. 

Mas Menteri Nadiem pun meyakini, masyarakat yang memilih bidang itu tidak mungkin tidak mendapatkan pekerjaan karena peluangnya sangat besar. Wah, pasti kamu penasaran 'kan apa saja profesi yang paling dibutuhkan menurut Nadiem Makarim? Ayo, disimak ya.

Baca juga: 8 Peluang Kerja yang Menerima Lulusan dari Semua Jurusan

1. Analist

profesi paling dicari versi nadiem makarimAnalist (Sumber: theuncommonleague.com)

Analist merupakan profesi yang tugas kerjanya adalah menerjemahkan data menjadi laporan yang bisa dengan mudah dimengerti oleh orang awam untuk kebutuhan pengambilan keputusan. Seorang analist memiliki peluang kerja yang sangat luas di berbagai bidang, mulai dari teknologi, politik, kesehatan, ekonomi, marketing, bisnis, dan sebagainya. Di bidang apapun, seorang analist harus bisa membedah, menguraikan, memilah, dan menerjemahkan data. Akibat tugasnya ini, analist harus memiliki kemampuan dalam memahami data dan informasi.

profesi paling dicari versi nadiem makarimAnalist (Sumber: glints.com)

Sebetulnya siapa pun dari latar belakang apa pun bisa menjalani profesi ini. Biasanya, yang menjadi analist adalah seorang lulusan matematika. Namun, para lulusan dari jurusan lain seperti ekonomi, teknik informatika, atau bahkan humaniora juga bisa lho menjadi seorang analist.

2. Researcher

profesi paling dicari versi nadiem makarimResearcher (Sumber: buckets.co)

Sama seperti namanya, profesi ini bertugas untuk mencari atau menemukan ide-ide baru yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Sebagai seorang researcher, kamu perlu memiliki ketekunan dan juga konsistensi. Kamu juga harus punya rasa ingin tahu yang tinggi. Sebab, kamu akan banyak bekerja dengan data atau informasi baru yang harus dianalisis untuk kemudian disampaikan kepada perusahaan.

profesi paling dicari versi nadiem makarimResearcher (Sumber: thoughtco.com)

Setiap lulusan dari jurusan apapun bisa menjadi seorang researcher di berbagai bidang. Berbekal kemampuan analisis yang baik dan rasa ingin tahu yang tinggi, kamu sudah bisa menjadi seorang researcher profesional.

3. UX Designer

profesi paling dicari versi nadiem makarimUX Designer (Sumber: clearpnt.com)

Apa itu UX Designer? UX sendiri merupakan kepanjangan dari User Experinece. Profesi yang satu ini sangat disukai oleh milenial, sebab semakin banyak perusahaan berbasis digital yang membuka layanan lewat aplikasi atau web. Seorang UX Designer akan bertanggung jawab membuat desain aplikasi atau web yang dapat menyesuaikan dengan perilaku dan kebutuhan pengguna atau konsumen sebuah perusahaan. Sebagai UX Designer, kamu harus mempertimbangkan faktor kenyamanan pengguna tanpa mengesampingkan sisi estetika.

profesi paling dicari versi nadiem makarimResearcher (Sumber: think360studio.com)

Desain UX sebetulnya memiliki hubungan yang dekat dengan jurusan Desain atau Desain Komunikasi Visual (DKV). Namun, para lulusan dari jurusan lain juga bisa kok menekuni profesi ini asalkan kamu memiliki skill atau portofolio yang bagus di bidang tersebut.

4. Software Engineer

profesi paling dicari versi nadiem makarimSoftware Engineer (Sumber: tweakyourbiz.com)

Profesi Software Engineer memiliki tugas untuk membangun produk perangkat lunak yang umumnya bisa kita temukan berupa aplikasi di layar handphone. Seseorang yang bekerja pada profesi ini akan mengawali pekerjaannya dengan melakukan analisis kebutuhan pengguna. Kemudian mereka akan mendesain, mengkonstruksi, dan menguji aplikasi menggunakan bahasa pemrograman sesuai kebutuhan pengguna.

profesi paling dicari versi nadiem makarimSoftware Engineer (Sumber: consignor.no)

Untuk menjadi ahli di bidang ini, kamu bisa mengambil jurusan Software Engineering. Emang ada? Ada! Program studi ini akan mempelajari prinsip dan teknik mendesain perangkat lunak yang tepat guna. Selain jurusan Software Engineering, kamu juga bisa mengambil jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan sebagainya.

5. Product Management

profesi paling dicari versi nadiem makarimProduct Management (Sumber: mediabistro.com)

Inti dari pekerjaan Product Manager adalah menghasilkan produk baru dengan kualitas baik yang dapat diterima oleh pasar, dan juga strategi bisnis dari produk tersebut. Bidang yang satu ini semakin banyak diminati karena pertumbuhan teknologi yang semakin pesat.

profesi paling dicari versi nadiem makarimProduct Management (Sumber: filemagz.com)

Untuk terjun ke profesi ini sebetulnya ada banyak skills yang harus kamu miliki. Di antaranya adalah bisnis, UX alias User Experinece, dan Teknologi. Kamu bisa mengambil jurusan Teknik Informatika, Business, Marketing, atau Manajemen. Selain itu, penting untuk kamu sering mengasah kemampuan analisis yang akan berguna di dunia kerja.

Apakah kamu tertarik dengan salah satu profesi yang paling dibutuhkan di Indonesia versi Nadiem Makarim tadi? Selain dengan memilih jurusan yang tepat, kamu juga harus rajin mengikuti berbagai pelatihan khusus yang akan mengasah skill kamu di beberapa bidang di atas.

Yuk, persiapkan diri untuk bisa masuk ke jurusan yang sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini dan melewati berbagai ujian seleksi masuk perguruan tinggi dengan bantuan video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar