Puasa Bikin Sulit Konsentrasi? Apa ya Sebabnya?

Tedy Heryansyah

May 21, 2019 • 4 min read

Wow ternyata


puasa sulit konsentrasi - header

Saat menjalani puasa, nggak jarang kita mengalami sulit berkonsentrasi. Tapi apa benar puasa bikin sulit konsentrasi? Simak dulu penjelasannya di artikel berikut ini.

---

“Berapa hari lagi ya Lebaran-nya?”

Hayoo siapa yang sering terlintas pikiran seperti itu? Jangan mikirin kapan Lebarannya, tapi pikirin puasa kamu lancar apa nggak nih? Meski pun puasa, kita tetap dituntut untuk melakukan banyak aktivitas ya Squad. Sekarang, udah nggak ada alasan lagi buat males-malesan buat ngelakuin berbagai kegiatan seperti sekolah atau belajar kelompok dengan alasan karena lagi puasa.

Terlebih buat ikut bimbel. Kalau kamu udah pakai ruangbelajar for desktop, bimbel saat puasa kayak gini mah pastinya nggak menjadi halangan dong ya? Tinggal duduk dan nyalain laptop, kamu bisa nonton video belajar dengan animasi yang keren di ruangbelajar.

Tapi, pas di bulan puasa ini, kamu ngerasa kalau kadang-kadang sulit berkonsentrasi nggak? Atau jangan-jangan bukan kadang-kadang lagi, setiap kamu puasa kamu malah sulit berkonsentrasi? Benarkah gara-gara puasa, tiba-tiba otak kamu menjadi lemot?

puasa sulit konsentrasi - meme

Awas Squad, jangan sampai salah lihat. Mentang-mentang pas siang hari lagi puasa, sampe salah fokus gitu. Menurut dr Phaidon L. Toruan, seorang praktisi kesehatan yang diwawancarai oleh detikHealth, sulit berkonsentrasi saat puasa itu wajar. Beberapa orang masih beranggapan bahwa ini terjadi karena faktor perut yang lapar karena seharian tidak makan.

Apa benar demikian Squad?

Baca Juga: Misteri Hujan Orang Meninggal, Begini Penjelasannya

Buku The Miracle of Fast yang terbit di Florida, Amerika Serikat menjelaskan bahwa ada sebuah penelitian tentang manfaat puasa yang salah satunya puasa bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih. Bahkan lebih dari itu, puasa bisa meningkatkan kecerdasan seseorang.

puasa sulit konsentrasi - infografis ruangguru

Tuh, malahan penelitian di Amerika menyebutkan puasa itu bikin pikiran makin jernih. Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia, Saptawati Bardosono juga menyatakan kalau dengan puasa sel-sel tubuh menjadi lebih kuat. Nggak cuma itu, regenerasi (reproduksi) sel juga menjadi optimal dan bisa bekerja lebih baik.

Kalau dipikir-pikir sih emang ada benernya juga. Coba deh, kalau nggak pas puasa, kamu makan nih, terus biasanya nggak lama setelah selesai makan biasanya langsung jadi ngantuk. Fenomena ini pernah dibahas di artikel blog Ruangguru juga, namanya Food Coma. Yaps, fenomena yang sering disebut “Kenyang jadi Bego” ini disebabkan karena adanya senyawa kimia namanya triptofan.

Balik lagi nih, emang ada sih penelitian yang bilang puasa malah bikin pikiran jernih. Tapi, nggak sedikit juga yang ngerasain kalau puasa juga bikin sulit konsentrasi? Apakah ada yang salah?

puasa sulit konsentrasi - makan sahur

Dikutip dari Detik, paling nggak ada 3 hal yang menjadikan kamu sulit berkonsentrasi saat puasa. Pertama, penurunan gula darah. Gula darah yang menurun ini disebabkan kamu kebanyakan mengonsumsi makanan berkarbohidrat (nasi putih, roti, roti, dan minuman manis)

“Kalo nggak ada asupan karbohidrat nanti lemes kak”

Benar. Mengonsumsi makanan dan minuman berkarbohidrat akan membuat gula darah naik dan tubuh kita akan kuat. Tapi hanya dalam beberapa waktu saja. Andai saja otak punya hati, dia pasti nggak ingin gula darah itu datang tiba-tiba dalam jumlah yang banyak. Oleh karenanya, otak memerintahkan hormon insulin untuk menurunkan gula darah.

puasa sulit konsentrasi - gula darah naik

Faktor kedua yang menyebabkan sulit berkonsentrasi saat puasa ialah terlalu banyak makan gorengan saat sahur. Apa pun makanannya, minumnya...eh…

Apa pun makanannya kalau penyajiannya digoreng, pasti menggunakan minyak.. Nah, minyak inilah yang membuat oksigen di otak berkurang 20 persen. Nah loh….jangan makan gorengan deh pas sahur.

Faktor ketiga, atau yang terakhir ialah kurangnya minum saat sahur. Kamu harus bisa memastikan asupan minum kamu selama puasa tercukupi dengan baik. Nggak semua orang itu harus minum 8 gelas per hari atau 2 liter per hari lho Squad.

puasa sulit konsentrasi - tahukah kamu

Ternyata, emang bener puasa itu bisa bikin konsentrasi jadi menurun, tapi penyebabnya karena kesalahan konsumsi makanan saat sahur alias kamu sendiri penyebabnya yang nggak memperhatikan keseimbangan gizinya. Selamat berpuasa buat Squad yang menjalankannya ya….:)

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts