Raih Promosi Jabatan di Kantor dengan 5 Cara Ini!

Oktaviani Satyaningtyas

Nov 7, 2018 • 4 min read

sukses kerja


Dalam melakukan pekerjaan di kantor tentunya setiap orang menginginkan adanya peningkatan jabatan. Anda tentu tidak ingin bukan berada di posisi yang sama selama bertahun-tahun? Untuk itulah dibutuhkan promosi jabatan agar posisi Anda di kantor dapat naik ke level yang lebih tinggi.

Tidak mudah, persaingan yang tinggi antar sesama rekan kerja membuat promosi jabatan menjadi hal yang cukup sulit dicapai. Namun jangan khawatir, tim ruangkerja telah merangkum 5 cara yang dapat Anda coba untuk meraih promosi jabatan.

1. Lakukan semua tugas kantor dengan benar

promosi jabatan

Sebelum menginginkan promosi jabatan, lihat dulu apakah kinerja Anda selama ini sudah baik atau belum (Sumber: freepik.com)

Sebelum berharap mendapat promosi jabatan, sebaiknya coba lihat lagi kinerja Anda selama ini. Apakah semua tugas telah dikerjakan dengan baik dan tepat waktu? Dilansir dari The Balance Careers (2018), lihat juga sikap Anda selama bekerja. Jika Anda masih belum memiliki sikap inisiatif, sering datang terlambat ke kantor, dan melakukan kesalahan, maka sebaiknya tunda dulu keinginan untuk naik jabatan. Seorang bos hanya akan memberikan promosi kenaikan jabatan pada karyawan dengan prestasi kerja yang baik serta dirasa mampu menanggung beban pekerjaan yang lebih berat.

Baca juga: Bangun Citra Diri Baik di Kantor Baru dengan 7 Cara Ini

2. Miliki satu proyek yang Anda kerjakan dari awal sampai akhir

promosi jabatan

Menangani satu proyek dari awal sampai akhir dapat menjadi portofolio Anda untuk naik jabatan (Sumber: fastweb.com)

Banyak karyawan sering kali merasa terbebani saat menjadi penanggung jawab sebuah proyek di kantor. Padahal tugas tersebut justru dapat Anda manfaatkan agar bisa mendapat promosi jabatan. Dengan menangani sebuah proyek kantor dari awal hingga akhir, atasan akan dapat melihat kinerja Anda dan kesempatan naik jabatan pun terbuka lebar!

3. Buat hasil kerja Anda nampak di mata atasan

promosi jabatan

Pasti atasan melihat langsung hasil kerja Anda di kantor (Sumber: Forbes.com)

Jika kesempatan menangani suatu proyek belum tiba, Anda masih memiliki cara lain untuk menunjukan hasil kerja di depan atasan. Mampu menangani klien dengan baik atau mengambil keputusan yang baik di bawah tekanan dapat menjadi salah satu contoh Anda merupakan karyawan yang layak dipromosikan. Sikap-sikap yang Anda tunjukan saat berinteraksi dengan klien atau ketika bekerja sama dalam tim dapat menjadi pembuktian bagi atasan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mendapatkan promosi.

Baca juga: Memaksimalkan Manajemen Proyek untuk Mencapai Goals

4. Lihat kesempatan promosi di divisi lain

promosi jabatan

Jika memungkinkan, carilah kesempatan promosi dari divisi lain (Sumber: quantummx.com)

Tidak ada tanda-tanda promosi jabatan dari divisi tempat Anda bekerja? Coba cari dari divisi lain! Caranya Anda dapat membantu tugas dari divisi lain sampai atasan melihat bahwa Anda memiliki kemampuan yang beragam dan fleksibel. Misalnya sebagai seorang tim kreatif, ternyata Anda mempunyai kemampuan marketing dalam mempromosikan produk perusahaan, manfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan nilai Anda di mata atasan dan raihlah promosi jabatan!

5. Hindari konflik dalam kantor

promosi jabatan

Gosip dan politik kantor menjadi hal yang harus dihindari jika Anda ingin naik jabatan (Sumber: businesslive.co.za)

Setiap kantor tentu memiliki konflik dan gosip yang beredar di kalangan karyawan. Gosip-gosip yang ada biasanya sangat menarik dan membuat Anda penasaran. Namun hati-hati, terlibat konflik atau gosip dalam kantor bisa membuat Anda sulit mendapat promosi jabatan. Terlebih jika Anda memiliki sikap provokatif yang menyebabkan konflik dan cenderung memihak pada suatu kubu. Alih-alih kenaikan jabatan, Anda justru bisa dibenci rekan kerja lain atau bahkan atasan karena memiliki sikap yang negatif.

 

Rekan Kerja, itu tadi 5 cara yang dapat Anda coba untuk mendapatkan promosi jabatan di kantor. Untuk semakin menunjang karier Anda, perkaya diri dengan berbagai ilmu seperti soft skill yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan kerja secara online di ruangkerja. Unduh sekarang dan rasakan manfaatnya! GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar