Rekomendasi Film Dokumenter Untuk Menemani Liburanmu

Ruangguru Jul 3, 2020 • 4 min read


Film dokumenter adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah film non-fiksi yang mendokumentasikan sebuah realitas. Dokumenter biasanya digunakan untuk mengungkapkan kebenaran mengenai sebuah isu. Bisa juga untuk memamerkan apa yang dapat dianggap sebagai seni. Sayangnya, kesuksesan genre film lainnya membuat popularitas film dokumenter terkubur. Padahal sebenarnya banyak lho film-film dokumenter yang bagus dan nggak kalah dengan film-film box office di bioskop.

Berikut Ruangguru.com berikan beberapa rekomendasi film dokumenter yang bisa kamu nikmati selama liburan.

Fahrenheit 9/11 by Michael Moore

Pada tanggal 11 September 2001, empat pesawat komersial dibajak oleh 19 orang teroris. Dua dari keempat pesawat itu ditajuhkan ke dalam tower Utara dan Selatan dari World Trade Center di New York City. Pada kejadian ini, hampir 3 ribu orang terbunuh dan 6 ribu terluka. Kejadian ini dianggap sebagai serangan teroris terparah di dalam sejarah Amerika Serikat. Tidak hanya itu, serangan ini juga disebut serangan asing paling mematikan di Amerika Serikat setelah kejadian Pearl Harbour.

Fahrenheit 9/11 by Michael Moore Foto: pastposters.com 

Ada banyak kontroversi dan teori konspirasi seputar kejadian 9/11. Dalam film ini, Michael Moore—pembuat film—menjelaskan kejadian-kejadian yang mengarah ke serangan 9/11 untuk menjelaskan dampaknya. Moore mengungkap setiap kejadian dengan campuran humor dan penggunaan satir yang cerdas. Oleh karena itu, film ini berhasil memenangkan penghargaan Palme D’or di Cannes Film Festival ke-57 dan People’s Choice Award.

Kalau kamu menyukai film ini, Michael Moore juga memiliki beberapa film lain yang menggunakan style yang sama. Beberapa diantaranya adalah Capitalism: A Love Story dan Where to Invade Next.

Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father

Pembuat film Kurt Kuenne dan teman masa kecilnya, Andrew Bagby, sering membuat film bersama sejak kecil. Kuenne memegang kameranya, dan Bagby menjadi tokoh yang selalu muncul di dalam film-filmnya. Pada bulan November 2001, setelah memutushkan hubungan dengan kekasihnya, Shirley Jane Turner, Bagby dinyatakan meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di Keystone State Park dengan lima luka tembakan. Turner menjadi tersangka utama dalam kematian Bagby. Situasinya menjadi lebih rumit ketika Turner menyatakan bahwa ia sedang mengandung anak Bagby. Pada bulan Juli 2002, Turner melahirkan sebuah anak laki-laki yang dia beri nama Zachary. 

Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father Foto: myfilmviews.com 

Film ini menceritakan perjalanan persahabatan Kuenne dan Bagby beserta perjuangan mereka untuk memenjarakan Turner. Film berdurasi 93 menit ini sangat emosional dan imersif, dan akan membuat kamu tersenyum, menangis, juga marah.

Samsara

Samsara adalah sebuah dokumenter visual dan musikal oleh Ron Frike. Film ini berusaha untuk mengkaji dan memamerken keindahan-keindahan dunia melalu film. Dibuat di 25 negara dalam waktu 5 tahun lho, teman-teman! Tim film mencari lokasi-lokasi yang memuat konsep samsara yang berarti birth, death, and rebirth. 

Samsara Foto: godisinthetvzine.co.uk 

Film ini sulit dijelaskan dengan kata-kata karena memang bukan sesuatu yang dapat diceritakan. Untuk dapat memahaminya, kamu harus menyaksikan dan merasakannya sendiri.

Position Among the Stars

Position Among the Stars adalah film ketiga dalam trilogi dokumenter berjudul The Eye of the Day. Series ini adalah rangkaian film-film Belanda/Indonesia yang terdiri dari The Eye of the Day, The Shape of the Moon, dan Position Among the Stars. Ketiga film ini menceritakan kisah tiga generasi sebuah keluarga miskin yang tinggal di pemukiman kumuh. Ketiga film ini fokus kepada aspek-aspek kehidupan yang berbeda, seperti agama dan status ekonomi. 

position among the stars Foto: i.ytimg.com 

Film-film ini menyuguhkan gambaran yang menarik hati tentang kehidupan sebagai rakyat miskin di masyarakat modern. Ketiganya memiliki fokus pada isu-isu sensitif serta teknik sinematografi yang kuat. Menonton film ini akan menyadarkan kamu pada beragam masalah yang dihadapi orang dalam kehidupan sehari-hari di sekelilingmu. Hal ini membuat trilogi karya Helmrich memenangkan World Cinema Documentary Competition di Sundance Film Festival 2005. Juga Chicago International Documentary Festival 2005, dan lainnya.

Ini hanya beberapa dari banyak sekali film dokumenter bagus yang ada di dunia. Kalau kamu baru memasuki dunia dokumenter, ini adalah beberapa rekomendasi film yang bagus untuk pemula. Kalau kamu menonton film-film di list ini, let us know! Apakah kamu memiliki rekomendasi-rekomendasi lain?

Beri Komentar