Program Kuliah Online: Sistem Belajar E-Learning di Mana dan Kapan Saja

Shabrina Alfari

Sep 12, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


kuliah online

Artikel ini membahas seluk-beluk tentang program kuliah online, mulai dari cara belajar hingga tipe-tipenya

--

Apa sih pendapat kamu tentang kuliah online? Teknologi yang semakin canggih membuat ilmu tidak lagi terbatas jarak dan waktu. Untuk mendapatkan ilmu tak hanya dengan duduk di dalam kelas, tetapi dengan laptop dan internet kamu pun sudah bisa kuliah. Sejak tahun 2017 lalu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir sempat menyampaikan bahwa perguruan tinggi Indonesia harus mengembangkan sistem kuliah e-learning. Lalu, seperti apa ya belajar di kuliah online dan apa saja tipe-tipenya?

Baca juga: Mengapa Perlu Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis E-Learning? 

Cara belajar di kuliah online

Apabila kuliah konvensional memberlakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka di kampus, maka kuliah online menerapkan sistem e-learning alias kegiatan belajar dengan media internet. Dalam perkuliahan online, mahasiswa tidak dituntut untuk datang secara rutin ke kampus. Sistem ini pun membuka kesempatan bagi mereka yang sibuk bekerja untuk kembali mengenyam pendidikan tinggi. Kuliah online sudah banyak dilakukan di kampus-kampus, termasuk Indonesia. Namun, pelaksanaannya bisa sangat berbeda-beda.

kuliah onlineBelajar online (Sumber: usnews.com)

Banyak yang menganggap bahwa waktu kuliah di kuliah online lebih fleksibel. Eits, jangan salah! Seperti yang dikutip dari kompas.com, Deputy Director Binus Online Learning Agus Putranto mengatakan, bahwa pembelajaran sistem online juga memiliki jadwal ketat sama seperti kuliah regular.

Di sistem online, mahasiswa tetap memiliki jadwal tatap muka bersama dosen yang biasanya menggunakan video conference. Tak hanya itu, kelas diskusi dalam chat room juga rutin diadakan. Keaktifan mahasiswa di dalam kelas diskusi pun masuk dalam penilaian. So, kamu tetap harus disiplin mematuhi jadwal-jadwal penyerahan tugas, kelas virtual (video conference), diskusi kelompok, dan lainnya.

Ada 3 tipe kuliah online

Tahukah kamu bahwa setidaknya ada tiga tipe kuliah online yang bisa diakses oleh mahasiswa Indonesia. Apa saja? Yuk, kita lihat penjelasannya seperti yang dilansir dari Youthmanual berikut ini.

1. Program kuliah online dari masing-masing kampus

Program kuliah online yang dibedakan dengan kuliah reguler ini biasanya diselenggarakan oleh pihak kampus. Salah satu contoh dari program ini adalah program Binus Online Learning. Jika kamu mendaftar pada program ini, maka kamu bisa menjalani kuliah kapan saja dan di mana saja. Mulai dari belajar materi kuliah, tugas, kuis, semua bisa kamu akses secara online.

kuliah onlineBinus Online Learning (Sumber: binus.ac.id)

Pada program Binus Online Learning ini, terdapat tiga fitur chat room berbeda untuk berdiskusi dengan anggota kelas, berkomunikasi personal dengan dosen, serta untuk diskusi kelompok. Selain itu, ada kuliah yang dilakukan secara real time (live) dengan perantara internet. Walaupun begitu, tetap ada kok kuliah onsite alias tatap muka di kelas yang dilakukan sesekali.

2. Kuliah online sebagai penunjang dari kuliah tatap muka

Ada perguruan tinggi yang menerapkan sistem kuliah online untuk mendukung perkuliahan tatap muka. Pada sistem ini, teknologi dan konsep kuliah online dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan. Untuk kuliahnya sendiri bisa dikombinasikan antara online dan tatap muka, meskipun biasanya tetap lebih banyak tatap muka. Nah, salah satu kampus yang memberlakukan sistem ini adalah Universitas Indonesia dengan program SCELE (Student Centered E-Learning).

kuliah onlineKelas online sebagai penunjang kuliah tatap muka (Sumber: youthmanual.com)

SCELE bisa menjadi tambahan untuk kelas tatap muka atau bisa juga sesekali menggantikan kelas tatap muka. Selain itu, SCELE juga kerap dimanfaatkan untuk meng-upload modul atau materi kuliah, presentasi kelompok, hingga tugas kuliah.

3. Kuliah online non gelar

Saat ini banyak kampus yang membuka kuliah online untuk berbagai subjek. Tak hanya dari kampus dalam negeri, banyak juga kelas online dari kampus top di luar negeri lho, seperti MIT, Harvard, Berkeley dan sebagainya. Kelasnya ada yang berbayar dan aja juga yang gratis atau menyediakan beasiswa. Biasanya, kuliah ini nggak memberikan gelar dan hanya memberikan sertifikat.

kuliah onlineKelas online di Harvard (Sumber: poetsandquants.com)

Serunya, mata kuliah di kelas online ini biasanya lebih menarik dan nggak bisa kamu temukan di kampusmu. So, lumayan banget ‘kan kamu bisa mendapatkan ilmu baru dari kampus-kampus top di dunia?

Kuliah memang bukan hanya untuk mencari ilmu saja, tetapi juga tempat untuk kamu menambah pengalaman dan juga relasi sosial. Kalau kamu, apakah kamu tertarik untuk mengambil kuliah online? Sebelum memutuskan, ayo terus persiapkan diri untuk masuk ke jurusan dan kampus impian kamu bersama ruangbelajar. Di sini kamu juga bisa lho belajar dengan video beranimasi di mana saja dan kapan saja sesuai keinginanmu seperti kuliah online di kampus.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts