Rumus Simple Future Tense dan Penerapannya dalam Kalimat

Rumus Simple Future Tense dan Penerapannya dalam Kalimat

Halo Squad! Siapa di antara kalian yang sudah punya rencana untuk masa depan? Waah, kalau berbicara mengenai masa depan terkesan sangat serius ya. Nah, karena cukup serius, sebaiknya memang dipersiapkan matang-matang. Tahukah kamu, dalam bahasa Inggris, ada jenis tenses yang digunakan untuk menjelaskan apa yang akan terjadi di masa depan, lho! Yap, nama tensesnya adalah Simple Future Tense. Penggunaan Simple Future Tense menyatakan adanya suatu kegiatan yang akan terjadi di masa depan baik secara spontan maupun terencana. Penasaran? Yuk, belajar rumus Simple Future Tense dan penerapannya dalam kalimat!

Baca Juga: Mengenal Contoh Expressing Appreciation

Rumus Simple Future Tense dan Penerapannya dalam Kalimat

Hayo tebak, dalam percakapan di atas, jenis tenses apa yang digunakan? Yap! betul banget, tenses yang digunakan adalah Simple Future Tense. Penggunaan Simple Future Tense dapat dilihat saat Theo mengatakan “What are you going to do in summer?”, “My sister and I are going to visit my grandparents in Wellington.” Begitupun dengan Maggie yang mengatakan “I’m going to join an international student exchange program." Untuk membentuk kalimat dengan menggunakan Simple Future Tense, jenis verb yang bisa digunakan antara lain will, shall, dan to be+going to. Kita bahas satu demi satu, ya!

Will dan Shall

Will dan Shall mempunyai arti yang sama yaitu ‘akan’ yang bisa dipakai untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan dilakukan di masa depan. Dalam British English, shall digunakan jika subjeknya adalah I/We. Sedangkan dalam American English, semua subjek dapat menggunakan will. Will/Shall secara khusus digunakan untuk menyatakan janji, prediksi dan aksi sukarela. Contoh kalimatnya antara lain I will finish my homework tonight (saya akan menyelesaikan pekerjaan rumah saya malam ini) dan We shall see the movie next Sunday (kami akan menonton film hari minggu depan).

To Be+Going To

To be+going to mempunyai arti yang sama seperti Will dan Shall, yakni “akan”. To be+going to berfungsi untuk menyatakan perbuatan terencana di masa depan. Selain itu, seperti will dan shall, to be+going to juga bisa digunakan untuk menyatakan prediksi. Psst, jika kamu ingin memakainnya dalam percakapan sehari-hari dan percakapan umum, kamu bisa menggunakan kata gonna, lho! gonna sendiri merupakan bentuk sederhana dan informal dari to be+going to. Tapi, kamu sangat tidak disarankan untuk menggunakan kata gonna dalam konteks formal, ya! Contoh kalimat dengan to be+going to antara lain adalah He is going to adopt the dog next week (dia akan mengadopsi anjing minggu depan).

Perlu kamu ingat, perbedaan penggunaan shall, will dan to be+going to terletak pada seberapa besar peluang hal yang direncanakan tersebut akan terjadi di masa depan. Will dan shall menyatakan keinginan yang masih belum tentu terjadi di massa depan, sedangkan To be+going to menyatakan sesuatu yang kemungkinan besar terjadi karena sudah terencana dengan baik sebelumnya.

Keterangan Waktu Simple Future Tense

Squad, ada beberapa keterangan waktu yang bisa digunakan jika kamu ingin membuat kalimat dengan Simpel Future Tense. Apa saja, sih? Yuk, kita simak! 

Rumus Simple Present Tense dan Penerapannya dalam Kalimat

Nah, mudah kan, Squad? Jangan lupa terus berlatih supaya lebih jago, ya! Supaya makin jago, yuk belajar dengan tutor standby di Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa punya teman belajar dari seluruh Indonesia. Belajarnya juga cuma lewat group chat, lho! Seru abis, kan? Yuk, ikutan sekarang! 

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar