Punya Kode Referral Ruangguru? Ini 5 Inspirasi Menarik Cara Manfaatkannya

Rabia Edra

Oct 25, 2019 • 6 min read

Cerita Juara


cara menggunakan kode referral ruang guru

Kamu pengguna Ruangguru dan tahu program referral, tapi bingung gimana menggunakannya? Hmm, kalau kamu tahu langkah yang tepat, bisa sangat menguntungkan lho. Bukan hanya bisa memperoleh komisi sampai dengan Rp250.000 untuk setiap orang yang menggunakan kode milikmu, tapi pendaftar juga bisa mendapatkan potongan harga bimbel hingga 45%. Gimana, tertarik? Simak dulu yuk hasil wawancara dari pengguna Ruangguru yang udah dapat puluhan juta rupiah berkat program ini. Kita intip strateginya!

1. Rofy memanfaatkan media blog

cara menggunakan kode referral ruang guru

Awalnya, siswa kelas 12 asal SMAN 1 Purwakarta ini mengaku kesulitan termotivasi dalam belajar. Ia biasanya hanya ingin mempelajari materi saat pekan ujian. Namun beruntungnya, kendala tersebut bertemu solusinya, lewat video belajar beranimasi Ruangguru. Ia jadi semangat menyimak pelajaran di aplikasi. Berawal dari hal itulah, Rofy berbagi melalui tulisan di blog untuk mengajak orang lain menggunakan Ruangguru termasuk mencantumkan kodenya.

Tak disangka, dalam hitungan hari, ada jutaan readers yang mengunjungi blog dan menggunakan kode tersebut. Rofy pun semakin semangat menulis. Tak hanya itu, ia juga mempromosikan Ruangguru lewat lomba storytelling di bidang inovasi pendidikan dan berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Barat. Menarik banget ya, strateginya?

Baca juga: Mau Pulsa Gratis Jutaan Rupiah? Bagikan Kode Referral Ruangguru seperti Rofy

2. Abi Satya menggunakan AdSense dan AdWords

cara menggunakan kode referral ruang guru

Beliau adalah seorang ayah dari siswa kelas 6 SD bernama Alif Satya. Sehari-harinya terbiasa mencari pendapatan melalui internet seperti lewat blog dan AdSense. Abi Satya melihat program referral adalah peluang baik, apalagi ia juga memiliki blog yang bertemakan pendidikan. Maka, sejak tahun 2018 ia aktif menulis artikel dan juga membahas Ruangguru sekaligus membagikan kode milik anaknya. 

Menurutnya, cara ini lebih ampuh dibanding menggunakan media sosial. Selain itu, Abi Satya juga memberanikan diri memasang iklan lewat Google AdWords. Tetapi, beliau tidak hanya memikirkan profit semata. Pada blognya terdapat nomor WhatsApp pribadi untuk membantu anak-anak sekolah yang merasa kesulitan berlangganan Ruangguru atau juga ingin mengikuti jejaknya untuk ikut di program referral.

3. Aulia promosikan lewat Instagram

cara menggunakan kode referral ruang guru

Berawal dari akun instagram, Aulia mulai membagikan kode referral sekaligus memberi tahu followers-nya terdapat diskon 45% jika berlangganan Ruangguru melalui program tersebut. Ia juga membantu teman-temannya untuk menjelaskan dengan detil bagaimana tahapan berlangganan video belajar.

Setelah beberapa bulan, Aulia sadar caranya kurang berhasil. Ia melakukan manuver strategi, dengan rajin belajar lewat bantuan aplikasi Ruangguru. Saat nilai-nilainya meroket di setiap ulangan, ia tak segan menyampaikan pada teman-temannya bahwa itu berkat bantuan Ruangguru. Kini deretan nilai 90 terpampang pada rapor belajarnya dan semakin banyak pula teman-teman yang telah menggunakan Ruangguru karena terinspirasi ingin seperti Aulia. Wah, keren banget.

4. Dony Aryua mengubah kode agar menarik

cara menggunakan kode referral ruang guru

Dony (nomor dua dari kiri atas) (Sumber: dok. pribadi)

Sebelumnya, Dony sempat menolak ketika ada salah satu teman yang mengajak belajar menggunakan Ruangguru. Namun, saat melihat tayangan di TV, ia berubah pikiran. Justru melalui belajar online, dirinya merasa menguasai materi lebih dulu dibanding teman-teman di sekolah. Sejak saat itu, ia mulai menyebarkan kode referral agar semakin banyak yang mendapat dampak baik sepertinya.

Kemudian Dony terpikir untuk menghubungi Ruangguru, supaya kode miliknya dapat di-custom dengan kata yang unik. Ia pun menggunakan kata “SAYURKOL” agar teman-temannya tertarik menggunakan, sekaligus memperoleh potongan harga untuk berlangganan. Hasil dari pendapatannya, dikonversikan menjadi GO-PAY dan dijadikan peluang bisnis berjualan pulsa. Hingga akhirnya, ia tak lagi meminta uang pada orang tua untuk memperpanjang periode belajar di Ruangguru.

5. Orin Rindiantika membuat video di YouTube

cara menggunakan kode referral ruang guru

Merasa memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, Orin tergerak menjadi mitra Ruangguru demi menabung biaya kuliah. Ia menggunakan YouTube sebagai media untuk menyebarluaskan kode referralnya sekaligus membantu teman kelasnya belajar. Ia bersyukur, selain teman-temannya bisa mengerti pelajaran, mereka juga tertarik menggunakan Ruangguru dan mau memakai kode Orin agar biaya bimbel onlinenya semakin terjangkau. 

Prioritasnya adalah ia dan teman-teman bisa mendapatkan nilai terbaik di sekolah. Berkat ketekunannya, bahkan tak disangka-sangka ia menjadi Juara Terbaik 1 di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik serta mendapat piala dan beasiswa sekolah. Wah, ini baru hebat!

Sekarang, giliran kamu nih untuk menciptakan strategi kamu sendiri supaya bisa memanfaatkan program referral. Kalau kamu masih ingin tahu info lebih lanjut mengenai program ini, bisa kunjungi ke mitra.ruangguru.com atau klik banner di bawah ini. 

mitra ruangguru

Beri Komentar

Recent Posts