Sejarah Kelas 12 | 2 Bukti Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

Created by : Tedy Heryansyah
on Aug 9, 2018 3:20:00 PM
4 min read
sejarah_12
Artikel sejarah kelas 12 ini akan menjelaskan tentang bukti perkembangan teknologi informasi dankomunikasi di Indonesia. Adanya satelit Palapa dan lahirnya televisi nasional Republik Indonesia (TVRI) merupakan tonggak awal perkembangan teknologi komunikasi.

---

Kalau lagi nonton acara favorit kamu nih terus tiba-tiba gambar di televisi jadi blur (nggak jelas), pasti kesel dong? Apalagi kalau ada hujan angin yang deras, dipastikan antena bakalan bergeser dan frekuensi yang menyambung di TV kamu jadi kurang kuat. Akibatnya ya gambar jadi banyak semut berantem.

Frekuensi yang diterima oleh antena televisi itu menerima sebuah sinyal yang dikirimkan oleh pemancar stasiun televisi yang diterjemahkan oleh satelit. Hmmm apa sih satelit itu?

“Kita kan belajar sejarah, masa belajar satelit juga? Kita bukan anak IPA”

Sabar Squad, justru pembahasan kali ini akan fokus pada satelit dan pertelevisian lho. Kita akan bahas bahwa di Indonesia itu sudah ada bukti perkembangan teknologi komunikasi. Kembali membahas satelit ya. Apa sih satelit itu? Satelit itu dalam artian umum merupakan benda langit yang mengelilingi planet. Bumi kan punya satelit alami yakni bulan. Seiring perkembangan teknologi, manusia juga bisa membuat satelit lho, Squad.

perkembangan teknologi informasi dan komunikasi - manfaat satelit

Kita nggak akan membahas satelit terlalu jauh ya. Kalau kalian mau tahu lebih banyak seputar satelit, bisa kalian cari tahu nih di video belajar animasi ruangbelajar. Penjelasannya lebih lengkap dan menarik lho.

Kita kembali fokus pada satelit yang dimiliki Indonesia saja yuk.

“Emangnya ada?”

Ya sudah pasti ada dong, Squad. Nama satelitnya itu diambil dari nama sumpah yang pernah diucapkan seorang patih. Hayooo kamu tahu nggak siapa nama patih tersebut dan apa nama sumpahnya?

perkembangan teknologi informasi dan komunikasi - sksd

Yak, tepat sekali. Nama satelit yang dimiliki Indonesia ialah satelit Palapa. Penggunaan satelit di Indonesia mulai efektif digunakan pada 15 Februari 1975. Saat itu pemerintah Indonesia setuju untuk mengadakan dua satelit, yakni satu stasiun pengendali dan 40 stasium bumi. Nah, di tahun 1974 sampai 1976, para ahli teknologi komunikasi Indonesia bekerja sama dengan tenaga ahli dari luar negeri, membangun sebuah sistem komunikasi yang diberi nama Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa.

Baca Juga: 5 Perusahaan Teknologi Transportasi di Indonesia

Peluncuran pertama SKSD Palapa diberi nama Palapa A1 ini pada 8 Juli 1976 menggunakan Roket Delta 2914. Palapa A1 beroperasi dari 9 Juli 1976 sampai tahun 1983. Hebatnya lagi nih Squad, sampai pada tahun 1996 sudah ada generasi ketiga dengan kode C2 yang jangakauannya lebih luas. Bayangin deh Squad, jangkauan SKSD Palanya sudah meliputi Papua, Rusia, Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, dan Vietnam.

 

perkembangan teknologi informasi dan komunikasi - infografik

Coba lihat manfaat SKSD Palapa di poin yang kedua deh Squad. Adanya SKSD Palapa membuat semakin mudah penyebaran informasi melalui televisi. Nah, sejak peluncuran SKSD Palapa inilah perkembangan televisi mulai ada peningkatan.

perkembangan teknologi informasi dan komunikasi - tv

Siaran televisi itu baru dimulai pada tahun 1928. Hingga tahun 1950-an, tidak banyak orang yang memiliki televisi. Kebayang kan Squad misalnya mau nonton pertandingan sepakbola nih, pendukung dari tim sepakbola pasti bakalan datang ke rumah orang yang punya televisi. Menarik ya? Jadi kira-kira seperti itulah nuansa nobar (nonton bareng) pada saat itu.

Oke kembali ke masalah pertelevisian ya. Televisi secara mendasar mengubah cara kita mengumpulkan berita dan informasi selain faktor hiburan. Nah, baru deh di tahun 1960-an, hampir seluruh negara, termasuk Indonesia merintis jaringan pertelevisian. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Penerangan No. 20/E/M/1961 dibentuk Panitia Persiapan Pembangunan Televisi Indonesia.

Pada 24 Agustus 1962, terbentuklah siaran televisi pertama di Indonesia dengan jangkauan siaran yang masih terbatas nih Squad dengan nama TVRI (Televisi Republik Indonesia). Sekarang, siapa diantara para Squad yang masih nonton tayangan di TVRI?

“Lalu, setelah TVRI muncul apakah ada perkembangan terkait penyiaran di televisi?”

Ya, Squad. Lebih tepatnyya setelah diluncurkannya SKSD Palapa di tahun 1976, siaran televisi mulai ada perkembangan. Nah, di saat itu juga pemilik televisi pun ikut mengalami peningkatan.

perkembangan teknologi informasi dan komunikasi - si unyil

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia tentunya memiliki dampak positif dan negatif ya Squad. Kira-kira kamu bisa menyebutkan nggak apa aja sih dampak positif dan negatifnya? Coba yuk tulis jawaban kamu di kolom komentar supaya teman-teman yang lain juga bisa ikutan berdiskusi.

ruangbelajar

Tags: konsep pelajaran kelas xii Sejarah XII SMA

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read