Profil Grand Finalis Ruangguru Champion Tingkat SMA

Rabia Edra

Oct 6, 2019 • 4 min read

Cerita Juara


ruangguru champion

Artikel ini membahas tentang profil siswa SMA yang berhasil memasuki babak Grand Final Ruangguru Champion.

--

Hi, sudah tahukah kamu kalau saat ini Ruangguru sedang mengadakan kompetisi nasional yang diikuti oleh siswa-siswa berprestasi SMP dan SMA dari seluruh Indonesia? Yap, ajang ini bernama Ruangguru Champion 2019! Nah, setelah melewati babak regional round pada bulan Agustus lalu dan juga semifinal di bulan September ini. Kini, telah diperoleh 5 grand finalis terpilih yang berasal dari Kota Pekanbaru, Palembang, Mataram, Tangerang Selatan, dan Jakarta. Siapa sajakah mereka? Adakah salah satunya teman-temanmu? Kita kepoin yuk profil mereka!

1. Fadhil - SMA Negeri 8 Pekanbaru

ruangguru champion

Dikenal memiliki semangat tinggi oleh orang-orang terdekatnya, Fadhil terbiasa belajar tanpa harus didampingi sejak duduk di kelas 4 SD. Anak kedua dari tiga bersaudara ini juga mempunyai ketertarikan pada dunia sains dan matematika yang dibuktikannya pada beragam kompetisi pelajar pada skala nasional hingga internasional.

Beberapa kejuaraan yang pernah dimenangkan oleh siswa kelas XI ini antara lain, World Mathematics Invitational 2017 di Vietnam dengan memperoleh Bronze Medal dan Juara II Olimpiade Sains Provinsi (OSP) Riau 2019. Saat dewasa nanti, ia bercita-cita untuk berkontribusi di dunia teknologi dalam negeri dengan menjadi seorang programmer.

2. Bernard - SMA Ignatius Global School Palembang

ruangguru champion

Disebut sebagai Sang Penakluk Matematika, siswa kelas XI ini mengaku sedari SD sudah senang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Hal tersebut berlanjut di tingkat SMP serta SMA, dan berbuah hasil dengan mengantongi medali perak pada tahun 2017 dan medali perunggu di tahun 2019. 

Namun menurut Ibunda, sebenarnya Bernard didukung dalam mengikuti setiap perlombaan agar ia bisa menambah teman dan juga wawasan. “Jadi pintar itu nggak cukup, masih ada yang lebih penting yaitu moral dan lingkungan sosial,” ucap Ibunda. Oleh karena itu, kesehariannya tak hanya belajar. Ia juga diminta untuk selalu membantu orang tua dan bermain dengan teman sebaya.

3. Kyle - SMA Negeri 1 Mataram

ruangguru champion

Champion yang satu ini sebelumnya sudah menyabet medali emas pada tiga kompetisi Matematika, yaitu pada OSN Tingkat Kota 2019 bidang Matematika, World Mathematics Invitational di Jepang tahun 2019, dan Singapore and Asian Schools Mathematics Olympiad.⁣ ⁣⁣Walau sudah meraih pencapaian-pencapaian gemilang tersebut, Kyle tetap semangat untuk menggapai pencapaian lain. Apa sih yang mendorong dia untuk terus berprestasi?

Anak sulung dari dua bersaudara ini ingin membuat orang tua bangga, dengan terus melakukan yang terbaik di mana pun. Baginya, setiap ajang kompetisi, dijadikan sebagai pengalaman berharga yang pasti berguna untuk di kemudian hari. Semakin sering mengikuti perlombaan, maka semakin banyak pula ia belajar untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pada diri sendiri.

4. Hafizh - MAN Insan Cendekia Serpong

ruangguru champion

“Harus bersaing sehat dengan teman” menjadi acuan yang dipercaya Hafizh dalam setiap melewati babak seleksi kompetisi selama ini. Sang Bunda juga mengajarkan bahwa ia harus berjuang untuk mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan. Nilai-nilai yang ditanamkan dalam kesehariannya inilah yang membawanya menjadi siswa terbaik paralel dari MAN Insan Cendekia Serpong.

Selain itu, pria kelahiran 19 Juni 2003 silam ini juga memiliki bakat menulis dan pernah memenangkan juara kategori Best Essay dalam sebuah festival bahasa Inggris. Menurutnya, semua pencapaian yang sudah diraih saat ini adalah bekal untuk mendapatkan sekolah yang lebih baik lagi yaitu menembus PTN impiannya. Untuk saat ini, harapannya ingin terus sehat agar dapat membanggakan kedua orang tua.

5. Vedhino - SMA Negeri Unggulan M.H Thamrin

ruangguru champion

Bukan hanya sekadar cerdas, tumbuh menjadi anak yang periang dan memiliki banyak teman juga merupakan hal yang identik dengan Vedhino. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, ia kerap menjadi juara umum sekolah dengan memperoleh nilai Ujian Nasional tertinggi. Prestasinya kian konsisten hingga saat ini, baru-baru ia meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Fisika 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Sekolah SMAN Unggulan M.H Thamrin menyampaikan bahwa Vedhino memang dikenal memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, orang tuanya tak ingin ia menjadi pintar dan lupa berbagi pada yang membutuhkan. Sudah menjadi tugasnya untuk mendukung belajar teman-teman serta kedua adiknya yang saat ini masih duduk di bangku SD dan SMP. 

Wah, prestasi kelima champion ini luar biasa ya! Mana nih yang jadi favoritmu? Jangan lupa saksikan pertandingan mereka hari Sabtu ini, pukul 15.00 di GTV. Eits, mau juga pintar dan beprestasi seperti Bernard, Fadhil, Kyle, Hafizh, dan Vedhino? Yuk, belajar bareng ruangbelajar dengan video animasi, latihan topik, rangkuman berinfografis, dan nggak ketinggalan juga ada bank soal semua pelajaran, lho

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts