Puasa Bikin Sulit Konsentrasi? Ini Penyebabnya!

tips fokus saat puasa

Saat menjalani puasa, nggak jarang kita mengalami sulit berkonsentrasi. Tapi apa benar puasa bikin sulit konsentrasi? Simak dulu penjelasannya di artikel berikut ini.

“Berapa hari lagi ya Lebaran-nya?”

Hayoo siapa yang sering terlintas pikiran seperti itu? Jangan mikirin kapan Lebarannya, tapi pikirin puasa kamu lancar apa nggak nih? Meski pun puasa, kita tetap dituntut untuk melakukan banyak aktivitas ya. Sekarang, udah nggak ada alasan lagi buat males-malesan buat ngelakuin berbagai kegiatan seperti sekolah atau belajar kelompok dengan alasan karena lagi puasa.

Tapi, pas di bulan puasa ini, kamu ngerasa kalau kadang-kadang sulit berkonsentrasi nggak? Atau jangan-jangan bukan kadang-kadang lagi, setiap kamu puasa kamu malah sulit berkonsentrasi? Benarkah gara-gara puasa, tiba-tiba otak kamu menjadi lemot?

Buat ngetes konsentrasi kamu, coba lihat gambar berikut, guys.

tes fokus saat puasa

Awas, jangan sampai salah lihat. Mentang-mentang pas siang hari lagi puasa, sampe salah fokus gitu. Menurut dr Phaidon L. Toruan, seorang praktisi kesehatan yang diwawancarai oleh detikHealth, sulit berkonsentrasi saat puasa itu wajar. Beberapa orang masih beranggapan bahwa ini terjadi karena faktor perut yang lapar karena seharian tidak makan.

Apa benar demikian? Yuk, cari tahu manfaat puasa dan penyebab kamu susah fokus saat puasa.

Baca Juga: Misteri Hujan Orang Meninggal, Begini Penjelasannya

 

Manfaat Puasa

Buku The Miracle of Fast yang terbit di Florida, Amerika Serikat menjelaskan bahwa ada sebuah penelitian tentang manfaat puasa yang salah satunya puasa bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih. Bahkan lebih dari itu, puasa bisa meningkatkan kecerdasan seseorang.

darah, oksigen, otak saat puasa

Tuh, malahan penelitian di Amerika menyebutkan puasa itu bikin pikiran makin jernih. Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia, Saptawati Bardosono juga menyatakan kalau dengan puasa sel-sel tubuh menjadi lebih kuat. Nggak cuma itu, regenerasi (reproduksi) sel juga menjadi optimal dan bisa bekerja lebih baik.

Kalau dipikir-pikir sih emang ada benernya juga. Coba deh, kalau nggak pas puasa, kamu makan nih, terus biasanya nggak lama setelah selesai makan biasanya langsung jadi ngantuk. Fenomena ini pernah dibahas di artikel blog Ruangguru juga, namanya Food Coma. Yaps, fenomena yang sering disebut “Kenyang jadi Bego” ini disebabkan karena adanya senyawa kimia namanya triptofan.

Balik lagi nih, emang ada sih penelitian yang bilang puasa malah bikin pikiran jernih. Tapi, nggak sedikit juga yang ngerasain kalau puasa juga bikin sulit konsentrasi? Apakah ada yang salah?

 

Penyebab Sulit Konsentrasi Saat Puasa

Dikutip dari Detik, paling nggak ada 3 hal yang menjadikan kamu sulit berkonsentrasi saat puasa. Apa aja tuh? Yuk, disimak!

 

1. Penuruan Gula Darah

Gula darah yang menurun ini disebabkan kamu kebanyakan mengonsumsi makanan berkarbohidrat (nasi putih, roti, roti, dan minuman manis)

“Kalo nggak ada asupan karbohidrat nanti lemes kak.”

Benar. Mengonsumsi makanan dan minuman berkarbohidrat akan membuat gula darah naik dan tubuh kita akan kuat. Tapi hanya dalam beberapa waktu saja. Andai saja otak punya hati, dia pasti nggak ingin gula darah itu datang tiba-tiba dalam jumlah yang banyak. Oleh karenanya, otak memerintahkan hormon insulin untuk menurunkan gula darah.

gula darah saat puasa

 

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gorengan Saat Sahur

Faktor kedua yang menyebabkan sulit berkonsentrasi saat puasa ialah terlalu banyak makan gorengan saat sahur. Apa pun makanannya, minumnya…eh…

Apa pun makanannya kalau penyajiannya digoreng, pasti menggunakan minyak.. Nah, minyak inilah yang membuat oksigen di otak berkurang 20 persen. Nah loh….jangan makan gorengan deh pas sahur.

 

3. Kurang Minum Saat Sahur

Faktor ketiga, atau yang terakhir ialah kurangnya minum saat sahur. Kamu harus bisa memastikan asupan minum kamu selama puasa tercukupi dengan baik. Nggak semua orang itu harus minum 8 gelas per hari atau 2 liter per hari lho.

cairan dalam tubuh saat puasa

Ternyata, emang bener puasa itu bisa bikin konsentrasi jadi menurun, tapi penyebabnya karena kesalahan konsumsi makanan saat sahur alias kamu sendiri penyebabnya yang nggak memperhatikan keseimbangan gizinya. Selamat berpuasa buat yang menjalankannya ya….:)

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah