Punya Impian Bekerja di Luar Negeri? Ketahui Dulu 7 Hal Berikut Ini!

Ruangguru Agu 18, 2020 • 5 min read


Apa kamu punya impian untuk bekerja di luar negeri? Meninggalkan rumah, teman dan keluarga untuk berpindah ke negeri orang bukanlah hal yang mudah. Semua hal di sekelilingmu jauh berbeda dengan yang kamu lihat biasanya. Mulai dari orang, budaya, makanan, dan bahkan bahasa yang berbeda.

Untuk dapat survive di sebuah negara baru, ada beberapa aspek yang harus kamu persiapkan. Beberapa di antaranya, mendapatkan pekerjaan, tempat tinggal, mempelajari bahasa setempat, budaya, dan banyak lagi. Tapi sebagai langkah awal, mari kita fokus bagaimana mendapatkan pekerjaan. Ikuti petunjuk sederhana berikut ini supaya kamu sukses mendapatkan pekerjaan idaman di luar negeri!

bekerja di luar negeri Foto: thewelltravelledpostcard

 

1. Kenali

orang dari berbagai negara Foto: eilireland.org

Tentukan negara yang akan kamu tuju. Pelajari bahasa sehari-hari negara tersebut. Jika kamu saja sulit mengerti bahasa setempat, bagaimana bisa kamu berkomunikasi dengan orang-orang? Sebelum melamar, hendaknya kamu ikut kursus bahasa terlebih dahulu. Mungkin tidak langsung mahir, namun setidaknya sedikit-sedikit kamu paham. Kemudian, jangan malas untuk mengenal budaya mereka. Kebiasaan mereka sehari-hari, hal-hal yang boleh dan tidak dilakukan, seperti apa budaya kerja di sana, dan lainnya.

 

2. Teliti 

Resume Foto: butchbellah.com

Sebelum melamar pekerjaan di luar negeri, kamu harus tahu bagaimana resume standar yang diinginkan negara tujuan. Apakah butuh surat pengantar? Resume pendek atau panjang? Perlukah melampirkan sertifikat? Dalam beberapa situasi, kamu perlu menerjemahkan surat kelulusan dan berkas-berkas lain yang juga disahkan notaris. Jadi, sangat penting untuk melakukan penelitian terlebih dahulu.

 

3. Cari

Begitu kamu memutuskan negara tujuan serta tempat tinggal, coba cari tahu siapa orang di sekitarmu yang bisa memberi informasi. Dengan cara ini, mungkin kamu akan bertemu dengan orang yang pernah punya pengalaman yang sama atau bahkan penduduk asli. Tanyakan selengkap-lengkapnya perihal informasi yang kamu butuhkan. Kumpulkan pertanyaanmu lebih dulu, kalau perlu dicatat ya agar tidak lupa.

 

4. Pikirkan semua kemungkinan 

Job site Foto: bestselling-e-books.com

Cari tahu apakah perusahaan yang akan memperkerjakan kamu menawarkan program pertukaran atau ada kemungkinan untuk ditransfer ke cabang lain. Pilihan lain adalah mencari pekerjaan di luar negeri secara online. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu di jaringan alumni dan koneksi jaringan sosial.

Diskusi kelompok Foto: huffpost.com

Perbanyak volunteering dan freelance juga membuka kesempatan besar untuk berkarier cemerlang di luar negeri; di samping mendapat pengalaman yang sangat berharga.

 

5. Lebih cerdas

Selalu pastikan perusahaan tempatmu melamar itu tahu bahwa kamu telah melakukan penelitian di berbagai aspek tentang negara tersebut. Pelajari berbagai macam keahlian agar kamu memenuhi syarat. TunjukWellkan kamu mau dan sudah siap untuk bekerja. Yakinkan mereka bahwa kau cukup fleksibel untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan asing. 

 

6. Perlindungan

Dikarenakan kamu akan tinggal di negara orang, maka kamu harus mencari 'tempatmu berlindung'. , siapa gerangan? Tiada lain tiada bukan kedutaan besar Indonesia yang ada di negara tujuan. Carilah alamat dan nomor resmi yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Di kedutaan ini kamu juga bisa menambah wawasan seputar negara tujuanmu bekerja lho. Coba deh bergabung dengan komunitas Diaspora Indonesia. Komunitas para perantau Indonesia yang ada di luar negeri, baik pekerja migran, maupun pelajar.

 

7. Musim 

4 musim Foto: skipprichard.com

Jangan sepelekan hal ini. Pelajari bagaimana musim serta perubahannya. Terkadang, bisa saja kamu tidak cocok pada salah satu musim yang ada di negara tujuan. Misalnya kamu sering sakit gigi, lebih baik tidak bekerja di negara bermusim dingin. Terlebih kalau musim dinginnya berjalan sampai 6 bulan. Udara dingin akan membuat sakit gigi mudah kambuh.

 

8. Keep calm!

Setelah melakukan semua hal di atas, pastikan kamu sudah menabung cukup uang untuk dapat bertahan hidup di negeri orang ya. Well, setidaknya kamu punya dana simpanan jika pendapatan awalmu di sana masih pas-pasan. Hidup di suatu tempat yang benar-baru tentu saja mengkhawatirkan. Tapi itulah petualangan yang paling menarik dalam hidup.

 

Sebelum mempersiapkan ini semua, pastikan kamu sudah punya paspor dan visa (jika dibutuhkan) ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raihlah kesempatanmu, serap segala ilmu, dan bawa kembali ke negara tercinta ini. Buat Indonesia bangga punya anak-anak bangsa yang cerdas sepertimu, smart buddies! :) (NP/TN)

Beri Komentar