Program Kerja dan Kemunduran Kabinet Ali Sastroamidjojo 2 | Sejarah Kelas 12

LINE 1100x344_TemplateECP_V4_18092017-27-2.jpg

Hai teman, sebelumnya kita telah membahas program kerja dan alasan turunnya  Kabinet Ali Sastroamidjojo 1, lho. Apakah kamu sudah membaca artikel tersebut? Menurutmu, alasan apa ya yang membuat Presiden Soekarno menyerahkan kembali mandatnya kepada Ali Sastroamidjojo sehingga membentuk Kabinet Ali Sastroamidjojo 2? Simak artikel ini ya. Kamu akan tahu berbagai program kerja serta kemunduran kabinet Ali!

Latar Belakang Dibentuknya Kabinet Ali Sastroamidjojo 2

Ternyata, Pemilu DPR 1955 yang diselenggarakan dalam Kabinet Burhanuddin Harahap dimenangkan oleh 4 partai yaitu PNI, NU, Masyumi, dan PKI. Nah, berhubung PNI yang diketuai oleh Ali Sastroamidjojo berhasil memenangkan suara terbanyak, maka ia dipercayai kembali untuk menjabat sebagai Perdana Menteri dan memimpin kabinet. Selama periode jabatan dari 20 Maret 1956 – 14 Maret 1957, Ali Sastroamidjojo didampingi oleh Mohammad Roem dan Idham Chalid sebagai wakilnya.  Lalu, apa saja sih program pokok Kabinet Ali Sastroamidjojo?

ali sastroamidjojo 2

 

Sayangnya, Kabinet Ali Sastroamodjojo 2 kembali menyerahkan mandatnya kepada Presiden Soekarno. Salah satu alasan utamanya adalah karena terjadi perpecahan antara PNI dan Masyumi. Penyerahan mandat tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 1957. Menariknya, Masyumi menghendaki agar Ali Sastroamidjojo menyerahkan mandatnya kepada presiden sesuai dengan tuntutan daerah. Padahal, Ali Sastroamidjojo berpendapat bahwa kabinet tidak wajib mengembalikan mandatnya hanya karena tuntutan daerah. Januari 1957, Masyumi akhirnya mengambil tindakan untuk menarik semua menterinya dari Kabinet Ali Sastroamidjojo dan hal tersebut membuat kabinet Ali Sastroamidjoyo 2 ini semakin lemah.

Nah, dari segi program kerja, kita dapat disimpulkan bahwa pengembalian Irian Barat kepada Republik Indonesia menjadi program yang tidak terealisasikan semasa dua periode Kabinet Ali Sastroamidjojo.

Penasaran dengan timeline lengkap kabinet kerja pemerintahan Indonesia? Kamu bisa bertanya dan mendapat penjelasan lebih lengkap belajar menggunakan ruangbelajar di aplikasi Ruangguru lho!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Hartanto, H. (2005) Sejarah Pertentangan Soekarno-Hatta dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Politik Indonesia(1956-1965). Semarang: Universitas Negeri Semarang [Daring]. Tautan:https://123dok.com/document/nzw1ekvq-sejarah-pertentangan-soekarno-pengaruhnya-terhadap-kebijakan-politik-indonesia.html (Diakses 27 November 2020)

Simanjuntak, P. N. H. (2003). Kabinet-Kabinet Republik Indonesia: Dari Awal Kemerdekaan Sampai Reformasi. Jakarta: Djambatan

Artikel diperbaharui 27 November 2020

Raisha Fatya