Rekomendasi Teman Belajar Gratis di Rumah untuk Siswa, Sekolah Online Ruangguru

Corona Menyerang! tenang ada sekolah online Ruangguru

Artikel ini membahas tentang Sekolah Online bagi siswa semua jenjang yang bisa diakses secara gratis di rumah

---

Halo, Bapak/Ibu Guru! Sabtu ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah menutup sekolah selama 2 pekan mendatang dan juga menunda pelaksanaan Ujian Nasional akibat kasus penyebaran virus corona dan penyakit COVID-19 (coronavirus disease 2019). Sebelumnya, beberapa sekolah internasional juga sudah meniadakan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Kondisi ini tentu menjadi kendala bagi para pengajar di sekolah, apalagi waktu pelaksanaan ujian juga tinggal hanya hitungan minggu. Lalu, apa langkah yang dapat guru lakukan jika sekolah tutup?

Ruangguru siap membantu siswa untuk belajar di rumah melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis! Kelas ini bisa diakses mulai Senin 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB dan 14.00-18.00 WIB setiap Senin-Jumat. Wah, menarik ya? Berikut penjelasan detailnya. Disimak ya!

Sekolah Online Ruangguru adalah belajar online melalui aplikasi Ruangguru untuk semua jenjang, kelas, dan semua mata pelajaran inti dengan kurikulum nasional dan dipandu oleh guru-guru di Ruangguru. Ini berlaku sebagai alternatif bagi yang sekolahnya sedang diliburkan. Guru dapat merekomendasikan ini pada siswa dengan memerhatikan tutorial di bawah ini. Namun, sebelumnya bagi siswa yang belum memiliki aplikasi Ruangguru dapat melakukan 2 poin berikut terlebih dahulu.

- Unduh aplikasi Ruangguru di Play Store atau App Store.

- Isi data diri dengan klik daftar/masuk pada sebelah kanan.

 

Selanjutnya, bagi yang sudah memiliki aplikasi Ruangguru tinggal melakukan langkah-langkah ini:

1. Pada halaman utama aplikasi Ruangguru, klik ikon Sekolah Online Ruangguru yang ditandai lingkaran merah.

Aplikasi Sekolah Online Ruangguru

 

2. Sesi Sekolah Online Ruangguru yang sedang berlangsung akan tertera di bagian Tayang Hari Ini dan dapat segera dipilih, lalu tonton.

Kelas Sekolah Online Ruangguru

 

3. Siswa juga bisa pilih sesuai jenjang kelas yang sesuai. Misalnya, SD, SMP, SMA IPA, atau SMA Soshum. 

Fitur Sekolah Online Ruangguru

Tentu, mudah ya caranya?

4. Agar tidak ketinggalan, siswa dapat mengatur notifikasi beberapa saat sebelum kelas dimulai, dengan klik lambang lonceng.

Notifikasi Sekolah Online Ruangguru

 

Oh ya, siswa SD, SMP, dan SMA (IPA atau IPS) juga dapat langsung screenshot jadwal pelajarannya di bawah ini:

Jadwal sekolah online Ruangguru

Mata pelajaran sekolah online Ruangguru

Sekolah Online Ruangguru

Jadwal SMA IPASekolah Online Ruangguru

Jadwal SMA IPS Sekolah Online Ruangguru

Saat ini, dukung siswa belajar di tempat paling amannya. Meski sekolah ditutup, siswa tetap bisa belajar seperti biasa. Tidak ada lagi kekhawatiran mereka harus rehat belajar akibat penyebaran virus corona, karena selalu ada jalan untuk tetap semangat belajar dengan #SekolahOnlineRuangguru.

New call-to-action

Beri Komentar