Ikut Program Summer Courses dari DAAD untuk Asah Kemampuan Bahasa Jerman Kamu

Sofia Nur Fauziah Nov 11, 2020 • 7 min read


DAAD University summer course 2020

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait DAAD University Summer Courses untuk mahasiswa S1 dan S2.

---

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata Jerman? Yap, Jerman adalah negara yang terkenal dengan kemajuan sektor pendidikannya. Oleh sebab itu, banyak pelajar dari seluruh dunia yang ingin menempuh pendidikan di Jerman. Kamu salah satunya ‘kan? Nah, kamu bisa mencoba University Summer Courses yang diselenggarakan oleh German Academic Exchange Service (DAAD). 

University Summer Courses adalah program beasiswa exchange untuk mahasiswa internasional. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang bahasa Jerman. Mahasiswa yang terpilih juga akan berkesempatan untuk menambah relasi dan belajar kebudayaan baru dari berbagai negara di dunia. Wah, sudah terbayang ‘kan serunya? Yuk, simak detail informasinya berikut ini. 

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Gratis di Yayasan Pendidikan Internasional

mahasiswa jermanMahasiswa di salah satu universitas Jerman (Sumber: daad.id)

Cakupan Beasiswa 

  1. Program ini mendanai kehadiran pada kursus bahasa, bidang studi, maupun kursus bahasa/terminologi yang ditawarkan oleh universitas negeri atau universitas Jerman di negara bagian, serta sekolah bahasa yang berafiliasi. Kamu dapat menemukan kursus dan program di website DAAD
  2. Pembayaran beasiswa dilakukan sekali, yaitu sebesar €1.061 (Rp 17.900.000). Bagi peserta yang terdaftar di Least Developed Countries akan menerima pembayaran sebesar €1.236 (Rp 20.900.000)
  3. Pembayaran tunjangan negara khusus (kecuali Eropa Barat) dapat kamu lihat detailnya di Tunjangan Perjalanan

 

Persyaratan Beasiswa

  1. Peserta merupakan mahasiswa S1 atau S2 dengan bidang studi apapun
  2. Mahasiswa S1 harus menyelesaikan minimal dua tahun akademik pembelajaran di universitas asal
  3. Peserta berusia minimal 18 tahun
  4. Peserta merupakan mahasiswa  dari universitas di berbagai negara (kecuali Jerman)
  5. Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tentang Jerman atau bahasa Jerman lebih diutamakan
  6. Peserta yang terpilih harus bisa mengikuti perkuliahan dan berkolaborasi menggunakan bahasa Jerman
  7. Peserta harus mengirimkan bukti kemampuan bahasa Jerman. Sertifikat bahasa Jerman yang berlaku tidak boleh lebih dari dua tahun
  8. Sertifikat bahasa Jerman yang dapat diterima adalah onSET-Deutsch, TestDaF, Goethe Institut-Nachweis, DSD, DSH, telc Deutsch, ÖSD-Zertifikat, German Abitur (hanya untuk kursus bahasa khusus teknis)
  9. Peserta harus memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal pada level B1

 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan 

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran secara online
  2. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae lengkap dalam bentuk tabel (dalam bahasa Jerman)
  3. Motivation Letter (dalam bahasa Jerman)
  4. Salinan ijazah cuti kuliah (untuk mahasiswa S1) atau ijazah S1 (untuk mahasiswa S2). Apabila tersedia, keduanya dikirimkan dengan nilai akhir (dalam bahasa Jerman atau Inggris)
  5. Bukti kredit semester dalam dua tahun terakhir (dalam bahasa Jerman atau Inggris)
  6. Sertifikat kemampuan bahasa (diartikan dalam bahasa Jerman atau Inggris, jika berlaku)
  7. Dokumen lain yang menurut kamu relevan dapat dikirimkan menggunakan bahasa Jerman atau Inggris, jika berlaku (misal surat keterangan kerja, bukti penempatan, dan sebagainya)

 

