Rincian Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) Tahun 2020

Shabrina Alfari Jul 14, 2020 • 4 min read


seleksi mandiri UNNES 2020

Artikel ini memberikan rincian seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2020

--

Banyak penyesuaian yang harus dilakukan akibat kondisi pandemi COVID-19. Walaupun sebagian daerah telah melonggarkan peraturan PSBB, proses penerimaan mahasiswa baru di sejumlah PTN harus mengalami perubahan atau bahkan penundaan. Berkenaan dengan adanya wabah COVID-19, penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2020 yang tadinya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan seleksi berdasarkan portofolio. Catat informasi lengkapnya berikut ini.

Persyaratan Umum

  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) tahun 2020, 2019, dan 2018;
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju;
  3. Usia maksimal 22 tahun.

Kelompok Program Studi dan Jalur Penerimaan

1. Kelompok Program Studi:

  • Saintek: 2 pilihan program studi (ada 26 prodi S1 Saintek)
  • Soshum: 2 pilihan program studi (ada 43 prodi S1 Soshum)
  • Campuran: 2 pilihan program studi (ada 26 prodi S1 Saintek dan 43 Prodi S1 Soshum)

2. Jalur Penerimaan:

  • Jalur Reguler
  • Jalur Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)

Pilihan Program Studi

Peserta SM-UNNES 2020 berhak memilih maksimum 2 (dua) program studi (prodi) baik prodi kategori Saintek atau Soshum atau Campuran (kategori Saintek dan Soshum).

Prosedur Pendaftaran

  1. Membuka laman http://penerimaan.unnes.ac.id.
  2. Menentukan skema SM-UNNES 2020 yaitu memilih SM-UNNES Reguler, atau SM-UNNES KIP-K.
  3. Memilih kelompok program studi: Saintek, Soshum atau Campuran. (pilihan program studi bersifat final dan tidak bisa dirubah)
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2020.
  5. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil kecuali yang mendaftar melalui jalur KIP-K. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, channel internet banking atau Bank BNI di seluruh Indonesia dengan PIN pendaftaran sebagai kode pembayaran;
  6. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta menginput data nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi melalui aplikasi;
  7. Peserta wajib mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5 melalui aplikasi;
  8. Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio/video di youtube dan menginput tautan di aplikasi;
  9. Peserta mengunduh dan mengisi form kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) melalui aplikasi, ditandatangani orang tua/wali di atas meterai Rp. 6.000,- kemudian diunggah kembali di aplikasi;
  10. Mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri sebagai bukti pendaftaran.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES dapat dibayar melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia dengan menunjukkan PIN pendaftaran. Biaya pendaftaran tersebut meliputi:

  1. Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES 2020 pilihan kelompok Saintek/Soshum sebesar Rp250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES 2020 pilihan kelompok Campuran sebesar Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).
  3. Khusus bagi pendaftar Jalur KIP-K tidak dikenakan biaya pendaftaran

Jadwal Pendaftaran

  • Pendaftaran Online18 Mei – 3 Agustus 2020
  • Pembayaran Pendaftaran : 18 Mei – 4 Agustus 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 13 Agustus 2020

Hasil Seleksi

  1. Hasil seleksi SM-UNNES 2020 diumumkan pada tanggal 13 Agustus 2020 secara online melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id.
  2. Peserta SM-UNNES 2020 yang telah dinyatakan lulus seleksi pada suatu program studi tidak diperbolehkan pindah ke program studi lain.

Informasi pendaftaran dan jurnal pendaftaran selengkapnya bisa kamu lihat di laman penerimaan.unnes.ac.id. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lainnya juga akan diumumkan melalui laman resmi UNNES. Agar bisa menjadi yang terbaik dan menyisihkan para pendaftar lainnya, kamu harus bisa menunjukkan prestasi belajar yang maksimal. Ayo, terus semangat tingkatkan prestasi dan gapai cita-cita meski di rumah aja bersama bantuan Bimbel Ruangguru.

bimbel online

Beri Komentar