Hari Pahlawan: Sejarah dan Relevansi Era Digital 2019

Tedy Rizkha Heryansyah

Nov 9, 2019 • 4 min read

Wow Ternyata


hari pahlawan - header

Artikel ini disiapkan untuk menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada besok, 10 November 2019. Di artikel ini akan membahas tentang sejarah hari pahlawan dan relevansinya di era digital.

--

Mari sejenak melakukan pengandaian.

Bagaimana perasaan kamu jika ada sepucuk surat yang kamu terima dengan isi sebagai berikut…

sejarah hari pahlawan surat ultimatum

Pas banget nih di tanggal ini (9 November) para petinggi di daerah Surabaya kala itu menerima surat untuk menyerahkan diri. Padahal, di bulan Agustus, Indonesia sudah merdeka. Lha, ini tiga bulan setelahnya suruh menyerahkan diri.

Kalau kamu yang nerima langsung surat itu, kira-kira apa yang bakalan kamu lakuin?

 

 

Setelah menerima surat yang berisi ultimatum untuk menyerahkan diri, Komandan Pertahanan Kota, Soengkono, mengumpulkan unsur kekuatan rakyat seperti TKR (Tentara Keamanan Rakyat) hingga Tentara Pelajar. Dalam kesempatan itu, Soengkono memberikan dua opsi pilihan.

Pertama, mempersilakan siapa pun untuk meninggalkan kota Surabaya dan mencari keamanan.

Kedua, ikut berjuang mempertahankan Surabaya dengan menandatangani sepucuk surat persetujuan bahwa ingin ikut berperang.

hari pahlawan - tahukah kamu

Tibalah tanggal 10 November….tepat jam 6 pagi, sesuai batas waktu penyerahan diri berdasarkan surat ultimatum.

“Tapi kok sepi ya? Ini arek-arek Suroboyo pada kemana sih?” kira-kira begitulah tanya yang timbul di benak tentara Inggris kala itu.

Langsung saja saat batas waktu tersebut habis, mulailah pengeboman secara brutal oleh pasukan Inggris. Dengan alat perang yang lebih canggih dan modern, tidak sulit bagi mereka untuk melakukan penghancuran kota Surabaya. Sayangnya, jiwa patriot dari Arek Suroboyo ini diluar ekspektasi Inggris.

Hanya dengan bermodalkan senjata rampasan dari tentara Jepang dan bambu runcing, membuat pasukan Inggris cukup kewalahan. Pertempuran di Surabaya  tanggal 10 November tahun 1945 tersebut berlangsung selama tiga minggu.

penetapan hari pahlawan

Kini, setelah 74 tahun peristiwa pertempuran di Surabaya, rasanya perjuangan pahlawan belum usai. Kini, para pahlawan itu bukan berperang menggunakan bambu runcing dan senjata rampasan. Mari, kita merefleksikan dengan realita di kehidupan sekarang ini.

Tanpa kita sadari, sejatinya banyak pahlawan di sekitar kita. Ayah dan ibu yang berjuang membesarkan serta merawat kita hingga seperti saat ini, sampai dengan tukang sapu jalanan. Bahkan di era digital seperti saat ini, banyak pahlawan yang berjuang melalui teknologi.

pahlawan digital di hari pahlawan

Di era digital seperti saat ini, muncul penyedia layanan seperti ruangguru yang menghadirkan guru-guru yang berjuang membuat anak didik bangsa menjadi cerdas. Inovasi cara mengajar dengan video animasi yang ada di ruangbelajar, menjadi bukti komitmen para guru-guru (master teacher) di ruangguru untuk mewujudkan pendidikan yang tak sekadar asyik, tapi juga mudah.

Selain itu, ada juga perusahaan rintisan (start-up) yang memberikan layanan transportasi hingga layanan profesional seperti montir, membersihkan rumah, teknisi reparasi AC, hingga jasa cuci mobil. Tanpa kita sadari mereka menjadi pahlawan bagi orang-orang yang membutuhkan dan juga pahlawan bagi keluarga mereka di rumah.

Baca Juga: 6 Tokoh yang Mendapat Gelar Pahlawan di Tahun 2018

Ngomong-ngomong, siapa sih pahlawan idola kalian? Nah, menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada esok hari, blog Ruangguru dengan bangga mempersembahkan cerita tentang beberapa pahlawan Indonesia yang bisa kita ambil teladannya. Siapakah pahlawan yang akan diulas di blog Ruangguru besok? Ini dia...

infografik hari pahlawan ruangguru

Nah, dari pahlawan-pahlawan tersebut, kira-kira mana favorit kalian? Ada beberapa nama yang mungkin jarang kita ketahui kan? Mulai jam 6 pagi besok, terus pantengin blog Ruangguru ya. Seharian besok kita akan sama-sama belajar mendalami nilai-nilai yang bisa kita petik dari pahlawan-pahlawan tersebut.

Selamat Hari Pahlawan dan tetap semangat buat belajar untuk kamu calon pahlawan masa depan.

ruangbelajar for desktop

 

 

Beri Komentar

Recent Posts