Sejarah Hari Guru Sedunia 5 Oktober: Sudah Diperingati sejak 1994

Memperingati Sejarah Hari Guru Sedunia

Peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada 5 Oktober setiap tahunnya. Artikel ini kami persembahkan untuk Bapak/Ibu Guru yang sudah berdedikasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi Bapak/Ibu Guru supaya lebih semangat dalam mengajar.

Bagi kami, yang berkegiatan sebagai penulis artikel di blog ini, guru merupakan pahlawan. Tidak bisa dibayangkan jika kami tidak diajarkan oleh Bapak/Ibu Guru. Mungkin tidak akan ada artikel-artikel yang terbit di blog ini.

Menyambut peringatan Hari Guru Sedunia di tahun 2022 kali ini, blog Ruangguru mempersembahkan sebuah artikel. Di artikel ini kami akan bahas tentang sejarah peringatan Hari Guru Sedunia.

Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober ini diperingati sejak tahun 1994. Ada pun tujuan adanya peringatan hari guru ini ialah untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia. Dukungan ini dicanangkan untuk memberi keyakinan bahwa generasi masa depan kehidupannya ditentukan oleh guru.

guru terbaik dunia 2021, Keisha Thorpe

 

Sejarah Hari Guru Sedunia

Awalnya, kesepakatan untuk memperingati Hari Guru Sedunia lahir dalam konferensi UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) di Paris pada tahun 1994. Konferensi ini melibatkan 76 perwakilan negara dan 35 organisasi internasional. Topik yang dibahas saat itu berkaitan dengan “Recommedation Concerning the Status of Teachers”. 

Selama konferensi tersebut berlangsung, tepatnya mulai 21 September sampai 5 Oktober 1994, menghasilkan rekomendasi terkait sikap profesional guru. UNESCO menyatakan bahwa adanya peringatan Hari Guru Sedunia ini merupakan sebuah wujud rasa peduli, pemahaman, dan apresiasi untuk guru yang mengajar dan mendidik membangun generasi.

Penetapan Hari Guru sedunia ini berdasarkan penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia. Dalam dokumen yang ditandatangani dijelaskan bahwa standar perekrutan, pelatihan guru di dunia, dan kondisi pekerjaan guru bisa diadvokasi. Menurut UNESCO, peringatan Hari Guru Sedunia merupakan bentuk dari apresiasi, pemahaman, dan sikap peduli terhadap para guru.

Baca Juga: Teacher’s Talk Time: Proporsi Guru Berbicara di Kelas yang Ideal

Peringatan Hari Guru Sedunia 2022

Tidak hanya sebatas penghargaan atas jasa-jasa guru di dunia, Hari Guru Sedunia juga menjadi tolok ukur terkait hak, tanggung jawab, rekrutmen, dan kegiatan belajar mengajar. Momentum peringatan di tahun ini mengangkat tema “The Transformation of Education Begins With Teachers” (Transformasi Pendidikan Dimulai dari Guru). Tema ini ditetapkan dalam konferensi PBB “Transforming Education Summit 2022” yang diselenggarakan pada September 2022 lalu.

hari guru Rusia

Salah satu poin pembahasan dalam konferensi tersebut adalah tantangan yang dialami oleh dunia pendidikan selama pandemi Covid-19. Dalam kondisi pandemi, guru dianggap sebagai faktor yang paling menentukan kualitas pendidikan. sekolah-sekolah di seluruh dunia yang ditutup selama pandemi Covid-19 memperdalam apresiasi publik terhadap pekerjaan guru yang penting dan semakin menantang.

Setelah keadaan membaik dan sekolah-sekolah dibuka kembali, tanggung jawab guru semakin besar untuk mempercepat pemulihan pembelajaran. Oleh karena itu, “The Transformation of Education Begins With Teachers” akhirnya disepakati untuk diangkat sebagai tema Hari Guru Sedunia tahun 2022.

Di tengah pandemi ini, tantangan yang dihadapi oleh para guru seyogyanya disikapi dengan bijak. Memahami teknologi digital terbaru dan tentunya mengembangkan soft skills yang dimiliki siswa bisa menjadi rencana pembelajaran tersendiri kedepannya kelak.

 

buku misteri

Biasanya, di beberapa negara, peringatan Hari Guru Sedunia ini dilakukan dengan memberikan hadiah sederhana (bunga atau coklat) yang diberikan oleh siswa. Hal ini menunjukkan ungkapan terima kasih dari siswa kepada guru yang sudah mengajarnya.

Baca Juga: 9 Alasan Kenapa Jadi Guru Itu Keren

Tapi, tahukah Bapak/Ibu Guru sekalian? Bahwa peringatan Hari Guru Sedunia di tanggal 5 Oktober itu tidak bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional di beberapa negara negara. Contohnya saja di Indonesia. Hari Guru Nasional Republik Indonesia diperingati bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia di tanggal 25 November.

Ruangguru berkomitmen memberikan pelayanan tidak hanya kepada siswa, namun juga kepada guru untuk menunjang efektivitas kegiatan belajar mengajar. Untuk Bapak/Ibu Guru, Ruangguru menghadirkan Mitra Pengajar Ruangguru. Dapatkan penghasilan tambahan dan keuntungan lainnya dengan menjadi Mitra Pengajar Ruangguru di ruangpengajar sekarang juga!

IDN CTA Blog Akademia by Ruangguru

Referensi

‘Hari Guru Sedunia’, Wikipedia, id.wikipedia.org (daring). Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Guru_Sedunia (diakses 1 Oktober 2020)

‘Di Balik Peringatan Hari Guru Sedunia dan Ancaman Krisis Tenaga Pendidik’, Vina Fadhrotul Mukaromah, Kompas.com (daring). Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/05/192000965/di-balik-peringatan-hari-guru-sedunia-dan-ancaman-krisis-tenaga-pendidik?page=all (diakses 2 Oktober 2020)

‘Hari Guru Sedunia dan Kisah di Balik Perayaannya’, Niken Widya Yunita, detikNews (daring). Tautan: https://news.detik.com/berita/d-4734775/hari-guru-sedunia-dan-kisah-di-balik-perayaannya (diakses 2 Oktober 2020)

‘Buku Misteri, Inovasi Guru di Tengah Pandemi’, Selamat Pagi Indonesia, metrotvnews.com (daring). Tautan: https://www.metrotvnews.com/play/kWDCd9J6-buku-misteri-inovasi-guru-di-tengah-pandemi (diakses 2 Oktober 2020)

AHppreciate Your Russian Teachers Day Celebration‘, Sandramarx, Liden & Denz (daring). Tautan: https://lidenz.ru/teachers-day-in-russia/ (diakses 2 Oktober 2020)

‘Hari Guru Sedunia, Berikut Sejarah dan Tema di Tahun 2022’, Edward Ridwan, detikSulsel (daring). Tautan: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6330142/hari-guru-sedunia-berikut-sejarah-dan-tema-di-tahun-2022/2 (diakses 5 Oktober 2022) 

Sumber Foto

Photo by ROBIN WORRALL
https://unsplash.com/photos/Q8HfuO9udts

Photo by fotografierende
https://www.pexels.com/photo/mini-globe-figure-1925535/

Buku misteri: Tanoto Foundation
https://tanotofoundation.org/id/news/buku-misteri-inovasi-cara-mengajar-dari-batu-bara/

Ruangguru