Sejarah Kelas 11 | Proses Terjadinya Revolusi Indonesia

Created by : Fahri Abdillah
on Aug 8, 2018 4:25:00 PM
3 min read

Sejarah Revolusi Indonesia

Artikel ini membahas proses terjadinya revolusi Indonesia. Mulai dari peran pemuda, tokoh-tokoh pejuang, sampai pengkhianatan Belanda beserta Sekutu di bahas dalam artikel ini

--

Kalau kita berbicara soal revolusi Indonesia, kita harus pahami dulu makna dari arti kata revolusi. Revolusi adalah suatu perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi dalam waktu yang cepat. Nah revolusi bisa terjadi dengan atau tanpa adanya perencanaan, terus juga dapat dilakukan dengan atau tanpa kekerasan. Lalu bagaimana dengan sejarah revolusi Indonesia?

Kamu ingat nggak kalau Jepang pernah dibom atom oleh Sekutu? Ya, pada tanggal 6 Agustus 1945, kota Hiroshima seketika lumpuh akibat bom atom. Sebanyak 90.000-146.000 orang tewas saat itu. Selang tiga hari kemudian, bom atom pun kembali jatuh di kota Nagasaki, Jepang, dan menewaskan 39.000-80.000 orang. Akibat serangan yang dilakukan oleh Sekutu, akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat.

Pada tanggal 15 Agustus 1945, Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan setelah Sekutu yang berhasil mengalahkan Jepang, tidak melakukan penaklukan terhadap Indonesia. Melihat hal itu, golongan pemuda Indonesia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Mereka kemudian menculik Soekarno dan Moh. Hatta dan membawanya ke Rengasdengklok, Jawa Barat. Soekarno-Hatta didesak untuk segera menyatakan kemerdekaan Indonesia.

 Peristiwa Rengasdengklok, Sejarah Revolusi Indonesia

Golongan pemuda mendesak Soekarno dan Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, di Rengasdengklok. Sumber: Sindangkasihnews.com

Selang sehari setelah penculikan, pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno membacakan teks proklamasi yang dirancangnya bersama beberapa tokoh, di rumah Soekarno. Setelah proklamasi selesai dibacakan, dikibarkanlah bendera merah putih yang telah dijahit oleh ibu Fatmawati, istri dari Soekarno. Rakyat pun bersorak-sorai gembira.

Namun, kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Belanda kembali datang. Mereka berusaha menegakkan kembali kekuasaan di Indonesia. Rakyat Indonesia pun tidak terima dan mulai melakukan perlawanan. Saat itulah perjuangan revolusi Indonesia dimulai.

Sekutu (termasuk Belanda di dalamnya) membentuk suatu badan komando militer di Indonesia bernama Allied Forces for Netherland Indies (AFNEI). Tentara AFNEI mendarat di beberapa wilayah strategis Indonesia, seperti Surabaya dan Jakarta pada bulan September, Oktober, dan November tahun 1945.

Mengetahui adanya ancaman tersebut, rakyat Indonesia tidak tinggal diam. Masyarakat di berbagai daerah mulai bergerak dan terjadilah perlawanan. Oh ya, perjuangan revolusi Indonesia ini terbagi menjadi 2 karakteristik ya. Pertama itu perlawanan dengan menggunakan cara fisik, kemudian satu lagi perlawanan menggunakan jalur diplomasi.

Surabaya, menjadi lokasi pertama perlawanan rakyat Indonesia setelah Sekutu kembali menginjakkan kaki di Indonesia. Arek-arek Suroboyo bersama salah satu tokohnya yaitu Bung Tomo, dengan heroik melakukan perlawanan terhadap Sekutu. Bung Tomo dikenal dengan orasinya yang sangat bergelora, sehingga dapat membangkitkan semangat para pejuang.

Pertempuran Surabaya mencapai puncaknya pada 10 November 1945. Atas semangat, keberanian, dan jiwa patriotik dari para ulama, santri, dan arek Suroboyo lainnya, tanggal 10 November kemudian dijadikan sebagai Hari Pahlawan. Setelah Surabaya, berbagai daerah pun ikut angkat senjata melawan tentara-tentara Sekutu.

titik-titik pertemuan melawan sekutu

Nah, kalau jalur diplomasinya itu ada banyak macamnya juga, salah satunya adalah Konferensi Meja Bundar. Belanda baru mengakui kedaulatan Indonesia setelah dilaksanakannya Konferensi Meja Bundar pada tanggal 2 November 1949. Sebelum-sebelumnya, yaitu pada beberapa perjanjian seperti Renville, Roem Royen, dan Linggarjati, Belanda dan Sekutu terus berkhianat.

Perjuangan Diplomasi Indoneisa dalam revolusi Indonesia

Kalau kamu perhatikan, ternyata proses perlawanan rakyat Indonesia terhadap upaya pendudukan kembali yang dilakukan oleh Sekutu, kurang lebih selama 5 tahun. Lumayan singkat ya Squad. Tapi memang seperti itu, kenapa dikatakan revolusi? Ya karena proses perubahannya yang cukup singkat. Revolusi Indonesia terjadi mulai dari tahun 1945, yaitu saat Soekarno membacakan teks proklamasi, sampai Belanda dan para Sekutu mengakui kedaulatan Indonesia pada akhir tahun 1949.

Sejarah Revolusi Indonesia

Jadi Squad, revolusi Indonesia dampaknya cukup besar bagi sejarah bangsa Indonesia kedepannya. Sebagai kaum pelajar, tentunya kamu harus paham tentang sejarah bangsamu sendiri ya. Karena itu, sangat penting buat kamu belajar dan memahami sejarah. Nah, kamu bisa nih memelajari sejarah Indonesia dengan menggunakan ruangbelajar. Di sana kamu bisa nonton video belajar beranimasi, melihat rangkumannya, kemudian latihan soal. Lengkap deh pokoknya.

ruangbelajar

Tags: konsep pelajaran SMA Sejarah-XI Kelas XI

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read