Proses Terjadinya Penurunan Tekanan Uap | Kimia Kelas 12

Rabia Edra Nov 28, 2017 • 3 min read


Kimia Kelas 12 : Proses Terjadinya Penurunan Tekanan Uap

Ketika kamu mengisi botol minum dengan air panas, botol tersebut juga terisi uap. Tapi, kejadian itu tidak berlangsung lama. RG Squad tahu kenapa? Kejadian itu akibat dari adanya proses penguapan dan penurunan tekanan uap. Untuk memahami fenomenanya, lebih baik kamu simak terlebih dahulu pengertian tekanan uap pada pelarut murni. Selain itu juga pelajari besarnya tekanan uap yang dipengaruhi oleh penambahan zat terlarut ke dalam pelarut murni. Simak terus!

1. Tekanan uap Pelarut Murni (Po)

Perhatikan gambar di bawah ini!

Penurunan tekanan uap

Di awal terjadi perpindahan partikel dari fase cair ke gas, namun akhirnya terjadi keseimbangan dengan perpindahan partikel dari fase gas ke fase cair. (Sumber: img.haikudeck.com)

Coba kamu perhatikan, boleh juga sambil memperagakan ya. Jika pelarut murni dimasukkan ke dalam suatu tempat tertutup, maka akan terjadi perpindahan partikel dari fase cair ke fase gas, dan juga sebaliknya. Jumlah partikel pelarut murni pada fase gas memberikan suatu tekanan yang disebut tekanan uap. Setelah beberapa waktu, jumlah partikel pelarut murni yang melepaskan diri dari fase cair ke fase gas, sama dengan jumlah partikel pelarut murni di fase gas yang terperangkap di permukaan fase cair. Di saat keadaan seperti ini, dapat dikatakan bahwa kesetimbangan dinamis telah tercapai. Secara umum, tekanan uap dapat didefinisikan sebagai berikut:

pengertian tekanan uap

2. Tekanan uap larutan

Apabila ke dalam pelarut murni di atas ditambahkan sejumlah zat terlarut, apa yang akan terjadi pada nilai tekanan uap larutan?

contoh tekanan uap larutanProses tekanan uap larutan. (Sumber: utakatikotak.com)

Penurunan tekanan uap

Dari penjelasan di atas, bisa lihat bahwa tekanan uap larutan ternyata lebih kecil dibandingkan tekanan uap pelarut murninya. Inilah sebenarnya yang dimaksud dengan penurunan tekanan uap (∆P) larutan.

Penurunan tekanan uap

Dengan demikian, penurunan tekanan uap larutan (∆P) data ditulis sebagai:

Penurunan tekanan uap

 

 

 

 

Penurunan tekanan uap Sekarang RG Squad sudah paham 'kan kenapa botol yang diisi air panas bisa menguap dan tidak lama kemudian uapnya hilang? Mau memahami konsep kimia lainnya? Nonton video di ruangbelajar yuk dan jadikan #BelajarJadiMudah!

ruangbelajar

Beri Komentar