Catatan 

  1. Akibat pandemi Covid-19, ujian onSET-Deutsch mungkin tidak dapat dilakukan di semua negara. Oleh sebab itu, sertifikat bahasa oleh dosen DAAD dapat diterima. Kamu dapat mendapatkan informasi lebih detail melalui DAAD Jakarta Office
  2. Apabila peserta terpilih tidak memungkinkan untuk berangkat ke Jerman dengan alasan pandemi Covid-19 (kursus bahasa dibatalkan, tingginya angka infeksi, dan persyaratan resmi), maka beasiswa akan dibatalkan oleh DAAD. Peserta tidak akan mendapatkan fasilitas kursus bahasa online
  3. Biaya kursus dan biaya akomodasi biasanya dipotong langsung dari pembayaran beasiswa oleh penyedia kursus bahasa sehingga peserta mungkin hanya dibayar selisih jumlah penuh beasiswa oleh penyedia kursus. Pembayaran tersebut termasuk tunjangan perjalanan yang tidak akan ditransfer ke luar negeri 

 

Durasi Pendanaan Beasiswa 

  1. Kursus akan berlangsung minimal 18 hari pembelajaran (maksimal 5 hari per minggu, tidak termasuk hari tiba dan keberangkatan) dengan minimal 25 jam pembelajaran per minggu
  2. Beasiswa tidak dapat diperpanjang
  3. Kursus biasanya akan berlangsung pada bulan Juni hingga November

Kegiatan belajar di JermanKegiatan belajar di Jerman (Sumber: daad.id)

Penutupan pendaftaran program ini pada tanggal 1 Desember 2020. Penilaian peserta akan dilakukan oleh panitia penyelenggara beasiswa dari DAAD. Prestasi akademik dan motivasi untuk mengikuti program merupakan faktor yang sangat menentukan apakah kamu akan diterima atau tidak. 

Informasi detail mengenai University Summer Courses dapat kamu lihat di website German Academic Exchange Service (DAAD).

 

Kontak dan Konsultasi 

Information and advisory centres 

Regional Office Jakarta DAAD 

Jakarta Office JI. Jend. Sudirman, Kav. 61-62, Summitmas II, Lt. 14 12190 Jakarta

Indonesia 

Tel : +62 (21)/52008-70 

Fax : +62 (21)/52528-22 

E-mail : info@daadjkt.org [mailto:info@daadjkt.org] 

Website : https://www.daad.id [https://www.daad.id] 

 

Siapa yang langsung siap-siap untuk mengirimkan berkas pendaftaran? Tunggu dulu, meskipun penutupan pendaftaran program ini sebentar lagi, kamu harus teliti dalam memeriksa kelengkapan berkas pendaftarannya. Jangan sampai sudah terburu-buru untuk mendaftar, eh malah ada berkas yang terlewat. Akhirnya, kamu juga ‘kan yang akan rugi. 

Apabila kamu merasa tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan semua berkasnya, jangan khawatir. Program ini dibuka pendaftarannya setiap tahun. Jadi, kamu bisa deh mempersiapkan diri untuk mendaftar tahun depan. 

Bagi kamu yang masih pelajar, jangan berkecil hati ya. Masih banyak kesempatan untuk bisa merasakan pendidikan di luar negeri. Persiapkan diri kamu untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi

University Summer Courses offered in Germany for Foreign Students and Graduates [daring]. Tautan: https://www2.daad.de/deutschland/stipendium/datenbank/en/21148-scholarship-database/?daad=&detail=50035295&origin=5&page=1&q=hochschulsommerkurs&status=1&subjectGrps= (Diakses: 9 November 2020)

Sumber foto

Foto Mahasiswa di salah satu universitas Jerman [daring]. Tautan: https://www.daad.id/en/study-research-in-germany/eight-steps-to-germany/ (Diakses: 9 November 2020)

Foto Kegiatan belajar di Jerman [daring]. Tautan: https://www.daad.id/en/study-research-in-germany/studying-in-germany/  (Diakses: 9 November 2020)

Beri Komentar