Matematika Kelas 7 | Serba-Serbi Segitiga: Garis, Sudut, dan Bangun Istimewa

Kresnoadi

Nov 12, 2018 • 5 min read

Konsep Pelajaran SMP Kelas VII matematika vii


Keistimewaan Segitiga

Artikel matematika kelas VII ini membahas serba-serbi dalam bangun segitiga. Baik garis istimewa pada segitiga, sudut pada segitiga, dan bangun segitiga istimewa.

--

Menurut kamu, bangun apa yang punya banyak keistimewaan? Kotak? Lingkaran? Atau… segitiga? Yah, emang, sih, semuanya pasti punya keunggulan dan keunikan sendiri-sendiri. Tapi, coba, deh, bayangin. Simbol-simbol apa yang identik dengan “kehebohan”, kebanyakan pasti segitiga. Piramida di mesir, misalnya. Berbentuk segitiga jika dilihat dari keempat sisinya. Begitu juga ada pada mitos segitiga Bermuda.

Kalau dipikir-pikir, emang gawat si segitiga ini. Pada matematika aja, kamu bisa menemukan 3 hal yang istimewa dari segitiga.

GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA

Pada segitiga, kamu akan menemukan 4 garis istimewa. Apa aja tuh? Ada garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.

garis istimewa pada segitiga-1

Garis Tinggi Suatu Segitiga

Garis Tinggi adalah garis lurus yang menghubungkan satu titik ke sisi di hadapannya secara tegak lurus. Coba kamu liat pada gambar deh. Di sana, garis apa yang disebut dengan garis tinggi? Ya, betul. Garis CJ, AH, dan BI adalah garis tinggi. Pertemuan dari garis tinggi (titik 0) disebut dengan titik tinggi.

Garis Bagi Suatu Segitiga

Garis Bagi adalah garis yang menghubungkan satu titik ke sisi di hadapannya dan menjadikannya dua sudut sama besar. Di gambar terlihat kalau garis AD membagi sudut BAC jadi 2 bagian sama besar, kan. Yaitu sudut BAD = sudut CAD. Oleh karena itu, garis AD disebut dengan garis bagi.

Garis Berat Suatu Segitiga

Garis Berat adalah garis yang menghubungkan satu titik ke sisi di hadapannya dan membagi sisi itu menjadi dua bagian sama panjang. Coba, bisa nggak kamu menemukan mana yang disebut dengan garis berat pada gambar di atas? Iya, betul Garis AD, BE, dan CF, kalau kamu perhatikan memotong panjang garis lain menjadi 2 garis sama panjang kan.

Garis Sumbu Suatu Segitiga

Garis Sumbu adalah garis lurus yang menghubungkan satu titik pada segitiga dengan sisi di hadapannya dan membagi sisi tersebut menjadi 2 bagian sama panjang secara tegak lurus. Gambar di atas menunjukkan kalau garis DE melalui titik tengah AB sekaligus tegak lurus AB. Garis DE ini, disebut juga dengan garis sumbu AB.

SUDUT ISTIMEWA PADA SEGITIGA

Selain garis, segitiga juga mempunyai sudut istimewa. Sudut? Apanya yang istimewa dari sebuah sudut?

Baca juga: Cara Menghitung Keliling dan Luas Segitiga

Coba, deh, potong sebuah kertas menjadi bentuk segitiga. Kemudian, gunting ketiga pinggirnya dan jejerkan. Pasti bagian bawah hasil potongan segitiga kamu dapat menghasilkan garis lurus. Hal ini menandakan kalau jumlah dari 3 sudut segitiga adalah 180o.

total sudut pada segitigaTotal sudut pada segitiga (Sumber: Mathsong By Numberock via Youtube)

 

Ingat ya, ilustrasi di atas cuma contoh. Bisa saja segitiga lain bukan bersudut 40o, 40o, dan 100o. Tapi, satu hal yang pasti, total dari jumlah ketiga sudut pada segitiga adalah 180o. Sebaliknya, untuk menentukan sudut luar dari segitiga, kamu tinggal menggunakan rumus 180 dikurangi sudut dalamnya. Contohnya:

sudut luar segitiga

Sudut Y = 180 - sudut C

BANGUN ISTIMEWA DALAM SEGITIGA

Dalam segitiga, ada bangun-bangun yang mempunyai sifat khusus. Nah, segitiga semacam ini dinamakan dengan segitiga istimewa. Adapun segitiga istimewa adalah segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, dan segitiga sama sisi.

Segitiga Siku-siku

segitiga siku-siku

Segitiga siku-siku adalah satu-satunya bangun segitiga yang mempunyai sudut 90o di salah satu sudutnya. Dia mempunyai sisi siku dan miring (hipotenusa). Salah satu contoh dari bangun segitiga siku-siku adalah pada bendera segitiga.

Segitiga Sama Kaki

sifat segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki adalah bangun segitiga yang mempunyai dua sisi yang sama panjang. Selain panjangnya, segitiga ini juga akan memiliki dua sudut yang sama besar. Misalnya, Sudut A dan B pada gambar masing-masing 50o. Itu artinya, sudut C pasti memiliki besaran senilai 80o. Salah satu sifat lainnya adalah, kalau kamu memotong segitiga ini pada garis tengah (CD), maka akan menghasilkan dua segitiga siku-siku yang sama besar.

Segitiga Sama Sisi

sifat segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah bangun segitiga yang memiliki panjang sisi yang sama. Itu artinya, ketiga sudutnya pun punya besaran yang sama. Hayo, ada yang bisa tebak berapa besar sudutnya? Yak, betul. 180:3 = 60o.  Jika kamu putar dari sisi manapun, segitiga ini akan tetap punya bentuk yang sama, lho!

Nah, ternyata banyak kan hal-hal yang istimewa dari bangun segitiga ini. Mulai dari garis istimewa, sudut istimewa, sampai bangun segitiga yang istimewa. Kalau kamu ingin mencoba latihan-latihan soal mengenai segitiga ini, kamu bisa tonton ruangbelajar. Setelah mendapatkan video beranimasi, kamu akan diberikan berbagai soal untuk membantu kamu memahami materi itu, lho! 

 ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts