Sejarah Kelas 12 | Perkembangan Teknologi Arsitektur dan Konstruksi di Indonesia

Created by : Tedy Heryansyah
on Aug 10, 2018 7:00:00 PM
4 min read

sejarah_12

Artikel Sejarah Kelas XII ini akan membahas tentang perkembangan teknologi arsitektur dan konstruksi yang ada di Indonesia.

---

Salah satu “penyakit” yang sulit diobati di kota-kota besar salah satunya kemacetan. Terlebih kamu Squad yang tinggal di Jakarta. Pasti nggak asing deh dengan pembangunan yang sekarang lagi digencarkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Coba lihat deh pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rapid Transit) yang sedang berlangsung. Dampak dari pembangunan tersebut pastinya membuat macet lalu lintas di jalan. Mau enggak mau, pembuatan konstruksinya akan memakan badan jalan tuh.

Eh iya, ngomong-ngomong soal konstruksi nih, ada kaitannya dengan arsitektur dong. Kita nggak akan membahas pengertian tentang arsitektur atau konstruksi lho ya. Di artikel ini kita akan bahas fakta-fakta tentang perkembangan teknologi di bidang arsitektur dan konstruksi, Kita akan membahas tentang teknik pondasi Cakar Ayam dan Sosrobahu. Hmmm… bikin penasaran kan kedua teknik pondasi tersebut? Simak terus artikel ini ya Squad.

pondasi cakar ayam

Berbicara tentang pondasi Cakar Ayam ini nggak lepas dengan perhetalan olahraga terbesar di Asia lho Squad. Ya, tepat sekali, Asian Games. Nah, 56 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1962, Jakarta berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games. Pada waktu itu Prof. Dr. Ir. Sedyatmo ingin membangun proyek 7 menara listrik tegangan tinggi dari wilayah Tanjung Priok ke Gelanggang Olahraga Senayan. Berhubung kondisi tanah yang lunak dan labil, berakibat pada sulitnya membangun pondasi menara listrik tersebut.

Nah, dari situasi genting tersebut, lahirlah ide dari Sedyatmo untuk membuat pondasi yang kuat dengan medan tanah yang labil. Tercetuslah sebuah pondasi yang diberi nama “Cakar Ayam”. Kenapa “Cakar Ayam”? Apakah bentuknya mirip dengan cakar ayam pada umumnya? Pondasi Cakar Ayam ini merupakan sebuah teknik dengan plat beton yang ditopang pipa-pipa beton di bawahnya.

teknik arsitektur dan konstruksi - sedyatmo

Wah ini mah bahasan anak IPA yang mau masuk jurusan teknik sipil”

Memang benar, tapi kita akan bahas sekilas aja kok, kan ada hubungannya dengan judul artikel ini. Lanjut ya.

Jadi tuh, pipa dan plat saling melekat dan mencengkram tanah lebih kuat, yaa mirip cara kerja cakar ayam gitu deh. Jika dibandingkan dengan sistem pondasi sebelum ditemukannya pondasi Cakar Ayam ini, pembangunan menara listrik menguras tenaga dan biaya cukup besar. Padahal kan pasokan listrik tersebut segera dibutuhkan mengingat gelaran Asian Games saat itu. Nah, dengan sistem pondasi Cakar Ayam, maka waktu pengerjaan dan biaya yang dikeluarkan bisa dihemat Squad.

Baca Juga: 5 Perusahaan Ini Menjadi Bukti Perkembangan Teknologi Transportasi Indonesia

Ada banyak lho Squad bangunan yang sudah memakai teknik yang diciptakan oleh Prof Sedyatmo ini. Tadi sudah ada jalan tol bandara kan? Nah, ada juga nih runway serta apron di bandara Soekarno-Hatta yang mengadopsi teknik pondasi ini.

pondasi sosrobahu

Teknik arsitektur dan konstruksi Sosrobahu ini nggak kalah keren lho Squad dengan pondasi Cakar Ayam yang ditemukan Prof. Sedyatmo. Seorang insinyur asal Bali, Tjokorda Raka Sukmawati, di tahun 1980-an berhasil menemukan dan menggunakan teknik Sosrobahu. Lebih bangga lagi nih Squad, teknik ini pada tahun 1995 akhirnya diekspor ke negara tetangga seperi Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Saat pemerintahan Presiden Soeharto, Tjokorda Raka Sukawati mendapat tugas untuk memecahkan masalah dalam urusan pembangunan jalan tol. Maklum saja Squad, pada saat itu jalan tol terhambat pembangunannya karena keterbatasan biaya dan lahan. Nah, menariknya, Tjokorda Raka Sukawati ini mendapat tantangan membangun jalan tol yang pembangunannya itu nggak boleh menghambat kelancaran lalu lintas yang sudah ada.

teknik arsitektur dan konstruksi - tjokorda raka sukawati

Jadi, Tjokorda Raka Sukmawati ditugaskan membangun proyek tol yang menghubungkan Cawang - Tanjung Priok. Nah, untuk membangun tol tanpa mengganggu lalu lintas di jalan tersebut, maka beliau menggunakan landasan putar bebas hambatan (LBPH). Ya, dengan kata lain, beliau mengadopsi jalan tol dengan konsep jalan layang (Flyover). Teknologi penemuan Tjokorda ini diberi nama Sosrobahu yang merupakan nama tokoh sisipan dalam Mahabharata.

Teknik pondasi Sosrobahu ini dibuat dengan cara lengan beton penyangga dibuat sejajar dengan jalan dibawahnya. Setelah terbentuk, lengan benton diputar 90 derajat sehingga melintang dan tidak mengganggu lalu lintas jalan dibawahnya. Kemudian, untuk memutar lengan beton seberat 480 ton digunakanlah landasan putar bebas hambatan. Berkat teknik Sosrobahu ini, penggunaan jalan dibawahnya menjadi lebih efektif dibandingkan dengan teknik konstruksi konvensional yang menyebabkan seluruh badan jalan akan ditutup dan membuat kemacetan.

teknik arsitektur dan konstruksi - infografik

Gimana Squad? Kamu tertarik ingin bisa seperti mereka berdua? Kuncinya hanya berdoa dan belajar Squad. Eh, belajar juga nggak boleh sembarangan lho. Kamu harus ditemani dengan guru yang benar-benar berkualitas. Coba temukan guru berkualitas yang sesuai kriteriamu yuk di ruangles. Ada banyak guru privat yang bisa kamu pilih buat mengajar kamu lho.

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran kelas xii SMA Sejarah XII

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read