Blog Ruangguru

    Proses Integrasi Sosial dan Faktor-Faktor Pendorongnya

    By Tedy Heryansyah · Jan 11, 2018

    sosiologi_11.jpg

    Squad, pada setiap masyarakat akan selalu ada gesekan antarindividu atau kelompok yang berbeda yang kemudian memicu terjadinya gejala sosial, perubahan sosial, atau bahkan konflik. Hal ini baru bisa teratasi jika terjadi proses integrasi yang berjalan dengan baik untuk menyatukan kembali individu atau kelompok yang berbeda tersebut. Nah, bagaimana sih sebenarnya proses integrasi sosial terjadi di masyarakat?

     

    proses integrasi sosial

    Pernikahan antarkelompok masyarakat atau kewarganegaraan yang berbeda menjadi salah satu faktor pendorong integrasi sosial.

    (sumber: labhukum.com)

    1. Proses Interaksi

    Proses interaksi adalah proses paling awal untuk membangun suatu kerjasama yang ditandai dengan adanya kecenderungan serta niat positif yang berpotensi menjadi aktivitas bersama.

    2. Proses Identifikasi

    Berangkat dari proses interaksi tersebut, dapat berlanjut ke proses identifikasi. Proses identifikasi ini berlangsung ketika tiap-tiap pihak dapat menerima secara terbuka terhadap keberadaan pihak lain secara utuh. Sehingga, pada hakikatnya, proses identifikasi merupakan proses untuk memahami berbagai karakter, latar belakang, dan kepentingan pihak lain.

    3. Kerjasama (Cooperation)

    Charles H. Cooley mengungkapkan jika suatu kerjasama dapat mungkin terjadi jika masing-masing pihak sadar bahwa mereka punya kepentingan yang sama. Di saat yang bersamaan pula, mereka memiliki pengetahuan dan pengendalian diri yang cukup untuk mencapai kepentingan tersebut dengan kerjasama. Ketika hal ini sudah dipahami oleh masing-masing pihak, maka proses integrasi akan berjalan lebih mudah karena setiap pihak sudah bersedia untuk membuka diri untuk menjalin kerjasama yang positif.

    4. Proses Akomodasi

    Akomodasi dapat dipahami sebagai langkah untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan. Dalam proses ini, semaksimal mungkin tiap-tiap pihak mencapai kata sepakat dalam memenuhi tujuan dengan tidak merugikan pihak lain.

    5. Proses Asimilasi

    Proses asimilasi dalam hal ini dapat dipahamai sebagai suatu cara yang ditandai dengan kegiatan nyata untuk mengurangi perbedaan pada individu atau kelompok yang sedang berkonflik. Proses ini juga meliputi usaha untuk menyatukan persepsi kedua belah pihak dengan cara memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama.

    5. Proses Integrasi

    Proses integrasi dapat dipahami sebuah proses penyesuaian antarunsur dalam masyarakat yang majemuk hingga terbentuk keserasian dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

    Kemudian, RG Squad harus tahu juga nih ada faktor-faktor pendorong integrasi sosial. Nah, faktor-faktor pendorong integrasi sosial antara lain:

    • Toleransi terhadap perbedaan
    • Kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi
    • Sikap saling menghargai orang lain
    • Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
    • Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan
    • Perkawinan campuran (amalgamation)
    • Adanya musuh bersama dari luar

    Baca Juga: Upaya Pemecahan Konflik dengan Integrasi dan Reintegrasi Sosial

    proses integrasi sosial

    Gimana Squad? Sudah paham kan proses integrasi sosial itu apa? Kalau masih bingung, jangan khawatir. Gabung yuk di ruangbelajar! Ada banyak video belajar dengan animasi yang seru dan menarik. Pastinya gak bikin bosen kamu belajar.

    ruangbelajar

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMA, Kelas XI, sosiologi xi

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru