5 PTN yang Menggunakan Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri

Shabrina Alfari Mar 26, 2020 • 4 min read


nilai utbk untuk jalur mandiri

Artikel ini memberikan informasi lima PTN yang menggunakan nilai UTBK dalam proses penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri

--

Ada sejumlah jalur yang bisa kamu tempuh untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) impian. Ada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelurusan prestasi akademik, nonakademik, dan/atau portofolio calon mahasiswa. SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan PTN yang bersangkutan. Jalur terakhir yaitu Jalur Mandiri yang ketentuannya ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Baca juga: Strategi Anti Bingung untuk Kamu yang Siap Tembus PTN 2020

Pada jalur Seleksi Mandiri, ada PTN yang mengharuskan pendaftarnya untuk mengikuti tes tertulis atau tes berbasis komputer dan ada juga yang menggunakan nilai UTBK. Setidaknya sudah ada lima PTN yang menetapkan sistem penerimaan melalui Seleksi Mandiri tahun 2020 dapat menggunakan hasil UTBK. Selain nilai UTBK, masih ada ketentuan lain yang harus kamu perhatikan, lho. Apa saja ya kampusnya?

1. Institut Teknologi Bandung

nilai utbk untuk jalur mandiri ITBITB (Sumber: itb.ac.id)

Seleksi Mandiri (SM) ITB 2020 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua Fakultas atau Sekolah di ITB. Penilaiannya diambil dari hasil UTBK dan nilai rapor. Keduanya akan menjadi pertimbangan lolos atau tidaknya kamu pada jalur SM ITB. Khusus untuk kamu yang mendaftar pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), kamu masih harus mengikuti tes keterampilan.

2. IPB University

nilai utbk untuk jalur mandiri IPBIPB University (Sumber: wartanasional.com)

Di tahun 2020 ini, IPB University menawarkan dua metode Seleksi Mandiri, yaitu melalui ujian tulis mandiri berbasis komputer (UTM-BK) yang dilaksanakan oleh IPB, atau menggunakan skor UTBK. Hanya saja, seleksi melalui nilai UTBK hanya dapat dipilih oleh kamu yang memiliki skor UTBK Saintek.

Bagi kamu yang akan mengikuti UTM-BK, materi yang diujikan terdiri dari TKPA (Tes Kemampuan Potensi Akademik) dan TKD (Tes Kemampuan Dasar Saintek).

Baca juga: Jadwal Jalur Masuk Program Sarjana IPB University 2020

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

nilai utbk untuk jalur mandiri ITSITS (Sumber: maxmanroe.com)

Seleksi Mandiri ITS dikenal dengan nama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Pada PKM 2020, kampus perjuangan ini menggunakan hasil UTBK dan nilai rapor. Untuk beberapa prodi seperti Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, kamu diharuskan untuk mengunggah portofolio.

Ada kabar baik untuk kamu, di tahun 2020 ini ITS menambah kuota Jalur Mandirinya menjadi 50%. Peluangmu untuk diterima melalui jalur ini pun semakin besar ‘kan?

4. Universitas Gadjah Mada

nilai utbk untuk jalur mandiri UGMUGM (Sumber: kompas.com)

Sudah tau nama Seleksi Mandiri UGM? Yap, UTUL UGM atau Ujian Tulis UGM. Nah, bagi kamu yang akan mendaftar di UGM melalui jalur mandiri, kamu tetap harus mengikuti UTUL UGM. Penilaian pada Seleksi Mandiri UGM menggunakan perpaduan antara UTBK dan nilai UTUL. Nilai UTBK dan hasil dari UTUL UGM kamu yang nantinya akan dipertimbangkan untuk menentukan diterima atau tidaknya kamu di kampus ini. Untuk itu, selain mempersiapkan hasil UTBK, kamu tetap harus siap-siap mengikuti ujian selanjutnya.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

nilai utbk untuk jalur mandiri UNYUNY (Sumber: kompas.com)

Seleksi mandiri di UNY dibagi menjadi empat model seleksi, antara lain:

  1. Prestasi Akademik, seleksi non-tes berbasis nilai rapor
  2. Prestasi Unggul, seleksi non-tes berbasis prestasi
  3. Computer Based Test, seleksi tes berbasis komputer
  4. Skor UTBK

Apabila kamu memilih seleksi berbasis nilai UTBK, maka pilihan jurusan dan prodi yang bisa kamu ambil pada Seleksi Mandiri ini harus berada pada rumpun yang sama dengan kelompok ujian saat UTBK. Selain itu, bagi kamu yang memilih jurusan Seni dan Olahraga, kamu diharuskan mengunggah portofolio. Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UNY adalah sebesar Rp200.000.

Melihat persyaratan dari beberapa PTN ini, maka dapat dipastikan bahwa kamu harus ekstra keras dalam berusaha mendapatkan nilai UTBK terbaik. Sebab tak hanya digunakan untuk mendaftar pada jalur SBMPTN, ada juga PTN yang masih melihat nilai UTBK pada Jalur Mandiri. So, nggak ada lagi kata main-main. Lebih semangat persiapkan diri untuk hadapi UTBK 2020 dengan bank soal dan video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Artikel Lainnya

Beri Komentar