Matematika Kelas 6 | Rumus-rumus Kubus dan Balok

header rumus kubus dan balok

Cerita petualangan Roro Guntur kali ini akan mengisahkan tentang Roro yang mencoba menjelaskan tentang rumus-rumus kubus dan balok. Ingin tahu bagaimana kisah selengkapnya? Yuk, baca ceritanya di bawah ini.

---

“Dadaahh Guntur...sampai ketemu besok di sekolah ya”, ucap Roro sambil melambaikan tangannya.

Guntur juga melakukan hal yang sama dan mereka pun berpisah jalan.

Roro dan Guntur baru saja membeli bola di toko olahraga. Dari kegiatan membeli bola tersebut, mereka mencoba mengingat cara menghitung volume dan luas permukaan bola yang sudah dipelajari di sekolah.

Tidak lama kemudian Roro sudah sampai di rumahnya.

“Ibu, Roro pulang,”

“Eh kamu sudah dapat bola volinya?”, tanya ibu Roro.

“Sudah bu,” jawab Roro singkat dengan sedikit lemas.

“Syukurlah kalau sudah dapat. Hmmm...ibu tahu, kamu pasti lapar ya?”

Roro mengangguk.

“Ya sudah, kalau begitu ayo makan dulu. Ibu sudah siapkan makan buat kamu,”

pengertian rumus kubus dan balok

Roro dan ibunya menuju ke ruang makan. Mereka makan bersama. Terlihat Roro dengan lahapnya menyantap hidangan yang sudah dibuatkan oleh ibunya.

“Kamu suka dengan makanannya?”

“Iya, Bu. Enak banget,”

Ibu Roro tersenyum dan tak lama kemudian berkata, “Ro, nanti bantu ibu membeli kotak tisu ya di pasar,”

“Kotak tisu yang seperti apa bu?”

“Kotak tisu yang kecil aja. Besok ibu ketempatan arisan, jadi buat ditaruh pas ada tamu aja sih?”

“Oh..kotak tisu yang bentuknya kubus ya?”

“Iya. Eh...emangnya ada berapa bentuknya sih kotak tisu itu?”

“Setahu Roro ada yang bentuknya kubus dan balok,”

bentuk rumus kubus dan balok

“Oh beda ya? Ibu baru tahu. Kok kamu tahu macam-macam bentuknya sih, Ro?”

“Roro mengamati bentuknya itu ngga asing dengan yang sudah pernah dijelaskan di sekolah, Bu. Kubus dan balok kan bangun ruang, otomatis bisa menjadi sebuah tempat yang bisa diisi sesuatu. Kebetulan bentuknya kotak tisu, ya berarti diisi dengan tisu,”

“Berarti kamu juga tahu dong rumus-rumus yang ada dalam sebuah kubus itu?”

Roro sejenak mengambil gelas di hadapannya dan meminumnya. Ibunya sedari tadi hanya melihat hal yang dilakukan Roro sembari tersenyum.

“Tahu dong, Bu. Kubus itu termasuk bangun ruang kan. Nah, berarti bisa dihitung volume dan luas permukaannya,” jelas Roro.

“Coba jelaskan, ibu ingin tahu,”

“Jadi gini Bu, kubus itu memiliki rusuk yang saling berhubungan. Untuk menghitung volumenya, maka rumus yang berlaku ialah rusuk pangkat tiga s3. Lalu, untuk menghitung luas permukaannya menggunakan rumus enam dikalikan sisi kuadrat atau 6s2

Kemudian, ibu Roro bertanya lagi, “Kalau balok bagaimana?”

“Kalau balok rumus menghitung volumenya panjang dikali lebar dikali tinggi p x l x t, Sedangkan luas permukaan balok bisa dhitung menggunakan rumus panjang dikali lebar tambah panjang dikali tinggi ditambah lebar dikali tinggi, kemudian dikalikan dua atau 2(p x l) + (p x t) + (l x t)

rumus volume dan luas permukaan kubus balok

“Wah kamu sudah paham ya, Ro. Ibu bangga sama kamu,”

“Iya dong, anaknya siapa duluu…”, ucap Roro sambil tersenyum.

“Ya sudah, ayo kita berangkat ke pasar sekarang,” ucap ibu sambil beranjak dari tempat duduknya.

Nah, gimana ceritanya dari Roro tadi? Sudah paham? Sekarang, jawab latihan soal berikut ya..

latihan soal rumus dan kubus SD

Coba tulis jawabannya di kolom komentar ya.

Buat kamu yang masih mau lebih banyak tahu tentang materi belajar matematika kelas 6 dan belajar lebih seru bareng teman-teman, gabung di ruangbelajar Plus yuk. Selain ada video animasinya, kamu juga terhubung dengan grup belajar dengan teman-teman di seluruh Indonesia. Gabung sekarang juga di ruangbelajar Plus!

New Call-to-action

Beri Komentar