Memperingati Sejarah Hari Guru Sedunia

Ruangguru Okt 5, 2020 • 4 min read


sejarah hari guru sedunia

Peringatan Hari Guru Sedunia tepat jatuh pada hari ini, 5 Oktober. Artikel ini kami persembahkan untuk Bapak/Ibu Guru yang sudah berdedikasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi Bapak/Ibu Guru supaya lebih semangat dalam mengajar.

---

Bagi kami, yang berkegiatan sebagai penulis artikel di blog ini, guru merupakan pahlawan. Tidak bisa dibayangkan jika kami tidak diajarkan oleh Bapak/Ibu Guru. Mungkin tidak akan ada artikel-artikel yang terbit di blog ini.

Menyambut peringatan Hari Guru Sedunia di tahun 2020 kali ini, blog Ruangguru mempersembahkan sebuah artikel. Di artikel ini kami akan bahas tentang sejarah peringatan Hari Guru Sedunia.

Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober ini diperingati sejak tahun 1994. Ada pun tujuan adanya peringatan hari guru ini ialah untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia. Dukungan ini dicanangkan untuk memberi keyakinan bahwa generasi masa depan kehidupannya ditentukan oleh guru.

guru terbaik sedunia

UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) menyatakan bahwa adanya peringatan Hari Guru Sedunia ini merupakan sebuah wujud rasa peduli, pemahaman, dan apresiasi untuk guru yang mengajar dan mendidik membangun generasi.

Penetapan Hari Guru sedunia ini berdasarkan penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia. Dalam dokumen yang ditandatangani dijelaskan bahwa standar perekrutan, pelatihan guru di dunia, dan kondisi pekerjaan guru bisa diadvokasi.

Tidak hanya sebatas penghargaan atas jasa-jasa guru di dunia, Hari Guru Sedunia juga menjadi tolok ukur terkait hak, tanggung jawab, rekrutmen, dan kegiatan belajar mengajar. Momentum peringatan di tahun ini kiranya juga akan fokus pada kegiatan guru yang mengajarkan siswa dari rumah akibat pandemi COVID-19.

 

peringatan sejarah hari guru sedunia

Biasanya, di beberapa negara, peringatan Hari Guru Sedunia ini dilakukan dengan memberikan hadiah sederhana (bunga atau coklat) yang diberikan oleh siswa. Hal ini menunjukkan ungkapan terima kasih dari siswa kepada guru yang sudah mengajarnya.

Baca Juga: 9 Alasan Kenapa Jadi Guru Itu Keren

Tapi, tahukah Bapak/Ibu Guru sekalian? Bahwa peringatan Hari Guru Sedunia di tanggal 5 Oktober itu tidak bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional di beberapa negara negara. Contohnya saja di Indonesia. Hari Guru Nasional Republik Indonesia diperingati bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia di tanggal 25 November.

hari guru sedunia di rusia

Untuk peringatan Hari Guru Sedunia tahun 2020 kali ini, UNESCO akan mengangkat tema “Guru Memimpin dalam Krisis, Menata Kembali Masa Depan”. Krisis yang diakibatkan oleh COVID-19 ini menambah tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Para guru di seluruh dunia diharapkan bisa turut melindungi hak dan kewajiban mendidik serta membimbing siswa meskipun kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah (tidak tatap muka secara langsung).

Nah, itu tadi sejarah singkat Hari Guru Sedunia dan tema peringatan di tahun 2020 kali ini. Di tengah pandemi ini, tantangan yang dihadapi oleh para guru seyogyanya disikapi dengan bijak. Memahami teknologi digital terbaru dan tentunya mengembangkan soft skills yang dimiliki siswa bisa menjadi rencana pembelajaran tersendiri kedepannya kelak.

Ruangguru berkomitmen memberikan pelayanan tidak hanya kepada siswa, namun juga kepada guru untuk menunjang efektivitas kegiatan belajar dari rumah. Untuk Bapak/Ibu Guru, Ruangguru telah menghadirkan ruangkelas. Dalam layanan ini Bapak/Ibu Guru bisa memberikan tugas, memberi materi, hingga diskusi secara daring dengan siswa. Gabung di ruangkelas sekarang dan mulai kelola kelas Anda sekarang juga.

ruangkelas untuk guru

Referensi

'World Teachers Day', UNESCO, unesco.org (daring). Tautan: https://en.unesco.org/commemorations/worldteachersday (diakses 1 Oktober 2020)

'Hari Guru Sedunia', Wikipedia, id.wikipedia.org (daring). Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Guru_Sedunia (diakses 1 Oktober 2020)

'Dinobatkan Sebagai Guru Terbaik Dunia, Ini Kisah Hidupnya', Afifah Cinthia Pasha, liputan6.com (daring). Tautan: https://hot.liputan6.com/read/3931265/dinobatkan-sebagai-guru-terbaik-dunia-ini-kisah-hidupnya (diakses 1 Oktober 2020)

'Di Balik Peringatan Hari Guru Sedunia dan Ancaman Krisis Tenaga Pendidik', Vina Fadhrotul Mukaromah, Kompas.com (daring). Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/05/192000965/di-balik-peringatan-hari-guru-sedunia-dan-ancaman-krisis-tenaga-pendidik?page=all (diakses 2 Oktober 2020)

'Hari Guru Sedunia dan Kisah di Balik Perayaannya', Niken Widya Yunita, detikNews (daring). Tautan: https://news.detik.com/berita/d-4734775/hari-guru-sedunia-dan-kisah-di-balik-perayaannya (diakses 2 Oktober 2020)

'Buku Misteri, Inovasi Guru di Tengah Pandemi', Selamat Pagi Indonesia, metrotvnews.com (daring). Tautan: https://www.metrotvnews.com/play/kWDCd9J6-buku-misteri-inovasi-guru-di-tengah-pandemi (diakses 2 Oktober 2020)

'Appreciate Your Russian Teachers Day Celebration', Sandramarx, Liden & Denz (daring). Tautan: https://lidenz.ru/teachers-day-in-russia/ (diakses 2 Oktober 2020)

Sumber Foto

The White House from Washington, DC / Public domain
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9d/Peter_Tabichi_in_the_Oval_Office.jpg

Photo by ROBIN WORRALL
https://unsplash.com/photos/Q8HfuO9udts

Photo by fotografierende
https://www.pexels.com/photo/mini-globe-figure-1925535/

Buku misteri: Tanoto Foundation
https://tanotofoundation.org/id/news/buku-misteri-inovasi-cara-mengajar-dari-batu-bara/

Beri Komentar