ruangbelajar: Solusi Belajar Mudah yang Anti Lelah

ruangbelajar

Artikel ini membahas tentang alasan mengapa ruangbelajar merupakan solusi cara belajar yang menghibur dari kepenatan atas jadwal kepadatan jadwal les bimbel

Squad, belajar di sekolah selama sekitar 8 jam sehari dan ditambah dengan bimbingan les menjadi hal yang umum bagi pelajar Indonesia ya. Tapi, pernah nggak sih kamu merasa stuck dan sulit untuk menerima pelajaran dari berbagai les tersebut? Hal ini dapat dikarenakan karena kamu telah diajari dengan metode pembelajaran yang tidak jauh berbeda (Widyantoro A. dkk, 2016) dari berbagai tempat bimbel yang kamu ikuti nih. Selain itu juga, hal ini dapat diakibatkan oleh fixed mindset yang telah tertanam pada dirimu. Singkatnya, fixed mindset merupakan sugesti negatif yang mendorong kamu untuk cepat menyerah dan tidak memiliki semangat juang belajar.

Di sisi lain, seorang pelajar juga diikutsertakan dalam beberapa les bakat, seperti les musik, menari, atau vokal. Kamu juga gitu nggak, nih? Kesibukan anak sekolah pastinya menjadi bertambah dengan banyaknya les yang diikuti. Padahal tidak jarang lho, jarak antara satu lembaga les dengan lainnya berjauhan. Hal ini tentunya dapat memakan banyak waktu dan tenagamu. Bukannya kamu merasa ‘terisi’ dengan berbagai pengetahuan, kamu malah rentan merasa kelelahan dan jenuh akan belajar. Nah, apabila hal ini terjadi, bisa-bisa kamu malah berhenti belajar dan menyerah begitu saja.

Menyiasati hal ini, Ruangguru berupaya dalam memberikan konsep pembelajaran yang menyenangkan dan mudah bagi pelajar Indonesia. Hal ini bertujuan agar kamu dan teman-temanmu merasa nyaman dan senang ketika belajar. Melalui kombinasi antara teknologi dan pendidikan, proses belajar diharapkan menjadi lebih mudah dan tidak melelahkan seperti yang kamu sering bayangkan. Konten yang terdapat dalam bimbel online ruangbelajar juga selalu disesuaikan dengan zaman dan kurikulum yang berlaku. Ruangguru melakukan improvisasi pada ketiga kurikulum berbeda, sehingga anak tidak merasa ‘berat’ ketika belajar,” jelas Kak Bona yang merupakan Master Teacher Curriculum Lead Ruangguru. Dengan mengusung konsep fun learning, diharapkan kamu dapat merasa terhibur dan menemukan hal baru dalam proses belajar tersebut.

Tidak seperti bimbel konvensional yang mengharuskan kamu untuk hadir dalam ruang kelas untuk waktu yang cukup lama, konsep elearning menghapus jarak dan menghemat waktu. Bimbel online ini memiliki keunggulan dengan memberikan kemudahan untuk mengakses pelajaran hanya lewat genggaman smartphone-mu. Tim Ruangguru paham betul bahwa kamu telah kehilangan banyak waktu bermain karena kesibukanmu sehari-hari. Oleh sebab itu, konten pelajaran yang terdapat di ruangbelajar dibuat sedemikian rupa agar kamu merasa terhibur dan tidak jenuh. Beberapa hal yang perlu kamu tahu, ruangbelajar sebagai bimbel online unggul dalam berbagai aspek lho.

1. Belajar dalam bentuk misi yang seru

Tiap topik pelajaran yang tersedia di ruangbelajar telah didesain dalam bentuk journey, seperti sedang bermain game. Terdapat video belajar animasi dilengkapi dengan latihan topik untuk mengasah kemampuanmu serta pembahasannya tiap soal. Tidak lupa, pada tiap bagian akhir terdapat rangkuman yang dapat kamu download.

ruangbelajar: bimbel online yang buat belajar jadi mudah dan tidak melelahkan

Cuplikan journey di ruangbelajar

Setelah seharian beraktivitas, kamu pasti lelah untuk melatih kemampuanmu dengan berlatih soal latihan. Tidak apa! Sebelum tidur kamu dapat menonton video belajar untuk tetap ingat dengan materi pelajaranmu kok. Oh ya, video pembelajarannya juga dapat di-download lho. Belajar dengan menonton video beranimasi akan memberikan kesan tertentu dalam proses pembelajaranmu. Videonya juga komunikatif dan tidak berdurasi panjang, jadi kamu tidak akan merasa bosan atau jenuh.

2. RG Inspire, asupan konten inspiratif sehari-hari

Tidak hanya menyediakan konten pelajaran pada umumnya, ruangbelajar mulai dari kelas 7 terdapat konten RG Inspire. Apa sih RG Inspire ini? Nah, konten yang tersedia dalam RG Inspire ini mengangkat isu-isu yang kita hadapi dalam keseharian. Konten yang diangkat di dalamnya berupa mengenal diri lebih baik, menghadapi kecemasan saat tes, hingga perencanaan karier untuk konten kelas 12 SMA. Berbagai macam pertanyaan dan kecemasan yang kamu hadapi, dapat kamu temukan jawaban dan sarannya dalam konten ini.

ruangbelajar: bimbel online yang buat belajar jadi mudah dan tidak melelahkanKonten RG Inspire di ruangbelajar 

Sama seperti konten mata pelajaran, di RG Inspire juga terdapat misi dan video animasi yang interaktif. Dengan adanya konten RG Inspire ini, diharapkan kamu terus semangat belajar dalam mengejar cita-cita. Konten ini paling pas dikerjakan ketika kamu sedang jenuh-jenuhnya belajar. Percaya deh! Kamu akan kembali bersemangat untuk berjuang lebih keras lagi!

3. Versi desktop untuk pengalaman menonton video belajar lebih puas

ruangbelajar: bimbel online yang buat belajar jadi mudah dan tidak melelahkan

Tampilan desktop ruangbelajar

Sering merasa terganggu dengan notifikasi dari media sosial di smartphone-mu ketika sedang belajar? Sekarang ruangbelajar hadir dalam versi desktop untuk kepuasan belajar menyenangkan yang maksimal. Dengan tersedianya versi ini, tentunya tampilan layar untuk menonton video belajar menjadi lebih besar. Mengenai konten yang terdapat dalam versi ini, sama saja kok, Squad. Mulai dari latihan topik, misi topik pelajar, hingga video animasinya tetap sama dengan versi smartphone.

Jadi gimana, Squad? ruangbelajar bisa kan jadi obat dari rasa lelah karena belajar? Berhubung masih bulan Juni, kamu masih ingat dong kalau ada promo kalau kamu melanjutkan untuk berlangganan ruangbelajar? Kamu bisa dapatkan diskon berlangganan hingga 60% ditambah hadiah tambahan berupa laptop, liburan ke Singapura, hingga umrah! Langganan sekarang yuk!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Anggraeni Puspitasari