Registrasi Akun LTMPT SNMPTN 2020 Diperpanjang, Perhatikan Cara Daftarnya!

Shabrina Alfari Jan 8, 2020 • 3 min read


registrasi akun ltmpt

Artikel ini memberikan pengumuman perpanjangan registrasi akun LTMPT SNMPTN 2020 dan cara pendaftarannya

--

Sudah berhasil melakukan registrasi akun LTMPT kamu? Pendaftaran akun di portal LTMPT merupakan syarat wajib untuk mendaftar SNMPTN 2020 dan hanya bisa dilakukan oleh siswa yang lulus pada tahun 2020. Langkah ini menjadi bagian dari kebijakan baru pada proses seleksi SNMPTN 2020.

Tak hanya siswa, pembuatan akun LTMPT ini juga menjadi kewajiban bagi sekolah yang siswanya akan mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN. Jika sekolah tidak membuat akun LTMPT, maka bisa dipastikan siswanya tidak akan bisa mendaftarkan diri di jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Perpanjangan Waktu Registrasi Akun LTMPT

LTMPT atau Lembaga Masuk Perguruan Tinggi membuat pengumuman perpanjangan waktu registrasi akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id hingga 9 Januari 2020 pukul 17.00 WIB. Pendaftaran sendiri telah dimulai sejak tanggal 2 Desember 2019 lalu.

Baca juga: Persyaratan SNMPTN 2020 untuk Sekolah, Peserta, dan Pilihan Program Studi

Perpanjangan waktu registrasi akun LTMPT ini tertuang dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 01/SE.LTMPT/2020 yang disiarkan pada Selasa (7/1/2020) kemarin. Menurut surat tersebut, masa perpanjangan registrasi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah dan siswa peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sebab, menurut LTMPT, masih banyak siswa dan sekolah yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan data dalam tahapan registrasi akun LTMPT hingga hari Selasa kemarin.

Mengingat waktu yang sempit, apabila kamu atau sekolah kamu belum melakukan finalisasi dianjurkan untuk segera mempermanenkan registrasi akun LTMPT jika data sudah benar.

registrasi akun ltmptRegistrasi akun LTMPT diperpanjang (Sumber: instagram.com/ltmpt.ac.id)

Cara Registrasi Akun LTMPT Siswa

  1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pilih tautan “Daftar di sini”
  2. Pilih menu siswa
  3. Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Tekan tombol “Selanjutnya”
  4. Masukkan email aktif dan password. Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, klik “Daftar”
  5. Setelah itu akan muncul notifikasi aktivasi akun
  6. Buka inbox/spam di email kamu, dan lakukan aktivasi akun
  7. Setelah akun aktif, lakukan login ke situs https://portal.ltmpt.ac.id 

 Verifikasi Akun LTMPT Siswa

  1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Setelah itu, kamu akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa.
  3. Di halaman verifikasi data siswa. Periksa data peserta dengan cermat. Isi kolom NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan kolom yang masih kosong. Apabila ada kesalahan data, lakukan perubahan melalui sekolah peserta. Kemudian tekan tombol “Perbarui Data”.
  4. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman verifikasi riwayat sekolah (mohon untuk memeriksa kevalidan data. Jika terdapat kesalahan mohon untuk melakukan perbaikan melalui sekolah). Kemudian, tekan tombol “Perbarui Data”.
  5. Tekan tombol “Selanjutnya” untuk berpindah ke halaman unggah pas foto. Unggah pas foto terbaru yang sesuai dengan ketentuan.
  6. Tekan tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan prosedur penyesuaian pas foto.
  7. Pilih tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke halaman konfirmasi data.
  8. Pastikan data yang terisi sudah benar. Jika kamu sudah yakin, centang pertanyaan dan tekan tombol “Simpan Permanen”
  9. Jika sudah, maka data peserta tidak dapat diubah kembali.

Registrasi akun LTMPT merupakan kebijakan baru penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 yang disebut dengan Single Sign On (SSO). Selain untuk SNMPTN, kebijakan ini juga berlaku untuk UTBK dan SBMPTN.

Bagi kamu siswa lulusan 2020 yang tidak akan mengikuti SNMPTN 2020 tapi akan mengikuti UTBK SBMPTN 2020, dapat melakukan registrasi akun pada tanggal 7 Februari 2020 – 5 April 2020 bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan tahun 2018 dan 2019.

Sudah siap untuk menghadapi ujian masuk PTN? Ayo, raih impian dengan masuk kampus idaman dengan melakukan persiapan di ruangbelajar. Karena belajar itu sakitnya sementara, senangnya selamanya!

ruangbelajar

Beri Komentar