Sejarah Kelas 9 | Kelahiran Masa Orde Baru

Sejarah Kelahiran Masa Orde Baru

Halo, Squad! Ada yang pernah dengar tentang orde baru? Atau ada yang sudah pernah baca tentang orde baru sebelumnya? Tahukah kamu awal lahirnya orde baru? Yuk, sekarang kita bahas lebih lanjut tentang sejarah kelahiran masa orde baru!

Tahukah kamu, setelah peristiwa G30S 1965, keadaan politik Indonesia menjadi kacau. Rakyat Indonesia sempat memprotes tindakan PKI yang mengakibatkan munculnya demonstrasi besar-besaran oleh kelompok mahasiswa. Pada tanggal 10 Januari 1966, demontrasi yang dipimpin oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) di Universitas Indonesia menyampaikan Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura). Apa saja sih isinya?

Sejarah Kelahiran Masa Orde Baru

Setelah dicetuskannya tritura, kembali terjadi demonstrasi yang dipelopori oleh Front Pancasila. Mereka mendatangi DPR-GR pada tanggal 12 Januari 1966. Presiden Soekarno, mencoba menanggapi salah satu tuntutan yang tercantum dalam trikora, yaitu perubahan Kabinet Dwikora. Meskipun demikian, masyarakat kembali melakukan demonstrasi karena kabinet baru yang terbentuk masih dianggap tidak efisien.

Dalam demonstrasi tersebut, salah seorang demonstran gugur tertembak yaitu Arief Rahman Hakim. Dengan gugurnya Arief Rahman Hakim, rakyat semakin menentang Presiden Soekarno. 

Karena keadaan yang semakin tidak terkendali, Presiden Soekarno memberi mandat kepada Letjen Soeharto untuk mengamankan situasi negara dengan mengeluarkan Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar). Kemudian Letjen Soeharto mengambil dua angkah penting pasca dikeluarkannya Supersemar. Kedua langkah tersebut merupakan upaya memenuhi Tritura dan sebagai tanda lahirnya Orde Baru. Langkah-langkah apa saja, sih? Kuy, simak!  

Sejarah Kelahiran Masa Orde Baru

Squad, bagaimana? Semoga kamu bisa lebih memahami tentang orde baru setelah membaca artikel ini, ya. Jangan lupa untuk terus belajar supaya prestasimu di sekolah makin kece ya, Squad! Supaya belajarnya makin seru, yuk belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Wah, apa tuh? Kini, kamu bisa menonton video belajar semi offline dalam bentuk USB. Tinggal colok di HP-mu, dan taa daa kamu bisa nonton video belajar bebas kuota, lho! Psst.. pastikan HP-mu android dengan min. OS Kit Kat 4.4 dan keluaran tahun 2015, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa belajar pakai Ruangguru On-The-Go! ya! 

ruangguru on the go

Beri Komentar