WannaCry Merajalela, Ini Rekomendasi Film tentang Fenomena Cyber Virus

Ruangguru Mei 17, 2017 • 4 min read


Baru-baru ini, dunia cyber di seluruh dunia sedang dilanda kekhawatiran terhadap virus bernama WannaCry. Kalau kamu tahu, kemunculannya ini sudah menyebabkan sistem data komputer menjadi terkunci dan tidak dapat diakses kembali lho. Sehingga, kita perlu membayarkan sejumlah uang kepada pembuat virus untuk dapat memperoleh lagi informasi yang pernah tersimpan sebelumnya. Kegemparan ini cukup menggelisahkan khususnya bagi institusi rumah sakit, termasuk di Indonesia. Nah ternyata setelah ditelusuri, WannaCry bukanlah satu-satunya cyber virus yang pernah menggemparkan dunia. Ada beragam jenis virus yang pernah populer di tahun-tahun sebelumnya. Sekarang, Ruangguru mau merekomendasikan beberapa film nih untuk kamu yang mau tahu beragam kasus-kasus nyata tentang penyebaran berbagai virus komputer. Simak ya, Squad!

1. Zero Days (2016)

rekomendasi film - Film karya sutradara Alex Gibney Film karya sutradara Alex Gibney (sumber: youtube.com)

Film beraliran dokumenter yang diproduksi pada Juli tahun lalu ini, menceritakan adanya keterlibatan Amerika Serikat dan Israel dalam pembuatan virus Stuxnet. Sebagian besar virusnya sudah menginfeksi komputer-komputer yang berhubungan dengan fasilitas nuklir di negara Iran. Kalau dilihat dari review IMDb, film dengan durasi selama 116 menit ini ternyata sukses memperoleh rating sebesar 7.8/10. Kehadiran Stuxnet juga diperkirakan sebagai era baru dalam perang cyber dunia. Dampak dari yang dialami Iran adalah, lumpuhnya seperlima tabung pengayaan uranium, fasilitas industri, serta bidang sipil di negara Timur Tengah tersebut. Kalau kamu penasaran dengan ceritanya, bisa langsung kunjungi zerodaysfilm.com untuk menyaksikan filmnya versi Digital HD. 

2. Live Free or Die Hard (2007) 

rekomendasi film - Aksi Bruce Willis di Film Live Free or Die Hard Aksi Bruce Willis di Film Live Free or Die Hard (sumber: youtube.com)

Bercerita tentang sosok Thomas Gabriel, seseorang teroris di dunia cyber yang menggunakan sebuah virus yang ia tanam untuk meledakkan para komputer peretas saat mereka menekan tombol ‘delete’. Jalan ini juga merupakan langkah awalnya dalam menyerang komputer pada jaringan pemerintahan Amerika Serikat. Kisah penyalahgunaan teknologi ini dianggap sebagai salah satu film yang menyoroti terorisme cyber di dunia nyata. Sutradara Len Wiseman berhasil membalut genre aksi, petualangan, serta thriller sehingga memperoleh nilai 7.2/10 dari IMDb. 

3. Transcedence (2014) 

rekomendasi film - Dr. Will Caster diperankan oleh Johnny Depp Dr. Will Caster diperankan oleh Johnny Depp (sumber: robohub.org)

Cita-cita seorang ilmuwan jenius yang ingin mentransfer kesadaran manusia ke komputer, berbuah hasil saat ia ditembak oleh kelompok anti teknologi dan divonis akan mati dalam waktu 30 hari. Istrinya bersama rekan, mencoba melakukan hal mustahil untuk memindahkan memori otak ke dalam komputer AI. Namun Dr. Will, sang ilmuwan, dicurigai palsu karena bertindak aneh dan menjadi seorang yang terlalu ambisius. Mereka pun memasukkan virus mematikan ke dalam sistem komputer untuk menghancurkan Dr. Will. Namun belakangan disadari bahwa dialah Dr. Will yang sebenarnya. Ini memang kisah fiksi, namun faktanya film ini diangkat dari prinsip singularitas. Di mana terdapat satu momen ketika teknologi mampu melampaui manusia. Sehingga, kata ‘transcedence’ pada awalnya memang dipercayai oleh para peneliti yang mengacu pada konsep singularitas. Gimana nih, kamu jadi makin kepengen nonton kan? 

4. Subject: I Love You

rekomendasi film - Film ini dibintangi Briana Evigan dan Jericho Rosales Film ini dibintangi Briana Evigan dan Jericho Rosales (sumber: showbiznest.com)

Kamu pernah dengar virus I Love You pada tahun 2000-an, Squad? Sekitar 10 persen dari sistem komputer di dunia pada saat itu mengalami kerusakan karena serangan dari virus ini. Termasuk sistem yang berada di markas besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat, kantor parlemen AS, dan juga CIA. Akibatnya, kerugian yang ditimbulkan mencapai 10 miliar dolar AS. Fenomena ini membawa sutradara Francis dela Torre untuk mengangkatnya menjadi film di tahun 2011 dengan mengombinasikan tiga jenis genre yaitu drama, romantisme, dan intrik internasional. Berkisah tentang seorang pemuda bernama Victor yang akan melakukan hal apa saja untuk berhubungan kembali dengan perempuan yang disayangi. Sekali pun harus melibatkan dirinya pada sebuah investigasi kriminal internasional. 

5. Skyfall (2012)

rekomendasi film - Aksi James Bond di Film Skyfall Aksi James Bond di Film Skyfall (sumber: hollywoodreporter.com)

Film yang turut meramaikan Box Office ini mengisahkan tentang agen 007 yang akhirnya menjadi satu-satunya sekutu M saat organisasi M16 diserang. Misi James Bond di Istanbul berakhir kacau dengan menguak banyak nama-nama agen rahasia. Serta berujung serangan habis-habisan di M16. Dalam salah satu adegan film, sang sutradara, Sam Mendes, mengaku terinspirasi dengan virus komputer Stuxnet yang dirilis tahun 2010. Angka pertumbuhan serangan cyber yang semakin tinggi di dekade ini, membuatnya ingin memberikan peran karakter seperti di dunia nyata dalam menghadapi para penjahat yang memiliki kecanggihan teknologi.

Jadi gimana nih Squad, film mana dulu yang mau kamu tonton sekarang? Kalau mau lebih mendalami lagi tentang cyber virus, kamu juga bisa lho belajar pemrograman di RuangLes. Eits, tapi bukan untuk melakukan hal-hal yang negatif ya! (RE/TN)

Beri Komentar