Rata-rata Biaya Kuliah di 5 Kampus di Indonesia

Squad, bagi kamu yang mau mulai berkuliah di tahun ini, pasti juga harus memikirkan tentang biaya studi ‘kan? Walau sebagian besar biaya ini akan ditanggung oleh orang tua, namun kamu juga harus punya perbandingan sendiri lho. Memang berapa sih rata-rata biaya kuliah di Indonesia? Sebelum membahas itu, kamu mesti tahu dulu macam-macam biayanya. Ada yang namanya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) lebih umum disebut sebagai Uang Kuliah Tunggal (UKT), dibayarkan per semester. Nah, UKT dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) beda ya Squad. BKT adalah besaran biaya kuliah yang seharusnya dibayar per semester, sedangkan UKT adalah BKT yang ditanggung mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya, yang disubsidi oleh pemerintah. Untuk jalur mandiri, akan ada biaya tambahan yang dibebankan, tergantung dengan kebijakan masing-masing universitas. Daripada bingung, yuk langsung kita bahas rata-rata biaya kuliah di 5 kampus Indonesia. Keep scrolling ya, Squad!

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

fakultas kedokteran usu

Fakultas Kedokteran USU (Sumber: usu.ac.id) 

Universitas Sumatera Utara (USU) didirikan pada tahun 4 Juni 1952, sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara dan terletak di kota Medan, Sumatera Utara. Di USU, UKT terbagi dalam 7 golongan, yaitu dimulai dari golongan I hingga VII. Semakin tinggi golongannya, maka semakin mahal pula UKT yang dibebankan. Golongan tersebut ditentukan berdasarkan kesesuaian dengan syarat-syarat yang diberikan. Biaya UKT untuk jenjang D3 dan S1 yang diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN akan berbeda dengan mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri, Squad. Selain biaya UKT yang lebih tinggi per semester, terdapat pula biaya Dana Kelengkapan Akademik (DKA) yang dibebankan dan dibayar satu kali saat baru diterima khusus untuk mahasiswa jalur mandiri. 

Perkiraan Biaya UKT D3 dan S1 jalur SNMPTN dan SBMPTN di USU:

rata-rata biaya kuliah

Perkiraan Biaya UKT D3 dan S1 jalur Mandiri di USU:

rata-rata biaya kuliah

Perlu dicatat, SPP yang dimaksud di sini sama dengan UKT, hanya beda penyebutannya saja, ya

2. Universitas Andalas (UNAND)

rata-rata biaya kuliah

Mahasiswa Unand merayakan kelulusan (Sumber: bem.fkm.unand.ac.id)

Terletak di Kota Padang, Ibu Kota Sumatera Barat, nama Universitas Andalas (UNAND) pertama kali diusulkan oleh Bung Hatta, dengan merujuk pada nama Pulau Sumatera yang saat itu dikenal dengan Pulau Andalas. Di UNAND, UKT dibagi menjadi 5 golongan, golongan I hingga V. Apa sih yang menentukan golongan tersebut? Yup, penghasilan orang tuamu. Jadi, ketika dinyatakan diterima sebagai mahasiswa, pasti kamu akan diminta untuk membawa data tersebut yang nantinya digunakan sebagai penentu kamu masuk ke dalam golongan berapa.

Perkiraan Biaya UKT S1 jalur SNMPTN dan SBMPTN di Unand:

rata-rata biaya kuliah

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Gedung RSG FIB Undip 2

Gedung Serbaguna FIB Undip (Sumber: kampus.undip.com)

Didirikan pada 9 Januari 1957, Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah universitas negeri di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pembayaran UKT di Undip dibedakan berdasarkan jalur masuk dan jenjang yang dipilih, baik itu S1 SNMPTN dan SBMPTN atau Diploma melalui PSSB dan jalur mandiri. Golongan UKT di Undip terbagi dalam 7 golongan, dengan tambahan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri. 

Perkiraan Biaya UKT S1 jalur SNMPTN dan SBMPTN di UNDIP:

rata-rata biaya kuliah

Perkiraan Biaya UKT S1 jalur mandiri:

rata-rata biaya kuliah

Perkiraan Biaya UKT D3 jalur PSSB (Undangan):

rata-rata biaya kuliah

Perkiraan Biaya UKT D3 jalur mandiri:

rata-rata biaya kuliah

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

rata-rata biaya kuliahUniversitas Airlangga di sore hari (Sumber: s2mkp.fisip.unair.ac.id)

Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan universitas negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Didirikan tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Dalam sistem pembayaran UKT di UNAIR, terdapat 6 golongan yang menentukan besaran biaya yang harus dibayarkan. Selain biaya UKT, tidak ada biaya lain yang dibebankan terhadap mahasiswa. Yay, enak ‘kan?

Perkiraan Biaya UKT S1 di UNAIR:

rata-rata biaya kuliah

5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

rata-rata biaya kuliahUniversitas Hasanuddin, Makassar (Sumber: makassar.sindonews.com)

Universitas Hasanuddin (UNHAS) terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, didirikan pada 11 Juni 1956. Squad, apa kamu tahu kalau kampus ini merupakan universitas tertua di Sulawesi? Keren ya? Nah, sejak tahun 2013, pembayaran di UNHAS menggunakan sistem UKT. Sama dengan peraturan sebagian besar universitas lain, biaya UKT yang dibebankan ditentukan berdasarkan kemampuan atau penghasilan orang tua mahasiswa. Biaya UKT yang dibebankan pun dibagi dalam 5 golongan, I hingga V. 

Perkiraan Biaya UKT S1 di UNHAS:

rata-rata biaya kuliah

Nah, itu dia rata-rata biaya kuliah 5 kampus di Indonesia, Squad. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena akan banyak kesempatan beasiswa yang dapat kalian ambil. Akan tetapi, untuk memastikan agar kesempatan menerima beasiswa kalian semakin besar, latih terus kemampuan kalian dalam mengerjakan soal sedari dini, ya! Kalian bisa gunakan fasilitas ruangbelajar dari ruangguru untuk melatih dan meningkatkan kemampuan kalian. Semangat, Squad!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Aisya Maura