Sedang Mencari Pekerjaan? Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilihnya

Jumroh

Apr 22, 2019 • 4 min read

Sukses Kerja tips & trick


 Artikel ini membahas tentang beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih pekerjaan

--

Rekan Kerja, dalam mencari pekerjaan tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan RI, 63% penduduk Indonesia bekerja tidak sesuai dengan jurusannya. Hal tersebut tentunya membuat kualitas kerja berkurang. Tak sedikit dari mereka yang memilih lintas jurusan, bahkan tidak sesuai dengan minat. Hal ini dikarenakan kebutuhan sosial, gengsi dan tawaran jabatan tetap dari perusahaan. Namun, tak sedikit pula dari mereka yang menyesal telah terjun ke dalam pekerjaan tersebut karena merasa tidak cocok dengan mereka. Nah, Rekan Kerja, jangan sampai salah memilih pekerjaan ya. Perhatikan beberapa hal berikut agar tidak menyesal dikemudian hari.

1. Minat

Yakinkan pekerjaan tersebut sesuai dengan minat Anda (Sumber: Courses.lumenlearning.com)

Rekan Kerja, sebelum memilih pekerjaan cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, apakah Anda berminat pada pekerjaan tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu Anda untuk menentukan pekerjaan Anda, karena jika Anda menginginkan pekerjaan tersebut karena minat Anda, tentunya akan mudah bagi Anda untuk mengembangkan skill, dan pekerjaan Anda. Namun, jika tidak sesuai dengan minat Anda, akan cukup sulit untuk Anda berkembang dalam pekerjaan tersebut. Karena pada dasarnya akan lebih mudah mempelajari sesuatu yang Anda suka dibandingkan dengan mempelajari hal yang tidak sesuai minat Anda.

2. Skill

Asah skill Anda untuk membantu mengembangkan karier Anda (Sumber: khabarindia.in)

Rekan Kerja, dalam menentukan karier, selain minat Anda juga harus memerhatikan skill Anda dalam bidang tersebut. Skill ini dibutuhkan agar Anda bisa bersaing di dunia kerja, yang saat ini serba cepat dan canggih, tak hanya bersaing dengan rekan Anda, tidak menutup kemungkinan nanti Anda juga harus bersaing dengan robot yang bisa saja menggantikan posisi Anda di perusahaan.  Skill ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard skill, dan soft skill. Hard skill merupakan kemampuan utama yang menunjang pekerjaan tersebut, misalnya Anda memiliki skill dalam menggambar, dan mampu menggunakan software desain. Sementara soft skill adalah kemampuan terkait kepribadian Anda, contohnya kemampuan Anda dalam berkomunikasi, negosiasi, kepemimpinan, dan lainnya yang menunjang karier Anda. Untuk itu, terus asah skill Anda ya, Rekan Kerja.

Baca juga: Ini Dia Skill yang Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2019

3. Prospek kerja

Cari tahu apakah pekerjaan yang akan Anda pilih memiliki prospek yang bagus (Sumber: gapaiimpiananda.blogspot.com)

Selain harus memerhatikan minat dan kemampuan Anda dalam memilih pekerjaan, cobalah untuk melihat bagaimana prospek pekerjaan Anda di perusahaan tersebut. Anda bisa mulai mencari informasi bagaimana perkembangan perusahaan tersebut dalam beberapa tahun terakhir, atau Anda juga bisa mencari tahu bagaimana alur jabatan di perusahaan tersebut, sehingga Anda bisa merancang perkembangan karier Anda dengan baik agar Anda mampu menempati posisi yang menjanjikan di perusahaan tersebut. Cara mudah mengidentifikasi prospek pekerjaan tersebut adalah dengan melihat apa saja yang mereka tawarkan ketika Anda melakukan wawancara kerja dengan mereka, atau mungkin Anda bisa bertanya bagaimana lingkungan kerja di sana, dan apa feedback seperti apa yang perusahaan inginkan dari Anda. Selain itu, prospek kerja ini juga harus di pertimbangkan karena berkaitan dengan tujuan jangka panjang  Anda.

4. Tujuan

Tentukan goals apa yang ingin Anda capai dalam karier Anda (Sumber: Grammarly.com)

Dalam bekerja, tentunya Anda harus memiliki tujuan. Misalnya, ketika Anda bekerja di suatu perusahaan goals Anda adalah menjadi Direktur. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut tentunya Anda harus bersiap dengan berbagai hal yang harus dilakukan, seperti bekerja dengan giat, dan melakukan pekerjaan dengan sempurna agar cepat mendapatkan promosi jabatan, selain itu perbanyak juga relasi agar mempermudah Anda dalam mengembangkan karier, perusahaan Anda.

Nah, Rekan Kerja, dari beberapa hal di atas kira-kira apakah Anda sudah memiliki bayangan untuk memilih pekerjaan impian Anda? Selain harus mempertimbangkan hal di atas, Anda juga harus memikirkan cara untuk mencapai pekerjaan impian Anda. Salah satu caranya adalah dengan terus memperbaiki diri dan mengasah kemampuan Anda dengan giat. Untuk mengasah kemampuan tersebut, Anda bisa mengikuti berbagai kelas yang tersedia di aplikasi ruangkerja yang akan membantu Anda untuk mengasah skill Anda. Selain itu, Anda juga bisa membaca artikel-artikel menarik yang tersedia di sana. Yuk, unduh aplikasinya sekarang. Gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts