Refresh Otak dan Pikiran dengan 7 Cara Ini

Oktaviani Satyaningtyas

Oct 26, 2018 • 4 min read

sukses kerja


Pernah merasa sulit menemukan ide baru untuk pekerjaan Anda? Atau merasa otak sangat lamban dalam berpikir sehingga aktivitas jadi tidak produktif? Jika jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut adalah iya, maka ini saatnya bagi Anda untuk menyegarkan kembali otak dan pikiran.

Seperti yang dilansir dari Forbes (2018), sejatinya otak Anda perlu secara rutin diperbaharui agar pikiran kembali segar dan kreativitas dapat terus berjalan. Tidak sulit, Anda dapat  menyegarkan pikiran dengan 7 cara berikut.

1. Menonaktifkan media sosial dalam satu hari

 

 

Terlalu banyak bermain media sosial dapat membuat pikiran Anda merasa lelah (Sumber: giphy.com)

Kehadiran media sosial memang dapat membantu Anda untuk terhubung dengan orang lain dan selalu terbaharui dengan berbagai informasi. Namun, saat ini media sosial justru sering menjebak banyak orang untuk menghabiskan banyak waktu menggulirkan jari agar selalu update.

Oleh karena itu, cobalah menonaktifkan berbagai akun media sosial Anda selama satu hari. Anda mungkin akan menganggap cara ini sebagai siksaan, namun percayalah, keluar sejenak dari dunia maya akan membuat Anda lebih tenang. Anda akan menemukan bahwa masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan selain menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar gawai.

2. Membaca buku baru

refresh

Membaca buku atau mendengarkan lagu baru dapat menjadi cara untuk menyegarkan pikiran (Sumber: shutterstock.com)

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk me-refresh pikiran agar menjadi lebih segar adalah dengan membaca buku baru. Melalui membaca, otak Anda akan kembali terbaharui dengan berbagai informasi dan kosakata baru. Pembaharuan tersebut nantinya dapat membuat otak mampu menghasilkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi pekerjaan Anda. Tidak hanya buku, Anda juga dapat mendengarkan musik dan menonton film terbaru untuk mendapat inspirasi baru.

3. Me Time

refresh

Ambil me time untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda (Sumber: marieclaire.be)

Setelah menonaktifkan media sosial Anda untuk beberapa saat, sekarang ambil waktu me time untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat menenangkan tubuh. Anda dapat memanfaatkan waktu untuk melakukan perawatan tubuh, meditasi, atau memberi ‘asupan’ pada otak dengan mengikuti pelatihan soft skill gratis melalui aplikasi ruangkerja.

Baca juga: Bahaya Dibalik Mengabaikan Burnout saat Kerja

4. Mengubah tata letak dekorasi ruangan

refresh

Dekorasi ruang kerja yang baru dapat membantu otak meningkatkan kreativitas (Sumber: supercareer.com)

Siapa sangka, kondisi fisik lingkungan di sekitar Anda dapat memengaruhi kesehatan mental, dalam hal ini fungsi otak Anda. Berbagai dokumen pekerjaan yang menumpuk di sudut ruangan, sisa cemilan yang belum dibuang, dan pencahayaan ruang kerja yang redup dapat menimbulkan perasaan negatif seperti  kesal, malas, dan stres yang berakibat pada lelahnya otak Anda.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah mendekorasi ulang ruangan kerja Anda. Anda dapat merapikan semua dokumen yang berantakan dan membuang barang yang tidak perlu. Tambahkan juga dekorasi yang dapat memberi semangat seperti kata-kata motivasi. Mendekorasi ulang ruangan akan memberikan semangat baru sehingga otak dapat bekerja lebih produktif.

5. Tidur cukup

refresh

Tidak hanya menyegarkan tubuh, tidur cukup juga membuat pikiran Anda lebih positif (Sumber: mentalfloss.com)

Seorang manusia dewasa umumnya membutuhkan waktu 7-9 jam setiap hari untuk tidur. Jika kurang dari itu, bukan hanya mempengaruhi kesehatan, kondisi mental Anda juga dapat terganggu. Tidur yang cukup di malam hari akan membuat Anda bangun lebih segar keesokan harinya. Tidak hanya itu, Anda juga akan memiliki mood yang baik untuk memulai hari dan secara otomatis otak akan memiliki motivasi positif untuk kembali bekerja.


Rekan Kerja, itu tadi cara yang dapat dicoba untuk kembali menyegarkan pikiran dan otak Anda. Saat kreativitas dan kinerja otak dirasa mulai turun, jangan diabaikan! Beri ‘asupan’ baru bagi otak Anda seperti berbagai mengikuti berbagai Kelas Umum di aplikasi ruangguru. Unduh dan nikmati berbagai materinya sekarang. GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts