Ragam Manfaat Pasar Modal | Ekonomi Kelas 10

Rabia Edra Nov 24, 2017 • 4 min read


ragam pasar modal

RG Squad, ternyata manfaat pasar modal itu banyak sekali, lho. Baik dari sisi investor, emiten, bahkan pemerintah bisa merasakan manfaatnya. Nah, apakah kamu sudah tahu apa saja manfaatnya? Kalau belum, yuk simak pembahasannya kali ini!

Gambaran pergerakan harga saham di pasar modal

manfaat pasar modal

(sumber: cermati.com)

1. Bagi Investor

  • Memperoleh capital gain apabila terdapat kenaikan harga saham

Ketka seorang investor melakukan investasi, investor berkemungkinan memperoleh kerugian apabila harga saham kemudian turun, dan berkemungkinan mendapatkan keuntungan apabila harga saham naik. Keuntugan tersebut senilai selisih harga beli yang lama dan harga yang baru

  • Memperoleh dividen bagi pemegang saham

Dividen merupakan pendapatan utama dari saham yang diperoleh oleh investor dan diberikan oleh perusahaan dari keuntungan hasil usaha

  • Memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Secara rutin, perusahaan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk memutuskan mosi-mosi yang akan dilakukan dan tidak dilakukan oleh perusahaan. Pengambilan keputusan dilakukan melalui voting. Bagi perusahaan yang memiliki saham, berarti ia memiliki hak suara dalam rapat tersebut. Semakin banyak persentase saham yang dimiliki, semakin besar pula pengaruh investor di dalam pengambilan keputusan perusahaan

  • Mudah mengganti alat investasi

Investor memiliki hak penuh untuk menentukan jenis investasi yang ingin ia lakukan, sesuai dengan kapabilitas dan tujuan memiliki saham tersebut

  • Dapat berinvestasi di beberapa perusahaan sekaligus

Investor juga berhak melakukan investasi di beberapa tempat sekaligus. Sesuai dengan prinsip BP Sanders yang terkenal “don’t put all your eggs in one basket” artinya “Jangan meletakkan seluruh telurmu dalam satu keranjang” hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan kerugian besar apabila satu investasi kita gagal. Melalui prinsip ini, apabila suatu investasi gagal, maka kita masih akan memiliki beberapa investasi di tempat lain yang masih berpotensi untuk memperoleh keuntungan.

seputar manfaat pasar modal

(market.bisnis.com)

2. Bagi Emiten

  • Dana yang dihimpun dapat lebih besar

Investasi memperbesar peluang perusahaan untuk memperoleh dana sehingga kemungkinan perluasan usaha jadi semakin besar pula.

  • Dana dapat langsug diterima setelah pasar perdana selesai

Perolehan dana bagi emiten di pasar modal dapat dilakukan dalam waktu yang cepat. Setelah pasar perdana selesai, perusahaan sudah berhak mendapatkan dananya.

  • Adanya fleksibilitas pengelolaan data

Emiten diberikan kebebasan untuk mengelola data yang dimiliki.

  • Besar kecilnya dividen sesuai keuntungan perusahaan  

Perusahaan memberikan dividen kepada para investor sesuai dengan keuntungan yang didapatkan. Apabila keuntungan yang didapatkan kecil, maka tetap keuntungan kecil tersebutlah yang akan dibagi-bagi.

3. Bagi Pemerintah

  • Mendorong kegiatan investasi

Adanya pasar modal memudahkan pergerakan ekonomi di bidang investasi.

  • Mendorong perkembangan pembangunan

Ekonomi yang terus bergerak menciptakan perkembangan pembangunan.

  • Menciptakan kesempatan kerja

Dengan adanya pasar modal, maka terbuka pula kesempatan kerja di bidang pelaku pasar modal.

  • Indikator perkembangan ekonomi nasional

Kegiatan investasi dapat digunakan sebagai salah satu parameter pengukur pendapatan ekonomi.

Rangkuman manfaat pasar modal

Tuh Squad, ternyata banyak juga ya ternyata manfaat pasar modal. Apakah Squad tertarik melakukan investasi agar mendapatkan manfaat-manfaat tadi? Ingin tahu lebih banyak tentang materi pasar modal? Yuk, diskusi bareng dengan tutor yang andal dan teman-teman di seluruh Indonesia hanya di Ruangguru digitalbootcamp.

New Call-to-action

Beri Komentar