Seleksi Tahap Akhir Ruangguru Management Associate Program (MAP), Program MT Perdana Ruangguru

Naya Dini

May 31, 2019 • 4 min read

sukses kerja Siaran Pers & Event


mt

Artikel ini berisi tentang keseruan proses seleksi Ruangguru Management Associate Program Gelombang I. Serta testimoni para peserta mengenai program tersebut.

--

Untuk pertama kalinya, Ruangguru mengadakan program akselerasi pengembangan karier bagi para fresh graduate atau yang setidaknya memiliki usia karier maksimal dua tahun untuk dipersiapkan ke level manajemen di perusahaan. Program ini bernama Ruangguru Management Associate Program (MAP). Tidak hanya untuk pemuda di Indonesia, program MAP ini juga terbuka bagi anak muda dengan kewarganegaraan lain di Asia Tenggara. Antusiasme masyarakat sangat terlihat dari ribuan aplikasi yang masuk hanya dalam dua minggu dibukanya pendaftaran.

mtTiga dari delapan peserta MAP yang mendapat undangan seleksi tahap akhir

Setelah melalui berbagai tahap seleksi yang kompetitif, terpilih lah sebanyak delapan kandidat terbaik untuk diundang menghadiri seleksi tahap akhir Super Challenge Day di kantor Ruangguru HQ, Jakarta. Rangkaian kegiatan dimulai dengan special test oleh departemen Human Resource dan perkenalan program MAP oleh Ritchie, VP of Business Operations Ruangguru.

“Program MAP ini merupakan program untuk mempersiapkan future leaders bagi perusahaan dengan beragam rancangan program yang challenging agar Ruangguru semakin terkemuka di dunia internasional,” jelas Ritchie. Kesempatan mentoring oleh para manajer dan C-level selama bekerja nanti merupakan salah satu privilege yang didapatkan oleh para peserta MAP tersebut.

MTPara peserta MAP berkesempatan untuk mendapatkan sesi langsung bersama Iman Usman

Sesi selanjutnya ialah Design Sprint bersama Iman Usman, Co-Founder & CPO Ruangguru. Bagi Mega, salah satu peserta MAP, merupakan sebuah pengalaman berharga dapat berinteraksi secara langsung dan mendapatkan berbagai ilmu baru dari sosok yang diidolakannya selama ini. Pada sesi tersebut, para peserta dibagi ke dalam dua kelompok berbeda dan melakukan user interview bersama dua orang pengguna Ruangguru yang didatangkan langsung dari Makassar dan Jakarta. Di dalam sesi ini, peserta dapat merasakan langsung seperti apa menjadi bagian dari tim Ruangguru dan memutar otak untuk menciptakan inovasi baru. Sesi ini berakhir dengan presentasi antar tim kepada para juri panel.

mtSalah satu kelompok (Alpha) melakukan presentasi hasil diskusi gagasan inovasi

Setelah melakukan penilaian dalam bentuk tim, kini saatnya untuk para juri mengeksplor kandidat secara individu. Masing-masing peserta dipanggil ke ruangan yang berbeda untuk diwawancarai oleh para manajer dan C-level Ruangguru. Kriteria apa saja yang dicari oleh para juri panel? Kandidat diharapkan memiliki sifat yang kolaboratif, introspektif, dan berjiwa entrepreneurial, seperti yang berkali-kali diucapkan oleh Belva Devara, Co-Founder & CEO Ruangguru.

Baca juga: #LifeatRuangguru: Agus, dari Housekeeper, Buruh Pabrik, hingga jadi Master Teacher Kimia Ruangguru

Tidak heran bisa sifat ini menjadi nilai yang ditanamkan pada seluruh karyawan di Ruangguru (CHIEF atau Collaborative, Human Centric, Introspective, Entrepeneurial, dan Fun). Sesi interview ini dilakukan secara paralel dengan perkenalan oleh seluruh divisi yang ada di Ruangguru. Peserta diperbolehkan bertanya apa saja seputar job description dan hal teknis lainnya dari setiap divisi. Hal ini sangat bermanfaat untuk para peserta karena mereka akan menentukan preferensi divisi untuk dipilih.

mtPara peserta MAP mingle bersama perwakilan dari setiap divisi di Ruangguru

Rangkaian tes diakhiri dengan acara town hall dan buka puasa bersama kantor Ruangguru Jakarta (sebelumnya telah dilaksanakan buka puasa bersama kantor Ruangguru Yogyakarta). Suasana yang kekeluargaan di Ruangguru membuat para peserta MAP senang dapat menjadi bagian dari tim Ruangguru.

MT

Tertarik untuk mengikuti kesuksesan mereka di program Ruangguru Management Associate Program? Tunggu seleksi gelombang berikutnya, ya! Selain program tersebut, Ruangguru juga membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada Anda untuk bergabung dan berinovasi di dunia pendidikan Indonesia. Klik gambar di bawah ini untuk cari posisi yang Anda inginkan!

lowongan kerja guru

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi Indonesia berbasis pendidikan nomor satu dan telah memiliki lebih dari 12 juta pengguna. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Beri Komentar

Recent Posts