Ruangguru Luncurkan Program Kolaborasi Hidup Sehat Yuk! bersama Indofood dan FKM UI

Created by : Anggraeni Puspitasari
on Aug 6, 2018 2:13:24 PM
5 min read

Ruangguru berkolaborasi dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI meluncurkan program Hidup Sehat Yuk! pada hari Minggu, 22 Juli 2018 bertempat di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan. Peluncuran ini dihadiri oleh Brand Ambassador Ruangguru, Iqbaal Ramadhan dan Gita Savitri. Selain itu, hadir juga Axton Salim sebagai  Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH selaku Guru Besar FKM UI.

Ruangguru Hidup Sehat Yuk!Peluncuran Program Hidup Sehat Yuk! di Epicentrum XXI, Kuningan pada Minggu, 22 Juli 2018

Program Hidup Sehat Yuk! mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak, termasuk salah satunya Iqbaal Ramadhan sebagai Brand Ambassador Ruangguru. “Buat gue, ini jadi kolaborasi luar biasa banget. Ruangguru, Indofood, sama FKM UI bikin platform, Hidup Sehat Yuk! untuk membuat anak-anak Indonesia agar lebih peduli dengan kesehatan mereka masing-masing,” tuturnya. Selain itu, kolaborasi ini merupakan sebuah inovasi dalam memaksimalkan kegunaan teknologi untuk menyebarkan pesan penting tentang kesehatan.

Ruangguru Hidup Sehat Yuk!Belva Devara, Prof. Endang, Axton Salim, dan Iman Usman dalam konferensi pers Hidup Sehat Yuk!

“Dulu kita berpikir kalau mau sosialisasi apa pun, harus didatangi satu per satu sekolah. Sekarang, kita punya kampanye dengan Indofood, Hidup Sehat Yuk! yang di dalamnya ada pesan yang sangat penting. Daripada kita mengunjungi sekolah satu per satu yang 20 tahun saja belum tentu selesai. Kita masukan pesan tentang pentingnya gizi seimbang remaja ke aplikasi Ruangguru yang anak-anak pakai. Konten di dalamnya, kita kerja sama dengan FKM UI untuk memastikan kebenaran informasi yang tersedia,” jelas Belva Devara (CEO Ruangguru) ketika ditanya tanggapannya mengenai kolaborasi Hidup Sehat Yuk!.

Ruangguru Hidup Sehat Yuk!Iman Usman (CPO Ruangguru) memaparkan harapan dari diluncurkannya program Hidup Sehat Yuk!

“Jarang banget sebenarnya ada perusahaan start-up yang kerja sama dengan perusahaan yang sudah established seperti Indofood dan ada angle akademisinya juga. Kita mengharapkan kolaborasi ini dapat menginspirasi untuk berinovasi di sektor-sektor lain. Sebenarnya ‘kan isu sosial kita banyak, ada masalah lingkungan, kemiskinan, pendidikan, dan lain-lain. Kita berharap, kolaborasi ini jadi inspirasi bukan hanya teman-teman di sini atau pengguna Ruangguru, tapi organisasi-organisasi lain. Masalah-masalah sosial ini harus kita bersama yang bergerak, nggak bisa kita mengandalkan pemerintah saja, semua pihak harus gerak,” ucap Iman Usman (CPO Ruangguru) ketika ditanya oleh Gita Savitri tentang harapan dari kolaborasi ini.

Ruangguru Hidup Sehat Yuk!Axton Salim selaku Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Menurut Axton Salim, program Hidup Sehat Yuk! merupakan kolaborasi yang inovatif. “Saya kenal Bu Endang sejak 2015. Kita punya program sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang gizi. Namun, sosialisasi ini dirasa lamban, kurang interaktif, dan kurang engaging. Saya bertemu Pak Iman di World Economics di Switzerland. Dari situ, saya pelajari tentang Ruangguru, termasuk metodenya. Ternyata lebih exciting daripada yang sebelumnya saya lakukan. Lalu, terbentuklah program ini. Semoga teman-teman dapat memanfaatkan kerja keras kita dan semoga dapat belajar lebih tentang nutrisi,” jelas beliau ketika ditanya mengapa merasa tepat untuk melakukan kolaborasi dengan Ruangguru dan FKM UI.

