Ragam Aliran Kepercayaan Lokal di Indonesia | Sosiologi Kelas 11

aliran kepercayaan

Kamu pasti tahu kalau saat ini di Indonesia terdapat enam agama yang diakui pemerintah yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Selain enam agama tersebut, pemerintah menetapkannya sebagai aliran kepercayaan atau animisme. Banyak lho kepercayaan lokal yang ada di negara kita seperti Sunda Wiwitan, Kejawen, dan Kaharingan. Ajaran ini sudah ada sejak dahulu kala, bahkan sebelum masuknya agama besar seperti Islam dan Kristen. Kepercayaan lokal ini telah menyatu dengan penduduk dan susah dilepaskan.  Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel berikut.

1. Sunda Wiwitan

Sunda Wiwitan adalah kepercayaan yang telah dianut oleh sekelompok masyarakat Sunda sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan sebelum Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia, ajaran Sunda Wiwitan sudah ada dan berkembang dalam masyarakat. Pada era modern seperti sekarang, masyarakat Sunda Wiwitan bisa ditemukan di kawasan Kanekes, Banten; Kampung Naga, Cirebon, dan Cigugur, Kuningan.

aliran kepercayaan Sunda Wiwitan

Upacara Seren Taun oleh penganut Sunda Wiwitan di Kuningan.

(sumber: infobudaya.net)

Sunda Wiwitan memuja roh nenek moyang sebagai sosok yang disakralkan. Selain memuja nenek moyang, Sunda Wiwitan juga memiliki satu Tuhan yang kerap disebut dengan Sang Hyang Kersa. Dalam ajaran Sunda Wiwitan, Tuhan tetaplah satu, seperti ajaran umat Islam. Dalam perkembangannya, beberapa tradisi dari Sunda Wiwitan juga terpengaruh oleh unsur Hindu dan Islam.

2. Kejawen

Kejawen adalah sebuah kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Jawa sejak lama. Masyarakat Jawa tetap menjalankan agama utama yang dianut, menjalankan perintah dan larangannya, namun tetap melaksanakan adat dan perilaku sebagai seorang pribumi Jawa yang taat dengan leluhur. Penganut Kejawen selalu mengatakan bahwa kepercayaan mereka bukanlah agama, meski memiliki beberapa tradisi yang menjadi ciri khas sebuah agama.

Kepercayaan kejawen memiliki beberapa misi dalam ajarannya. Mereka harus melaksanakan empat hal wajib saat hidup yaitu:

  1. Seorang manusia Jawa harus bisa menjadi rahmat bagi dirinya sendirinya;
  2. Mereka juga harus bisa menjadi rahmat bagi keluarga;
  3. Manusia sebagai rahmat bagi sesama dan;
  4. Manusia sebagai rahmat bagi alam semesta.

Kejawen

Salah satu bentuk ritual penganut Kejawen. (sumber: wajibbaca.com)

3. Kaharingan

Kaharingan adalah salah satu kepercayaan asli Indonesia yang berasal dari Kalimantan yang banyak dianut oleh warga Suku Dayak, bahkan sebelum agama-agama besar diakui oleh pemerintah. Kaharingan percaya pada adanya entitas yang sering disebut dengan Ranying. Entitas itu bisa disamakan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Meski masuk dalam cakupan agama Hindu, Kaharingan masih memiliki tradisi asli yang tidak bisa disamakan dengan agama lainnya seperti tempat ibadah tersendiri yang dinamakan Balai Basarah.

 aliran kepercayaan Kaharingan

Balai Basarah di Kalimantan Barat, tempat ibadah Suku Dayak. (sumber: stahntp.ac.id)

Nah, RG Squad, itulah beberapa kepercayaan lokal yang ada di Indonesia. Menarik bukan? Hmm… tentunya kita semakin bangga dong sebagai warga negara Indonesia, ternyata memiliki keberagaman agama yang ada di negara ini. Yuk, sama-sama kita jaga toleransi beragama kita agar tercipta kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan.

Punya PR Sosiologi yang sulit? Foto soalmu dan kirim ke kakak tutor via chat atau kamu bisa tanyakan langsung lewat audio call. Semua bisa dilakukan dengan mudah hanya di ruanglesonline. Yuk, daftar sekarang juga!

New Call-to-action 

Beri Komentar