Ruangguru Lengkapi Konten Pendidikan untuk Semua Jenjang

Rabia Edra Feb 7, 2018 • 3 min read


Jakarta, 7 Februari 2018. Di awal tahun 2018, Ruangguru melengkapi konten pendidikan di dalam platform ruangbelajar untuk semua jenjang mulai dari kelas 1 Sekolah Dasar (SD) hingga kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini juga merupakan wujud dukungan terhadap program pemerintah yaitu wajib belajar selama 12 tahun.  

“Kami melihat banyak orang tua yang mengeluh di usia sekolah dasar dimana banyak anak di usia tersebut lebih semangat bermain menggunakan gadget ketimbang belajar. Melalui platform ruangbelajar dengan metode belajar visual yang interaktif diharapkan bisa membangkitkan semangat anak-anak untuk belajar lebih giat, semudah ketika hendak bermain game.” ujar Belva Devara, Co-Founder dan CEO Ruangguru.

Platform ruangbelajar pertama kali diluncurkan di bulan September tahun 2017, dimana siswa dapat memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran. Memiliki ribuan video materi dan pembahasan, latihan soal serta rangkuman berbentuk infografis yang menarik membuat ruangbelajar menjadi sarana belajar terfavorit. Hingga saat ini, aplikasi Ruangguru sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play dan menempati peringkat pertama untuk aplikasi kategori pendidikan di Google Play dan iOS App Store.

“Kami tentunya merasa bangga bahwa aplikasi lokal buatan negeri sendiri, bisa merajai ranking aplikasi kategori pendidikan di Google Play dan App Store yang selama ini biasanya selalu didominasi oleh aplikasi asing. Hal ini akan menjadi motivasi kami untuk menyempurnakan aplikasi Ruangguru melalui konten-konten yang disediakan” tambah Iman Usman, Co-Founder dan CPO Ruangguru.

Bukan hanya konten pendidikan yang dilengkapi untuk semua jenjang, kini ruangbelajar juga menyediakan rubrik Ruangguru Inspire yaitu sebuah serial video inspiratif yang dapat membantu siswa untuk membangun konsep diri sehingga lebih terencana dalam membuat strategi belajar untuk meraih cita-cita siswa di masa depan, layanan ini tersedia mulai dari jenjang kelas 4 SD. Kedua co-founders Ruangguru, Belva Devara dan Iman Usman,  juga turut tampil mengisi rubrik Ruangguru Inspire ini.

Bantu Persiapan Ujian dan SBMPTN

Dalam waktu dekat, siswa kelas 6 SD, 9 SMP, 12 SMA juga akan disibukkan oleh persiapan menghadapi ujian nasional. Jutaan siswa kelas 12 SMA saat ini juga tengah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk bantu persiapan tersebut, Ruangguru juga menambah perbendaharaan kontennya dengan menyediakan paket belajar khusus SBMPTN di dalam platform ruangbelajar bersama Ruangguru digitalbootcamp yaitu belajar di dalam grup chat dengan tutor stand by.

Selain ruangbelajar dan digitalbootcamp, Ruangguru juga menyediakan layanan belajar lain yaitu jasa pencarian guru privat yang bernama ruangles, jasa konsultasi belajar privat online yang bernama ruanglesonline, dan fasilitas tryout ujian yang bernama ruanguji.

---

 Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 7 juta pengguna. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

New Call-to-action 

Beri Komentar