Ruangguru Hidup Sehat Yuk!Prof. Endang selaku Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI

Bagi Prof. Endang, kolaborasi antara FKM UI, Ruangguru, dan Indofood merupakan hal yang sudah didambakan sejak lama. “Pengetahuan tentang gizi dirasa kurang dan praktiknya juga tidak maksimal. Maka, ketika ada tawaran kerja sama dengan Ruangguru dan Indofood, bagi kami itu merupakan dreams come true. Dibiayai oleh Indofood dan dikembangkan oleh Ruangguru. Jadi, ini salah satu bentuk kerja sama kami karena kesehatan merupakan tanggung jawab semua. Kita saling mendukung,” jelas beliau.

Ruangguru Hidup Sehat Yuk!
Pemaparan tentang isu kesehatan remaja oleh Gita Savitri

Dalam acara ini, dipaparkan juga tentang isu-isu kesehatan remaja di Indonesia, seperti stunting. Pemaparan ini dilakukan oleh Gita Savitri. Stunting merupakan kondisi ketika tumbuh kembang seorang anak tidak optimal yang ditentukan dalam 1000 hari awal kehidupan. “Stunting itu kondisi di mana tumbuh kembang seorang anak tidak optimal. Jadi, intinya dia pendek gitu ya,” tuturnya saat membuka presentasinya. “Stunting itu gara-gara apa sih? Stunting itu karena kurang gizi. Negara kita jadi salah satu negara terburuk untuk permasalahan gizi buruk ini.” Setidaknya 9,5 juta anak kecil di bawah 5 tahun mengalami gizi buruk. Permasalahan stunting lebih dari sekadar memiliki postur tubuh yang pendek. Stunting berdampak pada kesehatan anak. “Kalo orang pendek, dia punya lebih banyak peluang untuk kena obesitas, penyakit jantung, serta kognitif. Kognitif ini berkaitan dengan kemampuan dia dalam memecahkan masalah,” tambah Gita.

Selain itu, isu kesehatan remaja lain yang menjadi perhatian ialah anemia. “Sekitar 18,4% remaja di Indonesia terkena anemia. Kebanyakan karena kurang zat besi. Hal ini berdampak pada turunnya imun kita, berkurangnya konsentrasi,” ucap Gita. Fakta ini merupakan hasil dari Riset Kesehatan Dasar oleh Kementerian Kesehatan RI 2013. “Tandanya kalian kurang makan daging merah atau kacang-kacangan. Kalo untuk perempuan, anemia lebih berbahaya. Apalagi kalau lagi mengandung. Calon bayi bisa lahir prematur atau tumbuh stunting,” jelasnya ketika memaparkan mengenai penyebab dan bahaya anemia.

Stunting di Indonesia dianggap sebagai bencana nasional karena dapat menurunkan domestik bruto negara sebesar 3% atau sekitar 300 triliun/tahun. Lewat program Hidup Sehat Yuk! diharapkan masyarakat dapat lebih peduli akan kebutuhan gizi diri sendiri, sehingga masalah stunting dapat diatasi bersama. Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa kesehatan seseorang hingga ia dewasa ditentukan dari 1000 hari awal kehidupan. Edukasi tentang pentingnya memiliki gizi yang seimbang bagi remaja, khususnya untuk perempuan merupakan suatu hal penting. Maka, Hidup Sehat Yuk! hadir untuk membantu remaja memahami tentang pentingnya asupan gizi seimbang sejak dini.

Hidup Sehat Yuk! sudah dapat digunakan di aplikasi Ruangguru. Kontennya dapat diakses secara gratis, baik bagi pengguna yang sudah berlangganan atau tidak. Agar kamu lebih mudah memahami bagaimana sih cara menggunakan Hidup Sehat Yuk! di aplikasi Ruangguru, cek video di sini ya.

 

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read