Punya Kepribadian Introvert? Ini 6 Jurusan yang Cocok untuk Kamu

Shabrina Alfari

Sep 11, 2019 • 5 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan untuk introvert

Artikel ini membahas enam jurusan yang cocok untuk kamu dengan tipe kepribadian introvert

--

Tipe kepribadian umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu introvert, ekstrovert dan ambivert. Dikutip dari hellosehat.com, orang dengan kepribadian introvert secara umum lebih senang menyendiri. Mereka juga cenderung menghindari kontak mata terutama dengan orang yang belum dikenal. Orang dengan kepribadian ini juga akan lebih cepat menghabiskan energinya ketika berada di keramaian.

Baca juga: 8 Peluang Kerja yang Menerima Lulusan dari Semua Jurusan

Dalam pemilihan jurusan sendiri, penting banget lho untuk mempertimbangkan kecenderungan kepribadian introvert ini. Kamu pasti nggak mau ‘kan kuliah di jurusan Public Relation misalnya yang harus berani berbicara di depan umum? Nah, beberapa jurusan berikut ini bisa dipertimbangkan untuk kamu yang punya kepribadian introvert.

1. Akuntansi

jurusan untuk introvertAkuntansi (Sumber: enr.com)

Suka ngitung dan termasuk orang terliti? Jurusan Akuntansi ini sangat erat kaitannya dengan perhitungan dan juga ketelitian. Bidang accounting memerlukan pribadi yang nggak banyak bicara tapi teliti dalam menghitung dan juga disiplin. Saat masuk ke jurusan ini, kamu akan banyak belajar menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat dan juga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Di dunia kerja kamu akan bertanggung jawab untuk membuat dan memeriksa laporan dari berbagai dokumen keuangan. Laporan ini akan dimanfaatkan oleh para manager, pengambil kebijakan, pemegang saham, kreditur atau yang lainnya.

2. Teknik Informatika

jurusan untuk introvertTeknik Informatika (Sumber: gmercyu.edu)

Nah kalau yang ini, cocok untuk kamu yang suka banget dengan bidang teknologi dan suka mengotak-atik komputer. Dalam proses pembelajarannya pun tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain, lho. Jurusan Teknik Informatika sangat berkaitan dengan komputer dan juga pengoperasiannya.

Kamu dituntut untuk fokus dengan apa yang kamu kerjakan, misalnya coding, membuat program, atau memperbaiki aspek teknis lain yang berhubungan dengan komputer. Jenis pekerjaan ini harus kamu tangani sendiri dan nggak menuntut kamu untuk mengerjakannya secara berkelompok. Lulusan dari jurusan Teknik Informatika juga semakin dicari, lho!

3. Sastra

jurusan untuk introvertSastra (Sumber: yorksj.ac.uk)

Ini dia jurusan kuliah yang paling banyak dipilih oleh anak introvert. Tak heran, sebab jurusan ini erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau dengan kepenulisan. Jurusan di bidang sastra sendiri cukup beragam, mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Jerman, Sastra Inggris dan berbagai sastra asing lainnya hingga sastra daerah.

Lulusan dari jurusan Sastra bisa terjun menjadi penulis. Nggak hanya menjadi penulis buku atau penulis puisi, kamu juga bisa bekerja menjadi Content Writer atau Copywriter.

4. Desain Grafis

jurusan untuk introvertDesain grafis (Sumber: ozy.com)

Apakah kamu pribadi introvert yang suka menggambar? Sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghasilkan suatu karya? Kamu bisa lho mengasah dan mengembangkan bakat kamu ini dengan masuk ke jurusan Desain Grafis. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai teknik, penguasaan suatu program tertentu dan hal-hal lain terkait grafis.

Seorang Desainer Grafis biasanya lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengeksplor ide-ide baru untuk pekerjaannya. Walaupun kamu tetap perlu berinteraksi dengan klien atau teman kerja saat menyelesaikan suatu projek, kebanyakan waktu bekerjamu akan dihabiskan sendiri.

5. Ilmu Perpustakaan

jurusan untuk introvertIlmu Perpustakaan (Sumber: daysoftheyear.com)

Suka membaca? Kamu bisa memilih bidang yang dekat dengan buku yaitu Ilmu Perpustakaan. Jurusan ini melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data. Jika kamu memiliki kesenangan pada bidang penyimpanan data dan ingin berkarier di bidang kepustakaan dan pengarsipan, maka jurusan ini cocok banget untuk kamu.

6. Sains/Ilmu Pengetahuan Alam

Kuliah di jurusan Ilmu Pengetahuan Alam akan mengharuskan kamu untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan meneliti, membuat laporan penelitian dan lainnya. Penelitian dan eskperimen yang kamu lakukan nantinya harus kamu tulis dalam bentuk jurnal. Inilah yang menjadi kegiatan utama dari jurusan sains.

jurusan untuk introvertSains (Sumber: birmingham.ac.uk)

Jurusan kuliah yang berkaitan dengan sains cukup banyak, seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan sebagainya. Jurusan ini cocok untuk orang introvert karena kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk menemukan hal baru dan menelitinya demi pengembangan kemajuan ilmu pengetahuan.

Gimana, apakah ada jurusan yang kira-kira menarik untuk kamu? Setiap jurusan kuliah nggak hanya akan mengasah hard skill kamu, tetapi juga soft skill. So, kamu juga harus berlatih untuk lebih berani berbicara dengan orang lain, membuat kontak mata saat berinteraksi, serta luangkan waktu untuk hangout bersama teman atau keluarga. Mau diterima di jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu? Yuk, persiapkan diri mulai dari sekarang bersama ruangbelajar.

Psst, ruangbelajar cocok banget lho buat kamu yang introvert. Kamu bisa belajar di mana dan kapan saja dengan video beranimasi, latihan soal dan rangkuman menarik.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts